Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Ciri-ciri Berita Hoax dan Dampaknya
Artikel
Teaching & Academics

Mengenal Ciri-ciri Berita Hoax dan Dampaknya

Jasmi24 Jan 235 menit membaca

Di masa arus informasi yang serba cepat seperti sekarang, berbagai macam berita dapat diakses dengan mudah hanya dengan membuka internet. Namun, tanpa kemampuan literasi digital, Anda bisa saja menerima informasi bohong, atau disebut juga hoax. Bagaimana ciri-ciri berita hoax? Apa dampak hoax bagi masyarakat?

Mengingat penggunaan media sosial makin meningkat, dan informasi dapat diakses dengan mudah. Banyak sekali berita palsu atau hoaks yang belum bisa diverifikasi, namun sudah beredar secara masif di tengah masyarakat.

mengenal ciri-ciri berita hoax

Tujuan dari Berita Hoax

Berita hoaks terus mengalami update dalam hitungan detik, dan dikonsumsi oleh pengguna internet. Hoaks sengaja dibuat untuk meresahkan masyarakat menggunakan data berupa foto, atau kutipan yang seolah-olah benar, dan dapat dipercaya.

Tujuan berita hoax untuk menyebarkan kebencian terhadap seseorang, atau suatu kelompok. Bisa juga berupa penipuan, provokasi, propaganda, atau pembentukan opini publik, hingga upaya yang direkayasa untuk menutupi kesalahan tertentu. Berita hoaks yang beredar di tengah masyarakat sering kali berkaitan dengan isu politik, agama, dan pandemi. Bahkan, ada juga penipuan seperti info lowongan pekerjaan. 

Arti kata hoaks menurut KBBI adalah informasi bohong, atau informasi yang tidak memiliki sumber pasti. Menurut Wikipedia, hoaks adalah usaha mengakali pembaca, atau pendengar agar mereka percaya terhadap informasi yang disampaikan. Dengan kata lain, hoax adalah upaya untuk memutarbalikkan fakta.

Ciri-ciri Berita Hoax

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui ciri-ciri hoax, dan cara cek berita hoaks. Hal ini adalah perisai untuk membatasi diri dalam menerima informasi yang tidak valid. Dengan mengetahui ciri-ciri hoax, Anda akan lebih bijak dalam mempercayai suatu berita.

Berikut beberapa ciri berita bohong yang harus Anda ketahui.

  1. Berita yang didapatkan menimbulkan kecemasan, kebencian, atau permusuhan antar satu sama lain.
  2. Tidak ada sumber berita jelas yang dapat dimintai pertanggungjawaban atau klarifikasi.
  3. Informasi bersifat menyerang, berat sebelah, dan tidak netral.
  4. Memiliki judul provokatif yang tidak sesuai dengan isi berita.
  5. Memaksa untuk membagikan berita tersebut agar viral.
  6. Berita yang diluncurkan tidak menyeluruh, ada fakta yang disembunyikan, dan memelintir informasi yang diberikan oleh sumber terpercaya.
  7. Menggunakan data dan foto fiktif agar berita yang ditulis dapat dipercaya.
  8. Memanipulasi fakta yang sebenarnya.
  9. Ditulis oleh media yang tidak kredibel.

Cara Agar Terhindar dari Berita Hoax

Setelah mengetahui ciri-ciri berita hoax, kini Anda dapat mengantisipasi, dan menyaring berita yang dibaca dan ingin dipercayai. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa cara agar terhindar dari hoaks berikut ini.

Pertama, pastikan Anda tidak terpengaruh dengan judul berita yang provokatif. Kedua, upayakan untuk membaca berita atau artikel, juga menonton video sampai selesai. Baru kemudian, menganalisis apakah berita tersebut mengandung ciri-ciri hoax atau tidak.

Ketiga, Anda bisa mengenalinya melalui link berita yang diakses. Jika alamat URL situs web yang dituju mencurigakan, atau tidak terkenal, ada indikasi bahwa berita tersebut adalah hoaks. 

Selanjutnya, cek keaslian foto kejadian. Apakah benar foto tersebut berkaitan dengan berita yang dibaca atau tidak. Saat ini, konten foto maupun video dapat dimanipulasi dengan mudah. Terakhir, aktiflah berdiskusi bersama orang yang dipercayai, dan bergabung dengan komunitas anti berita bohong. 

Dampak Berita Hoax

Berita hoax memberikan dampak negatif bagi semua pihak. Adapun dampak yang ditimbulkan dari berita hoaks adalah sebagai berikut.

Menimbulkan Perpecahan

Berita bohong memicu perpecahan, baik antar individu maupun kelompok. Hal ini disebabkan penggiringan opini terhadap seseorang, sehingga menimbulkan kebencian terhadap orang tersebut. Nah, jika sudah membenci satu sama lain, maka perpecahan tidak dapat dihindari.

Menurunkan Reputasi Seseorang

Sering kali berita hoax akan merugikan satu pihak, dan menguntungkan pihak lainnya. Karena berita palsu bersifat mengadu domba, pihak korban akan merasa dirugikan dengan pencemaran nama baik, dan menurunnya reputasi. 

ciri-ciri dan dampak berita hoax bagi masyarakat

Tidak Lagi Percaya Fakta

Karena terlalu banyak berita bohong yang beredar, masyarakat jadi sulit membedakan mana informasi palsu, dan fakta. Dengan menyebarluasnya hoaks, masyarakat justru tidak lagi percaya dengan fakta yang sebenarnya karena terlanjur keliru. 

Menimbulkan Opini Negatif

Berita hoax sering kali menyasar emosi masyarakat. Fitnah yang disebar dapat menyulut kebencian dan kemarahan, sehingga masyarakat memiliki sudut pandang negatif terhadap seseorang, kelompok, ataupun suatu produk. Upaya ini bisa disebut dengan black campaign untuk menjatuhkan pesaing. 

Merugikan Masyarakat 

Hoaks bisa saja merugikan masyarakat secara materi. Hal semacam ini sudah banyak terjadi di mana seseorang diminta untuk memberikan sejumlah uang karena menang undian, dan mengatasnamakan suatu brand. Bahkan, dalam hal melamar kerja, misalnya Anda diminta untuk membayar uang pendaftaran agar bisa diterima di perusahaan tersebut. 

Dalam literasi digital, Anda perlu mengetahui ciri-ciri hoax agar tidak terjebak dengan berita bohong, atau fitnah yang beredar. Berita palsu ini tentu akan merugikan banyak pihak termasuk Anda. Untuk itu, jadilah orang yang bijak dalam membaca, menganalisis, dan mempercayai suatu informasi, sebelum Anda menyebarluaskannya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua