Cara Jadi Konten Kreator di YouTube sampai Cuan

Mobile Development | 16 Okt 6 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
Cara Jadi Konten Kreator di YouTube sampai Cuan

Tentu Anda telah mengetahui bahwa banyak orang yang kini bikin konten di YouTube dapat cuan. Itulah sebabnya, nama-nama Youtuber sukses pun jadi perbincangan di berbagai media, termasuk penghasilan yang mereka dapatkan dari YouTube. Apakah Anda juga ingin menjadi content creator dan mendapatkan penghasilan dari membuat konten di YouTube? Ikuti cara jadi konten kreator sampai dapat cuan di YouTube pada artikel QuBisa ini.

Cara Sukses Jadi Konten Kreator di YouTube

Belajar Teknik Dasar Pembuatan Video

Bagi Anda yang masih awam dalam industri pembuatan konten, jangan khawatir. Belum terlambat untuk mulai belajar teknik-teknik dasar dalam pembuatan video. Anda juga tidak perlu menunggu memiliki peralatan kamera dan fasilitas pendukung untuk melakukan editing video yang lengkap untuk bisa menjadi Youtuber

Merekam video dan editing dapat dilakukan menggunakan smartphone. Hasilnya pun cukup layak untuk dipublikasikan di YouTube. Yang terpenting adalah muatan atau isi dari konten itu sendiri, apakah dapat menarik penonton atau tidak? 

Teknik dasar pembuatan video yang perlu Anda ketahui, antara lain cara merekam video yang stabil atau minim guncangan, sudut pandang kamera atau camera angle, dan pergerakan kamera atau camera movement. Selain itu, sebaiknya Anda perlu pula mengetahui teknik dasar edit video, seperti cara menjahit footage, memotong, dan menghapus klip yang tidak diperlukan.

Untuk dapat menjadi content creator YouTube yang sukses, Anda perlu percaya diri dan menikmati proses belajar. Selama video tidak buram dan minim goncangan, maka jangan ragu untuk mengunggahnya di channel Youtube Anda.

Agar Anda semakin percaya diri dalam pembuatan konten video untuk diunggah di channel YouTube, pelajari saja materi mengenai video editing di kursus online yang disediakan di aplikasi belajar online QuBisa ini:

Bangun Channel YouTube Anda

Membangun Channel YouTube

Menjadi konten kreator bukan hanya bikin konten di YouTube dapat cuan secara instan. Anda perlu membangun channel YouTube Anda agar layak untuk bergabung dalam YouTube Partners Program (YPP) dan menghasilkan pendapatan dari iklan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membangun channel YouTube adalah menentukan niche dari channel Anda. Niche diibaratkan sebagai ceruk yang Anda gali sesuai dengan topik yang Anda pilih. Di situ ada audiens yang sesuai dengan konten-konten yang Anda buat. Nah selanjutnya, Anda perlu konsisten pada niche yang sudah dipilih dan rutin mengunggah video baru agar channel YouTube Anda lebih mudah dikenali dan berkembang lebih cepat.

Selain itu, ada baiknya Anda membuat thumbnail video yang menarik untuk meningkatkan rasa penasaran orang sampai akhirnya menonton video. Perhatikan juga pemberian judul dan penulisan deskripsi video.

Untuk mengembangkan channel YouTube, Anda bisa menyisipkan kalimat call to action pada video. Call to action biasanya berisi ajakan kepada audiens untuk klik like, share, subscribe, dan menyalakan lonceng notifikasi pelanggan.

Anda juga perlu meningkatkan interaksi pada setiap video di channel YouTube Anda dengan bergabung dalam komunitas untuk saling support. Jangan lupa untuk membalas semua komentar pada video Anda agar interaksi meningkat.

Memahami Algoritma YouTube

Tips sukses jadi konten kreator berikutnya adalah memahami algoritma YouTube. Cara kerja algoritma YouTube adalah memilih video-video yang relevan dengan kata kunci tertentu untuk direkomendasikan pada halaman pencarian dan beranda YouTube.

Anda dapat menggunakan teknik Search Engine Optimization atau SEO untuk memancing algoritma Youtube merekomendasikan video Anda. Caranya antara lain dengan melakukan riset keyword, menempatkan keyword pada judul dan deskripsi video, mengisi kolom tag, serta menyebutkan keyword pada kolom komentar.

Memonetisasi Channel Youtube

Monetisasi Channel Youtube

Monetisasi channel YouTube dapat dilakukan setelah channel Anda di-review dan disetujui untuk bergabung dalam YouTube Partners Program (YPP). Syarat untuk bisa di-review adalah memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda dapat mengikuti instruksi untuk proses aktivasi monetisasi dan menghubungkan channel YouTube Anda dengan akun Google Adsense. Jika disetujui, video-video Anda dapat dimonetisasi dan mulai menghasilkan uang.

Pembayaran cuan yang Anda peroleh dari monetisasi video YouTube akan dilakukan apabila penghasilan mencapai batas pembayaran minimal sebesar $100 atau setara itu. Jika belum mencapai batas pembayaran, penghasilan Anda akan diakumulasi terus pada periode selanjutnya.

Tips lain terkait memaksimalkan performa channel YouTube Anda, berikut ini beberapa rekomendasi kursus online dalam bentuk video microlearning yang bisa Anda pelajari:

Content creator YouTube adalah profesi yang tadinya sekadar untuk bersenang-senang, namun pada era digital ini semakin dilirik karena penghasilannya yang menggiurkan. Banyak contoh Youtuber yang sukses dan fokus menjadi professional content creator. Apakah Anda berikutnya?

Artikel Terkait

Ke Atas