Unduh Aplikasi QuBisa
Contoh Potensi Diri Manusia dalam Meningkatkan Personality
Artikel
Career Development

Contoh Potensi Diri Manusia dalam Meningkatkan Personality

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Saat ini, orang cenderung memikirkan kenaikan taraf hidup ketimbang menggali potensi diri. Orang sering kali menghabiskan waktu membentuk strategi untuk naik jabatan, gaji yang lebih besar, dan keuntungan lain dalam bekerja. Mereka mengukur kesuksesan dari materi saja sampai lupa cara mengembangkan potensi diri yang ada untuk hasil yang lebih maksimal.

Saat Anda dihadapkan dengan situasi ini, Anda akan merasa kehilangan cara karena merasa sudah melakukan banyak hal, padahal faktanya pencapaian Anda masih belum sesuai target. Akhirnya, Anda merasa lelah dan tidak termotivasi untuk melanjutkan apa yang sudah Anda mulai.

Robert Steven Kaplan dalam Harvard Business Review mengatakan bahwa beliau telah menemui banyak eksekutif muda yang mengagumkan, namun sedikit frustrasi karena karir mereka yang tersendat. Beberapa kasus lain, ada karyawan yang sudah bekerja puluhan tahun, namun merasa bosan karena hal yang dilakukan itu-itu saja. Karyawan tersebut pada satu sisi ingin berhenti, tapi di sisi lain tidak mau mengecewakan temannya yang menaruh harapan padanya. Jika hal ini terjadi pada Anda, apa yang Anda rasakan? Seperti terjebak, bukan?

Harusnya, kondisi tersebut dimanfaatkan untuk mengenal diri sendiri lebih jauh agar bisa menentukan langkah besar selanjutnya, serta mampu membuka pandangan Anda tentang hal besar lain yang bisa Anda lakukan kedepannya. Potensi diri sangat berpengaruh pada cara Anda mencapai kesuksesan dan meningkatkan personalitas Anda. Maka sebagai solusi, Anda bisa mulai dengan mempelajari melalui kursus online gratis tema-tema seperti 4 Tips Memberdayakan Diri, Resolusi 2021 - Apakah Benar Karir Saya Mentok? atau pelajari juga mengenai Perencanaan Karir

Apa Itu Potensi Diri?

Pengertian potensi diri sederhananya adalah kemampuan atau kekuatan dalam diri yang masih tersembunyi dan belum teraktualisasi, namun masih bisa dioptimalkan. Potensi diri Anda sebenarnya dapat ditinjau dan diukur menggunakan beberapa sikap dan perilaku yang tercermin dalam diri Anda, seperti bagaimana Anda belajar dari kesalahan, cara Anda bertanggung jawab, bersikap jujur, menerima masukan dari orang lain, dan ketangguhan Anda dalam menghadapi permasalahan.

Contoh Potensi Diri Manusia dalam Meningkatkan Personality

Potensi terbagi dua, positif dan negatif. Potensi diri positif perlu dikenali agar Anda bisa mengandalkannya untuk melakukan perubahan dalam hidup, sedangkan potensi negatif juga harus Anda ketahui agar tahu cara menghapusnya karena potensi negatif dapat menghambat langkah Anda untuk maju. Contoh potensi diri negatif adalah mudah terpengaruh dengan orang lain, emosional, kurang percaya diri, dan kurang bersemangat dalam mengerjakan sesuatu.

Sebenarnya sangat mudah mengenali potensi diri ini. Anda hanya perlu melakukan latihan-latihan untuk mengenal diri lebih dalam, seperti mengetahui bidang yang Anda minati. Anda juga bisa berdiskusi dengan orang terdekat tentang hal apa yang bisa Anda kembangkan dalam diri Anda. Terkadang, Anda tidak mengenal diri sendiri sehingga butuh orang lain untuk memberikan penilaian terhadap diri Anda. 

Contoh Potensi Diri Manusia untuk Meningkatkan Personality

Ada beberapa potensi diri yang berkaitan dengan peningkatan personalitas. Potensi ini bisa didapat dengan mengasah bakat yang sudah ada atau dengan belajar dan berlatih. Berikut beberapa kekuatan dalam diri yang bisa Anda aktualisasikan agar menjadi pribadi yang berkualitas lebih baik.

Kemampuan Interpersonal

Ini merupakan potensi yang berhubungan dengan bagaimana Anda menjalin hubungan sosial dengan orang di sekeliling Anda. jika Anda memiliki kemampuan interpersonal yang baik, berarti Anda cakap dalam berinteraksi, menyampaikan pendapat, bernegosiasi dengan orang lain, dan lain sebagainya.

Kemampuan Intrapersonal

Kemampuan ini adalah tentang bagaimana Anda mengatur diri Anda sendiri sesuai dengan target yang ingin dicapai. Anda dikatakan mempunyai kemampuan intrapersonal yang mumpuni jika Anda bisa mengambil keputusan dengan bijak, berpikir rasional, mengelola emosi, serta mampu menetapkan target dan strategi yang akan diambil demi mewujudkannya. Kemampuan intrapersonal bisa dikembangkan jika Anda sering melakukan latihan dan terus belajar.

Pengertian potensi diri yang harus Anda ketahui

Kemampuan Linguistik

Potensi linguistik adalah kemampuan Anda menguasai penggunaan bahasa, termasuk bahasa asing. Anda dapat berlatih untuk mengembangkan penguasaan berbahasa asing yang dapat digunakan dalam urusan bisnis maupun membangun jaringan lebih luas. Kemampuan berbahasa sangat penting untuk mengembangkan personality karena Anda bisa mencapai aktualisasi diri. Demi meningkatkan kemampuan berbahasa, Anda bisa ikut pelatihan, kursus online, maupun webinar bahasa Inggris untuk menengah atau business writing.

Kemampuan Afektif

Kemampuan ini bukan hanya tentang mengendalikan diri dari emosi negatif, namun juga tentang memahami perasaan orang lain, menumbuhkan rasa simpati dan empati kepada seseorang. Potensi ini akan membantu Anda untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan damai antar sesama, termasuk berdamai dengan diri Anda sendiri.

Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif dapat diasah melalui banyak belajar, membaca buku dan berkumpul dengan orang-orang berintelektual. Potensi ini akan meningkatkan kecerdasan Anda, sehingga bisa membawa diri dalam kalangan mana pun dan berpeluang untuk dimintai menjadi pembicara karena Anda dianggap mampu oleh orang lain.

Potensi diri adalah kekuatan yang tersembunyi dalam diri yang belum digunakan dengan maksimal. Setiap orang punya potensi diri dan bisa digali dengan cara mengenali diri sendiri secara lebih baik lagi, serta tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan. Terkait meningkatkan personalitas, Anda harus menumbuhkan kekuatan, seperti kemampuan interpersonal dan intrapersonal, kemampuan mengelola emosi, menjadi pribadi asertif, memiliki kemampuan afektif, serta kognitif, agar Anda menjadi pribadi yang unggul.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua