Unduh Aplikasi QuBisa
Trik Content Marketing Anti Gagal
Artikel
Content Marketing

Trik Content Marketing Anti Gagal

Punto Wicaksono24 Feb 235 menit membaca

Hal-hal negatif yang perlu kamu hindari dalam menerapkan strategi content marketing dan bisa membuat strategi kontenmu gagal, misalnya pencurian konten, plagiarisme, black campaign, dan sebagainya. Jadi, bagaimana seharusnya menerapkan content marketing yang efektif dan bisa berhasil mencapai tujuan yang diinginkan? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Trik Content Marketing Anti Gagal

Content marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik untuk mempromosikan bisnis online. Namun, tidak semua kampanye content marketing berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. 

Beberapa mungkin gagal untuk menarik perhatian audiens, sementara yang lain mungkin tidak memberikan hasil yang diharapkan. Berikut beberapa trik content marketing anti gagal.

strategi pertama untuk marketing sosial media yang tepat sasaran adalah memahami pelanggan

Memahami Pelanggan dengan Baik

Memahami pelanggan merupakan strategi pemasaran media sosial yang tepat sasaran. Kamu harus mengenali pelanggan agar dapat membuat content marketing yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mulai dari memilih jenis konten, media sosial yang akan kamu gunakan, pemilihan gaya bahasa yang sesuai dengan target market, dan sebagainya.

Kamu dapat mempelajari cara memahami pelanggan dan membangun citra positif di benak pelanggan tentang bisnismu melalui kursus online gratis berbentuk microlearning yang tersedia di platform belajar online seperti QuBisa, di antaranya:

Melakukan Analisis Pasar dan Pesaing Lebih Dulu

Melakukan analisis pasar dan analisis pesaing merupakan salah satu langkah pemasaran media sosial yang banyak dilewati karena dirasa ribet dan tidak perlu. Padahal kenyataannya, melakukan riset menjadi aktivitas vital yang menentukan sukses tidaknya bisnis yang kamu jalankan. 

Dengan melakukan competitor analysis dan market research, kamu dapat menemukan celah yang dapat kamu gunakan untuk menentukan strategi paling tepat untuk mengisi celah tersebut. Langkah ini akan membuat kamu selangkah lebih maju dibandingkan dengan para kompetitor.

Bangun Citra Bisnis yang Kuat

Citra bisnis yang kuat akan membantumu mencuri perhatian netizen dari ratusan ribu bahkan jutaan konten yang muncul setiap harinya di berbagai platform media sosial. Pastikan kamu menegaskan citra positif bisnis di platform mana pun. 

Misalnya dengan melakukan branding produk yang ramah lingkungan dan hemat atau menciptakan ciri khas tersendiri atas produk. Dengan cara ini, ketika konsumen mendengar nama suatu produk, ingatan mereka akan langsung tertuju pada brand bisnis kamu.

lebih baik berfokus pada satu platform media sosial saja

Memilih Platform Medsos yang Paling Tepat dan Lakukan Riset Kata Kunci

Pilih platform yang tepat untuk mempublikasikan konten. Setiap platform memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pastikan kamu memilih platform yang sesuai dengan target audiens dan jenis konten yang ingin kamu promosikan.

Bagi kamu yang masih pemula, lebih baik berfokus pada satu platform saja. Sebab, setiap media sosial memiliki tujuan dan juga peminat yang berbeda-beda. Akan sangat menyusahkan mengatur strategi pemasaran online untuk semua medsos sekaligus, sementara kamu perlu pula memfokuskan perhatian untuk membangun bisnis. 

Contoh, strategi Twitter marketing tidak akan sama penerapannya dengan Facebook marketing. Begitu pula Instagram marketing tidak akan bisa diterapkan untuk Twitter marketing. Maka alangkah baiknya kalau kamu fokus pada satu platform dulu dan memaksimalkannya. Jika sudah jelas menghasilkan keuntungan dan sudah memiliki pelanggan tetap, baru kamu bisa mulai merambah ke platform lainnya. 

Riset Kata Kunci yang Sesuai dengan Kueri Pelanggan

Riset kata kunci adalah hal penting yang harus kamu sebelum memproduksi konten. Hal ini membantu kamu menemukan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan kueri yang sering digunakan pelanggan. Dengan cara ini, konten buatanmu akan lebih mudah ditemukan oleh audiens.

Pemasaran online memang bukan hal yang mudah, tetapi bukan sesuatu yang mustahil untuk kamu kuasai. Prinsipnya, pahami dulu produk dan bisnis kamu sendiri, lalu pahami siapa target market dan pelanggan kamu. Jangan lupa, cari tahu dan analisis pergerakan kompetitor, terutama untuk pesaing bisnis yang produknya kurang lebih sama dengan produkmu.

Cara Sukses Melakukan Pemasaran Online dengan Content Marketing

Setiap strategi pemasaran selalu ada celah untuk gagal. Hal itu sangat wajar karena jika sampai mengalami kegagalan, ada banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa kamu dapatkan untuk membuat bisnis semakin berkembang. 

Jika ingin mencoba pemasaran online, bukan sesederhana membuat akun media sosial, lalu mengunggah jualan saja. Tetapi harus memiliki tujuan yang pasti, goals yang ingin dicapai, dan akan menggunakan strategi yang seperti apa. 

Penting sekali untuk membuat tujuan pemasaran media sosial. Misalnya untuk mendapatkan engagement (like, komentar, share, mention merk oleh pelanggan), reach (impresi tinggi, traffic website meningkat dan jumlah pengikut bertambah), konversi (peningkatan penjualan produk atau jasa), serta loyalitas pelanggan.

Bagaimana? Sudah menemukan tujuan pemasaran yang ingin kamu capai? Jika sudah, maka kamu bisa segera mencari strategi yang paling tepat untuk mendapatkan hasil tersebut. Dengan rumusan yang tepat, maka content marketing pun bisa on point. Oh ya, supaya penerapan strategi bisa lebih tepat sasaran, pahami juga Perbedaan Content Marketing dan Digital Marketing.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua