Unduh Aplikasi QuBisa
Ciri Orang Manipulatif
Artikel
Personal Development

Ciri Orang Manipulatif

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Ada banyak kepribadian manusia di dunia ini, baik yang positif maupun negatif. Salah satunya manipulatif. Dalam kehidupan bermasyarakat, orang bersifat manipulatif sering kali dihindari. Mengapa? Karena individu berkepribadian manipulatif dapat dengan mudah mempengaruhi suasana hati dan pikiran seseorang. Ya, orang manipulatif bisa menjatuhkan lawan atau musuh mereka.

Perilaku manipulatif adalah keinginan untuk mengontrol orang lain dengan berbagai cara. Menurut American Psychological Association, manipulasi adalah cara yang digunakan seseorang untuk mendapatkan keinginan atau tujuannya. Salah satu praktik manipulasi yang paling berbahaya dan umum adalah gaslighting

Ciri Individu yang Memiliki Perilaku Manipulatif

Tidak ingin terjebak atau memiliki hubungan dengan orang yang manipulatif? Jika begitu, Anda perlu mengetahui ciri orang manipulatif berikut.

memutarbalikkan fakta hingga membuat lawan bicaranya bingung

Berbohong dan Membuat Anda Kebingungan

Berbohong adalah salah satu ciri orang manipulatif dan menjadi senjata ampuh bagi mereka. Saat melakukan kesalahan, alih-alih meminta maaf, mereka akan berusaha menyembunyikannya. Orang manipulatif akan bermain-main dengan fakta (memutarbalikkan fakta) hingga membuat lawan bicaranya bingung.

Sekalipun Anda mengulang pertanyaan untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak, individu yang manipulatif tidak akan memberikan jawaban yang pasti. Orang dengan kepribadian manipulatif akan berusaha melakukan psychological manipulation. Artinya berusaha menghilangkan kemampuan Anda untuk berpikir rasional dan kritis pada berbagai situasi. Jadi, ketika Anda sering merasa sangat bingung, seperti kehilangan akal sehat, itu merupakan tanda yang harus diwaspadai karena termasuk perilaku manipulatif.

Membuat Anda Merasa Bersalah dan Meminta Maaf

Ketika Anda berhasil mencapai sesuatu, manipulator akan mencoba membandingkannya dengan orang lain. Hal ini bertujuan membuat Anda merasa tidak berharga. Selain itu, ketika Anda menghadapi hal yang buruk, dia akan terus berusaha membuatnya tampak lebih buruk. Akhirnya Anda akan merasa bersalah atas hal buruk yang menimpa Anda.

Apabila Anda bersikeras membela diri dan memberikan fakta, orang manipulatif akan memastikan Anda selalu mengakhiri argumen dengan permintaan maaf. Walau sudah jelas bukan Anda yang salah. Mereka akan terus mencari cara untuk menyalahkan dan menjadikan Anda kambing hitam.

Pura-pura Peduli

Berpura-pura peduli adalah trik lain dari seorang manipulator. Mereka cenderung menunjukkan empati kepada Anda, sehingga Anda pikir mereka peduli. Padahal itu merupakan topeng manis agar Anda bisa mengikuti segala keinginannya tanpa Anda sadari.

intellectual bullying biasanya akan dilakukan oleh manipulator

Melakukan Bullying

Penindasan intelektual atau intellectual bullying biasanya akan dilakukan oleh manipulator untuk membuat Anda merasa tidak berdaya dan sulit mengambil keputusan. Mereka akan memberikan fakta atau data yang tidak Anda kuasai dengan baik.

Membuat Lelucon yang Menyinggung

Orang yang manipulatif juga sering membuat lelucon yang dirancang untuk mengekspos kelemahan Anda, sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman atau minder di depan orang lain. Dengan begitu, dia akan merasa lebih berkuasa dan lebih kuat dari Anda.

Cara Menghadapi Orang Manipulatif

Manipulasi dalam hubungan apa pun harus segera dihentikan. Sebab, jika dibiarkan berlarut-larut tentu bisa merusak kesehatan mental Anda. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam mengenali serta mengidentifikasi ciri orang yang manipulatif. Berikut beberapa cara menghadapi orang yang manipulatif.

  • Menyatakan pendapat Anda dengan jelas, tegas, langsung, dan detail. Jika memang Anda bersalah, minta maaflah secukupnya, jangan berlebihan.
  • Menyaring setiap perkataan manipulator supaya Anda tidak terjebak untuk memikirkan perkataannya lebih dalam.
  • Jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.
  • Jangan mencoba untuk mengalahkan orang bersifat manipulator. Atur strategi terbaik untuk memberitahukan secara halus bahwa Anda mengerti dia sudah memanipulasi Anda.
  • Menghindari interaksi berlebihan, terutama jika hubungan Anda dengannya tidak bersifat pribadi.
  • Menemukan seseorang yang dapat Anda percayai dan tidak terpengaruh oleh manipulator, sehingga Anda bisa meminta nasihat terkait situasi Anda.

Demikian pembahasan mengenai ciri orang manipulatif atau seorang manipulator dan cara menghadapinya. Semoga bermanfaat.

No Image

0Comments

no profile

Article For You

Lihat Semua

Suggestion For You

Lihat Semua