Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Setting SEO On Page pada Konten yang Wajib Dilakukan
Artikel
Web Development

Cara Setting SEO On Page pada Konten yang Wajib Dilakukan

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

SEO on page adalah suatu teknik yang dilakukan untuk menambah jumlah pengunjung ke website Anda. SEO on page bisa pula dikatakan sebagai salah satu teknik SEO yang akan mengoptimalkan lalu lintas organik suatu halaman website agar terlacak di halaman pertama mesin pencari. Ada banyak mesin pencari yang beredar, akan tetapi yang paling sering digunakan adalah Google. Nah, bagaimana cara setting SEO on page?

Setting SEO On Page yang Wajib Dilakukan

Berbeda dengan SEO off page, SEO on page lebih fokus pada kinerja dari website Anda sendiri, mulai dari setting meta keyword, meta deskripsi, penentuan keyword yang dibidik, ukuran image, dan kualitas artikel atau konten di setiap halaman website, dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mendalami pengetahuan mengenai website dan Search Engine Optimization, Anda bisa mengikuti beberapa kursus online yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

Pada artikel QuBisa kali ini, SEO on page yang akan dibahas lebih pada bagaimana cara menghasilkan artikel atau konten yang sesuai dengan kaidah SEO on page. Mengapa? Karena ketersediaan konten dan kualitas konten itulah yang akan membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi website Anda atau tidak. Apa yang harus dilakukan?

keyword merupakan salah satu faktor penting dalam SEO onpage

Keyword

Keyword atau kata kunci merupakan hal yang paling menentukan. Jangan sembarang membuat artikel tanpa kata kunci yang kuat. Untuk mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari pengguna Google, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu. 

Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian keyword populer, seperti Google Keyword Planner, Google Trends, Google Analytics, Wordtracker, Moz, dan masih banyak lagi. Pastikan kata kunci Anda masuk dalam permalink atau URL halaman website Anda.

Anda juga perlu mengatur pengulangan jumlah keyword serta penyebarannya. Tujuannya, agar artikel Anda tidak over optimization dan pengunjung website tetap nyaman saat membaca artikel atau konten yang Anda publikasikan.

Judul Artikel

Judul artikel termasuk salah satu faktor penting dalam SEO on page. Judul yang menarik saja tidak cukup, akan tetapi judul juga harus mudah dicari oleh Google dan harus SEO friendly. Untuk itu, masukkan keyword utama dalam judul konten yang Anda buat. Algoritma Google akan melakukan penilaian, bagaimana relevansi antara judul dengan isi artikel di website Anda. Semakin relevan hubungan antara judul dan isi artikel atau konten, semakin mudah Anda mendapatkan posisi terbaik di halaman pencarian.

Permalink dan Internal Link

Permalink merupakan link halaman website yang bisa disesuaikan agar tercantum keyword yang telah ditentukan. Selain permalink, usahakan Anda memberikan link internal, yakni link yang menghubungkan antara satu halaman dengan halaman lainnya pada website Anda. 

Contohnya, ketika artikel A memiliki bahasan terkait pengembangan diri atau kursus online gratis, maka pastikan ada internal link menuju ke artikel B yang juga bertema tentang pengembangan diri, kursus online, atau dunia kerja. Perlu dicatat, jangan memberikan link ke artikel yang berbeda pembahasan. Ini akan menyulitkan pembaca dan akan mengurangi kredibilitas website Anda.

cara setting SEO on page dan optimasi website dengan menentukan jumlah kata minimum

Gambar 

Gambar merupakan wujud visualisasi isi artikel yang Anda buat. Jangan sembarangan upload gambar, terlebih gambar yang tidak berhubungan dengan isi artikel. Di samping itu, gambar juga harus karya sendiri atau bebas lisensi. Hindari mengambil gambar dari website orang, karena gambar bisa saja memiliki hak cipta. Jika tidak sempat membuat gambar sendiri, Anda dapat menggunakan gambar dari penyedia gambar gratis, seperti Freepik, Pixabay, Pexels, dan lain-lain. 

Gambar juga perlu dioptimasi teknik SEO on page. Anda bisa menambahkan tag alternative (alt tag) agar mesin pencari dapat mengenali konten gambar dalam artikel. Hal penting yang perlu Anda perhatikan, usahakan untuk memasukkan keyword dalam alt tag gambar Anda.

Jumlah Kata

Belakangan ini, jumlah kata dalam artikel suatu halaman website menjadi perhatian. Jumlah kata yang baik dalam suatu artikel berkisar antara 500-1000 kata. Banyak yang beranggapan, jika jumlah kata lebih banyak, maka artikel akan lebih populer. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar. Artikel kurang dari 1000 kata pun bisa masuk halaman pertama Google asalkan artikel atau konten tersebut berdasarkan kaidah SEO. 

Setelah mencermati beberapa faktor penting dalam SEO on page tersebut, Anda bisa langsung praktik SEO on page pada konten yang Anda buat. Jangan lupa untuk menerapkan teknik SEO off page juga agar kinerja website Anda lebih optimal.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua