Unduh Aplikasi QuBisa
Jenis Content Marketing dan Contohnya
Artikel
Content Marketing

Jenis Content Marketing dan Contohnya

Punto Wicaksono12 Feb 234 menit membaca

Content marketing menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian audiens terhadap bisnis kamu. Maka dalam pembuatannya, kamu perlu memperhatikan 3 konsep content marketing dan jenis content marketing yang mau kamu buat. Ketiga konsep konten marketing tersebut, yaitu kesadaran, pertimbangan, dan keputusan audiens terhadap konten yang mereka baca. Untuk lebih jelas, baca sampai selesai artikel ini ya.

3 Konsep Content Marketing yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Membuat Konten

Pembuatan content marketing tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan dan asal-asalan. Kamu harus memastikan 3 konsep content marketing yang akan menentukan keberhasilan pembuatan konten. Ketiga konsep tersebut, yaitu:

Kesadaran 

Artinya konten yang kamu buat harus mampu menarik perhatian dan membuat audiens menyadari keberadaan bisnismu.

Pertimbangan 

Pada saat audiens menemukan dan membaca sedikit kontenmu, mereka mulai mempertimbangkan, apakah perlu lanjut membaca dan melakukan apa yang disarankan di dalam konten atau tidak. Untuk itu, isi kontenmu harus mampu mendorong audiens melakukan suatu tindakan yang kamu harapkan.

Pengambilan Keputusan

Inilah tahap penting yang menjadi tujuan kamu membuat konten, yaitu mendorong audiens mengambil keputusan sesuai yang kamu sarankan dalam konten. Misalnya mengisi survei, klik iklan, melakukan pembelian, dan sebagainya.

Selain 3 konsep content marketing di atas, kamu juga perlu memperhatikan 3 hal penting lainnya, yaitu relevansi, nilai konten, dan konsistensi. Artinya, konten yang kamu buat harus relevan dengan produk maupun brand yang kamu promosikan. 

Konten harus memiliki nilai di mata audiens, seperti menarik, unik, bermanfaat, mencerahkan, menginspirasi, dan sebagainya. Terakhir, konten juga harus konsisten dalam upaya membangun brand awareness serta kepercayaan publik. Dalam hal ini, termasuk konsisten publish konten.

Jenis Content Marketing

Jenis-Jenis Content Marketing

Ada banyak jenis content marketing yang bisa digunakan saat ini. Contohnya, kamu bisa melihat di berbagai platform digital yang bisa kamu akses hanya bermodalkan smartphone dan internet. Dengan kata lain, kalau kamu ingin melakukan promosi bisnis dengan memanfaatkan content marketing, ada baiknya kamu juga tahu jenis content marketing mana yang paling tepat untuk target market yang hendak kamu jangkau.

Website dan Blog Post

Banyak pemilik usaha yang memanfaatkan website dan blog post untuk meningkatkan popularitas, membangun brand awareness, dan meningkatkan peluang terjadinya konversi. Website dengan kontennya yang bisa beragam bentuk, seperti video, artikel, dan sebagainya, memiliki jangkauan pasar yang luas. Apalagi kalau kamu juga menerapkan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Kolaborasi Konten

Kamu pasti sudah sering melihat contoh kolaborasi konten di berbagai media sosial. Sesuai namanya, jenis konten ini memang hasil dari kolaborasi beberapa pihak, bisa antara brand dengan influencer, bisa antarnetizen, dan sebagainya.

Konten di Media Sosial

Berbagai platform media sosial menjadi salah satu sarana promosi yang menjanjikan. Hal ini karena banyaknya pengguna media sosial di Indonesia. Mereka mengakses foto, video, konten berupa image, musik, dan sebagainya, dengan berbagai tujuan. Ada yang mencari hiburan, mencari inspirasi, motivasi, bahkan berbelanja. 

Infografik

Tahu dong bentuk infografik seperti apa? Ya, infografik ini adalah jenis konten yang menampilkan informasi teks yang singkat dan didukung dengan tampilan visual yang menarik.

Tujuan pembuatan infografis supaya audiens bisa lebih mudah memahami informasi yang disajikan dalam konten. Saat ini, infografik juga menjadi salah satu jenis konten marketing yang memberi dampak besar pada peningkatan konversi. 

Podcast

Lanjut ke bentuk content marketing berikutnya yaitu podcast. Saat ini ada banyak sekali pebisnis yang mempromosikan brand atau bisnis mereka lewat acara podcast dengan topik-topik menarik.

Buku

Masih ada juga pebisnis yang melakukan promosi dengan memanfaatkan konten berupa buku. Tidak hanya buku fisik namun kini juga ada bentuk buku digital yang bisa dimanfaatkan sebagai media marketing.

video content marketing

Video

Jenis content marketing selanjutnya adalah video. Bentuk konten yang satu ini sangat populer dan menjadi salah satu bentuk marketing yang sangat efektif. Video promosi ini bisa dimuat di media sosial maupun media iklan lain seperti televisi.

Template

Banyak juga pelaku bisnis yang menggunakan template sebagai content marketing. Mereka akan membagikan konten dalam format template yang bisa bermanfaat bagi target audiens.

e-Book

Beberapa perusahaan juga memilih e-book sebagai media untuk promosi. Biasanya perusahaan akan membagikan e-book ini lewat website dengan syarat-syarat tertentu seperti input email misalnya.

Webinar

Ada juga brand yang menggunakan content marketing dalam bentuk webinar. Webinar ini merupakan seminar online yang bisa membantu memberi edukasi kepada publik mengenai sebuah produk atau brand.

Paid Ads

Jenis content marketing berikutnya adalah paid ads. Ini merupakan iklan berbayar yang biasanya disediakan oleh berbagai jenis platform digital.

Dari semua jenis content marketing ini, mana yang dirasa paling efektif? Tentu saja hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kebutuhan brand masing-masing. target audiens juga pasti akan berpengaruh pada jenis content marketing yang bisa dipakai.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua