Unduh Aplikasi QuBisa
Penerapan CRM Data untuk Meningkatkan Promosi Media Sosial
Social Media Marketing

Penerapan CRM Data untuk Meningkatkan Promosi Media Sosial

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

CRM (Customer Relationship Management) sangatlah penting dalam strategi promosi di media sosial. Terlebih lagi dengan adanya persaingan yang sangat ketat, tentunya Anda harus menemukan strategi terbaik untuk menarik minat para pelanggan. Nah, sehubungan dengan upaya mendapatkan lebih banyak pelanggan demi meningkatkan konversi dan penjualan, ada baiknya Anda mengetahui tentang CRM data untuk media sosial.

Mengenal Istilah Dasar CRM

CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan strategi bisnis yang memadukan antara proses, teknologi, dan manusia, di mana strategi ini akan difokuskan untuk meningkatkan prospek penjualan, mengkonversi pengunjung supaya menjadi konsumen loyal, dan mempertahankan konsumen yang sudah ada dengan cara meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tujuan utama dari CRM adalah mengetahui sebanyak mungkin tentang kebutuhan dan perilaku konsumen. Kemudian dari data yang ada, Anda bisa memikirkan cara untuk memberikan pelayanan optimal kepada konsumen guna mempertahankan hubungan yang sudah terjalin. Hal ini tidak lain karena kunci sukses sebuah bisnis tergantung dari banyak tidaknya konsumen loyal yang Anda miliki, yang secara rutin melakukan pembelian.

Saat berbicara soal promosi di media sosial, mayoritas pebisnis melupakan strategi CRM. Padahal, ada banyak manfaat CRM dalam penerapan strategi social media marketing. Tidak hanya meliputi penjualan dan layanan pelanggan saja, namun juga memberi pengaruh besar dalam penerapan berbagai strategi pemasaran yang Anda lakukan.

Ada berbagai faktor dalam CRM yang bisa membantu Anda mencegah berbagai dampak buruk akibat pelanggan yang tidak puas dan bisa menimbulkan image negatif terhadap citra dari brand Anda. Sebaliknya, ketika Anda mengutamakan layanan pelanggan terbaik sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. Lalu, pelanggan yang puas akan dengan senang hati merekomendasikan brand Anda kepada lebih banyak orang yang kemudian tertarik melakukan pembelian. Dan ketika mereka puas, mereka pun mengulangi hal yang sama secara terus-menerus, tentu saja pengalaman terbaik dari pelanggan akan sekaligus dapat meningkatkan brand awareness.

Tujuan utama dari CRM adalah mengetahui sebanyak mungkin tentang kebutuhan dan perilaku konsumen

Namun, jika konsumen mengalami pengalaman buruk dengan brand Anda, hal ini akan berpengaruh buruk terhadap bisnis dan profit yang akan Anda dapatkan. Oleh sebab itu, melakukan remarketing dan retargeting kepada konsumen lama sangat berguna supaya mereka menggunakan brand Anda kembali.

Strategi Promosi di Media Sosial dengan Memanfaatkan CRM Data

Tahapan menerapkan CRM data untuk social media marketing tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, CRM bisa Anda gunakan untuk melakukan evaluasi, analisis, dan akhirnya dapat berguna untuk membuat strategi promosi terbaik di media sosial. Adapun caranya sebagai berikut:

Mengidentifikasi Konsumen Teratas

Dengan mengetahui konsumen mana yang berbelanja dengan jumlah yang banyak, akan memudahkan Anda untuk membuat strategi guna meningkatkan keuntungan, termasuk menetapkan strategi promosi terbaik di masa yang akan datang.

Jangan lupa, lakukan identifikasi konsumen mana saja yang berpotensi untuk melakukan pembelian ulang atas produk dari brand Anda. Kenali pula perilaku belanja mereka supaya Anda bisa menarik perhatian mereka dengan menawarkan promosi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menemukan Konsumen Baru yang Mirip Konsumen Potensial

CRM data juga bisa Anda gunakan untuk menemukan konsumen baru dengan perilaku belanja yang mirip dengan konsumen potensial. Hal ini sangat berguna untuk menetapkan target konsumen baru sekaligus memperluas target pasar bisnis Anda.

Koorinasi antara departemen satu dengan yang lainnya

Meningkatkan Koordinasi Antar Departemen

Mengingat hubungan antara departemen satu dengan yang lainnya saling mendukung dalam upaya peningkatan penjualan dan pencapaian tujuan perusahaan, maka mempunyai alur komunikasi efektif akan mempermudah Anda dalam melakukan promosi dan pemasaran.

Kombinasi antara CRM data dan media sosial akan membuat Anda bisa mengetahui aktivitas real time dari konsumen. Kelak ketika tiap departemen membutuhkan data terbaru dan real time terkait perilaku pelanggan, mereka bisa mendapatkannya dengan mudah. Otomatis proses menyusun ulang strategi pemasaran yang sesuai dengan target konsumen yang sudah ditetapkan, bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Mempelajari dan Melakukan Analisis Customer Journey

Melakukan analisis customer journey akan berpengaruh besar terhadap strategi marketing yang tepat sasaran. Anda bisa memanfaatkan CRM data untuk mengetahui like, comments dan aktivitas lain dari konsumen, supaya bisa membuat konten yang menarik perhatian konsumen potensial.

Menargetkan Konsumen yang Belum Membeli

Ketika menggunakan CRM guna memperoleh insight perilaku konsumen, Anda bisa menentukan strategi promosi di media sosial menjadi lebih inklusif. Tentunya, pemasaran ini menargetkan berbagai konsumen berdasarkan penawaran yang dipersonalisasi sesuai dengan minat konsumen.

Mengingat begitu pentingnya CRM data untuk media sosial, Anda harus benar-benar memperhatikan data konsumen, supaya bisa membuat strategi promosi terbaik guna meningkatkan profit bisnis yang Anda harapkan bisa Anda capai.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua