Unduh Aplikasi QuBisa
Contoh Promosi Kreatif Bagi yang Baru Mulai Berbisnis
Artikel
Sales

Contoh Promosi Kreatif Bagi yang Baru Mulai Berbisnis

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Ada banyak cara mendapat perhatian konsumen dan mendapatkan penjualan, misal dengan melakukan promosi secara unik, mengadakan diskon atau pemberian potong harga, event berhadiah, dan sebagainya. Kreativitas dalam melakukan promosi dan penjualan memang sangat dibutuhkan, terlebih dengan keadaan sulit di masa new normal seperti saat ini. 

Lalu, bagaimana sebenarnya cara promosi kreatif yang bisa berguna untuk meningkatkan konversi maupun peningkatan penjualan bagi Anda yang baru mulai berbisnis? 

Contoh Promosi Kreatif Bagi yang Baru Mulai Berbisnis

Kolaborasi

Belakangan ini muncul banyak sekali peluncuran produk baru. Secara sepintas kemunculan produk baru memang berbanding terbalik dengan daya beli masyarakat yang cenderung menghindari pengeluaran tidak perlu. Hal ini akibat pandemi yang terlalu panjang dan belum tahu kapan benar-benar berakhir serta masih dalam upaya pemulihan ekonomi. 

Di saat yang sama, peluang tetap terbuka lebar bagi Anda yang baru mulai menjalankan bisnis. Anda perlu mengamati dengan jeli bahwa ada banyak kebutuhan yang menjadi prioritas seiring dengan pembatasan yang diberlakukan pemerintah. 

Contohnya, masyarakat cenderung mencari camilan karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kebanyakan orang juga jadi memiliki hobi baru untuk membunuh bosan hingga mementingkan kosmetik dalam upaya perawatan diri demi bisa tampil lebih menarik, misal untuk menghadiri webinar

Agar tetap relevan dengan tren, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan brand lain, mencari mitra kerja, atau dengan influencer yang akan membantu Anda melakukan promosi produk di media sosial.  

Beberapa kolaborasi kreatif yang sudah ada dan bisa Anda tiru, seperti yang dilakukan salah satu merek boba yang berkolaborasi dengan kosmetik, atau kosmetik yang berkolaborasi dengan merek biskuit, hingga salah satu merek minuman teh legendaris yang diadaptasi menjadi desain pakaian dan sebagainya.

Anda bisa melakukan kolaborasi dengan brand lain

Ikut Promo untuk Merchant

Membeli makanan melalui layanan pesan antar bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat. Melihat fakta ini, banyak perusahaan layanan pesan antar yang memanfaatkannya dengan menggelar beragam promo. Nah, Anda bisa bergabung menjadi merchant dalam perusahaan layanan antar tersebut, kemudian membagikan infonya ke media sosial untuk meningkatkan penjualan. 

Tips lain yang perlu Anda lakukan saat baru memulai bisnis, bisa Anda cari tahu lebih detail dengan menyimak beberapa materi e-learning berikut ini:

Beri Bonus pada Konsumen

Untuk memikat hati pelanggan, Anda bisa memberikan bonus kepada konsumen dalam beragam bentuk, mulai dari beli satu gratis satu, bonus diskon khusus, voucher belanja yang bisa digunakan pada pembelanjaan berikutnya, dan sebagainya. 

Karena sekarang masih masa new normal dan ada kewajiban mengenakan masker ketika berada di luar rumah, mungkin Anda bisa memberi bonus masker atau hand sanitizer dalam setiap pembelian produk Anda.

Anda juga bisa berpartisipasi untuk menyukseskan program vaksinasi yang digalakkan pemerintah, misal dengan menyediakan tempat untuk vaksin. Dalam program, Anda bisa memberikan kupon potongan harga kepada peserta. Tentu cara ini bisa menambah target penjualan.

bentuk promo yang menyelipkan humor

Sisipkan Humor pada Konten Promosi

Belakangan pasti Anda sering menemukan berbagai bentuk promo yang menyelipkan humor semisal meme. Anda bisa melakukan ATM (amati, tiru, modifikasi) dalam cara kreatif ini. Agar aman, sebaiknya hindari 'nebeng' isu-isu sensitif. Pilih saja konten yang lebih umum, namun memiliki banyak penggemar, misal mengambil cuplikan beberapa adegan di drama Korea. Namun dalam penerapannya, selalu patuhi hak cipta ya agar tidak ada yang dirugikan.

Anda juga bisa mengaitkan karakter drama populer dengan produk yang dimiliki. Misal, sebagai pemilik bisnis yang baru saja buka dengan produk jualan Anda adalah beragam pakaian wanita. Anda bisa menampilkan mix and match pakaian dari produk Anda dengan karakternya adalah salah satu tokoh Kdrama.

Nah, itulah pembahasan mengenai tips promosi kreatif yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis yang baru saja mulai berbisnis tahun ini.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua