Unduh Aplikasi QuBisa
Contoh Perencanaan Karir 5 Tahun ke Depan
Artikel
Career Development

Contoh Perencanaan Karir 5 Tahun ke Depan

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Tidak hanya untuk mereka yang bekerja di perusahaan, setiap individu yang ingin berkembang harus memiliki perencanaan karir untuk masa depan. Setiap individu pasti memiliki perencanaan yang berbeda, tergantung pada tujuan hidupnya.

Agar perencanaan karir Anda berhasil, buatlah rencana dengan memenuhi kriteria specific, measurable, achievable, realistic, dan timebound atau dikenal dengan SMART. Maksudnya di sini adalah setiap tujuan harus spesifik, bisa dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu untuk mencapainya.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perencanaan Karir

Sebelum mempelajari contoh perencanaan karir 5 tahun ke depan, sebaiknya Anda terlebih dulu mengenal visi, kekuatan, dan kelemahan. Kemudian menganalisis keterampilan dan pencapaian, ataupun hal lainnya tentang diri Anda.

Visi

Rencana karir yang baik diawali dengan mengetahui apa visi Anda di masa mendatang. Setidaknya dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun kedepan. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menanyakan pada diri Anda, atau membayangkan apa yang terjadi pada Anda, setidaknya dalam 2 atau 3 tahun terakhir.

Mengenali Diri Sendiri

Dari visi yang telah ditentukan, bangunlah langkah berikutnya dengan mengenali kekuatan serta kelemahan diri sendiri. Mintalah pendapat dari beberapa teman dekat untuk memberikan penilaian, agar lebih objektif. Gunakan penilaian tersebut sebagai bahan pertimbangan saja. Selanjutnya, kembalikan pada diri Anda, poin mana yang menjelaskan tentang Anda yang sebenarnya.

Tinjau Kembali Pencapaian Anda

Meninjau pencapaian atau prestasi masa lalu juga membantu memberikan gambaran untuk perencanaan masa depan. Dari hasil review tersebut, Anda dapat mengenal kondisi diri Anda dan mengetahui apa yang membuat Anda merasa bahagia serta bangga.

Keterampilan

Untuk membantu proses membangun karir, catatlah semua keterampilan yang Anda kuasai. Baik itu keterampilan digital milenial (KDM), maupun keterampilan sukses milenial (KSM) Tujuannya agar Anda mampu menyesuaikan karir yang berhubungan dengan keterampilan tersebut.

Passion

Jangan lupa untuk mengenali apa passion Anda. Passion akan membuat Anda bahagia menjalani pekerjaan tersebut, meski harus mengorbankan uang, waktu hingga tenaga. Kepuasan dan rasa bahagia ini pastinya tidak dapat digantikan dengan apa pun.

Passion adalah hal penting untuk membangun karir masa depan

Contoh Perencanaan Karir

Berikut ini adalah contoh perencanaan karir yang kerap diajukan pada sesi wawancara dan jawabannya harus Anda pertimbangkan secara terukur serta realistis.

Target Pencapaian Karir

Di sini Anda akan ditanya perihal bagaimana karir yang ingin Anda capai di perusahaan tersebut dan berapa lama waktu yang Anda targetkan. Ingat, Anda harus memberikan jawaban secara jelas dan masuk akal tentunya.

Menjelaskan Konsep dan Langkah yang Akan Diambil

Anda juga diminta untuk menjelaskan konsep kerja disertai langkah perencanaan karir yang akan diambil. Di sini perusahaan setidaknya bisa menilai sejauh mana Anda akan membawa perubahan pada posisi yang Anda tempati di perusahaan.

Menunjukkan Komitmen

Setiap perusahaan pastinya ingin memiliki karyawan yang berkomitmen. Tidak hanya terhadap dirinya sendiri, tetapi juga untuk perusahaan.

Terbuka dengan Wawasan Baru

Pekerjaan baru adalah tantangan yang pastinya membutuhkan keterampilan. Pastikan Anda siap dengan wawasan baru untuk mengatasi setiap permasalahan yang mungkin saja dihadapi. Sampaikan juga bahwa Anda akan selalu terbuka menerima tantangan saat bekerja dan bersedia mencari solusi jika menemui permasalahan. 

Bagian terpenting ketika menjawab pertanyaan wawancara adalah sesuaikan dengan apa yang Anda dan perusahaan tersebut harapkan. Demikian penjelasan singkat mengenai perencanaan karir yang baik disertai beberapa contoh pertanyaan yang terkait. Semoga Anda dapat membangun karir cemerlang di masa depan sesuai harapan, bukan hanya sebatas impian.

Selalu mencari tahu hal hal baru

Jangan lupa untuk selalu upgrade kemampuan Anda melalui berbagai paket kursus pengembangan diri, kursus leadership online, hingga webinar yang berkaitan dengan Strategi Perencanaan Karir. Apalagi jika Anda merupakan seorang mahasiswa fresh graduate.

Anda bisa belajar terkait 5 Masalah yang Sering Terjadi saat Perencanaan Karir melalui kursus online gratis di platform e-learning QuBisa. Platform belajar online, yang saat ini sedang mengadakan lomba video microlearning festival berhadiah jutaan rupiah. Jika Anda memiliki passion spesifik di bidang tertentu, inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk bagi ilmu dapat hadiah.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua