webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama QuBisa :

Technology Usage in Early Childhood

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama QuBisa :

Technology Usage in Early Childhood

LIHAT DETAIL

TikTok Marketing Cara Promosi untuk Jangkau Generasi Milenial

Social Media Marketing | 11 Okt 4 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani
Selengkapnya Sembunyikan
TikTok Marketing Cara Promosi untuk Jangkau Generasi Milenial

Hadirnya TikTok menambah daftar media sosial yang memiliki potensi membantu Anda mempromosikan dan mengembangkan bisnis di Indonesia. TikTok menjadi sebuah fenomena seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, walaupun sebelumnya TikTok mendapat sambutan tidak menyenangkan lantaran hanya menunjukkan video berjoget yang dianggap tidak mendidik dan berbeda dengan budaya Indonesia.

Seiring dengan makin beragamnya konten yang TikTok hadirkan serta jumlah pengguna yang kian banyak, tentu menjadikan media sosial ini sebagai media promosi yang potensial untuk beriklan. Nah, bagi Anda yang mulai melirik iklan TikTok untuk pemasaran, simak hal-hal yang perlu diketahui sebelum memasang TikTok Ads agar hasilnya maksimal.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memasang TikTok Ads

TikTok marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial, dalam hal ini menggunakan TikTok. Sama seperti penggunaan platform media sosial lain, penggunaan TikTok membutuhkan analisis dan pengenalan cara kerja platform terlebih dahulu agar hasil iklan yang Anda pasang maksimal.

TikTok membuka peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis dengan memasang iklan di sana. Namun sebelum meluncurkan sebuah iklan, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini:

cara promosi untuk jangkau pelanggan generasi milenial dengan tiktok marketing

Kenali Cara Kerja TikTok

TikTok menampilkan video dengan durasi pendek yang dilengkapi filter dan backsound yang bisa dipilih sesuai selera. Semakin banyak engagement atau interaksi yang dihasilkan dari sebuah konten, seperti jumlah like, komen, dan share, semakin besar pula kemungkinan konten menjadi viral, apalagi kalau berhasil masuk halaman FYP.

Beberapa rekomendasi kursus online gratis dalam bentuk microlearning yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa mengenai pemanfaatan media sosial untuk pengembangan usaha, antara lain:

Miliki Data Analytic TikTok

Selanjutnya Anda perlu memiliki data analytics terkait iklan TikTok yang dibuat, seperti jumlah like, komen dan share, jam efektif agar Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk meluncurkan TikTok Ads. Tak kalah penting ialah data tentang profil audience yang menonton iklan Anda dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk bisa melakukan analisis insight di TikTok, Anda bisa melakukannya dengan mengubah terlebih dahulu status akun TikTok Anda dari akun biasa menjadi akun pro. Kemudian masuk ke menu pengaturan dan privasi, klik kreator, lalu pilih analisis. Nah, pada bagian analisis tersebut, Anda bisa melihat performa tiap konten TikTok yang Anda buat.

Budget yang Dikeluarkan

Biaya iklan menjadi sesuatu yang patut Anda cermati agar target dapat tercapai dan tidak berujung boncos. Ada beberapa macam metode budget yang bisa Anda pilih saat membuat TikTok Ads. Jadi, Anda perlu mempelajari jenis iklan yang tersedia terlebih dahulu dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

keuntungan menggunakan tiktok marketing

Keuntungan Menggunakan TikTok Marketing

Tersedianya berbagai fitur kreatif pada TikTok membuat Anda jadi lebih mudah dalam memproduksi konten menarik secara rutin. Tentunya hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga Anda dalam menciptakan konten yang kekinian, dan bisa meningkatkan brand of voice dan brand awareness

Perlu diketahui, konten memiliki peranan penting dalam proses promosi produk, jasa, layanan, atau bisnis Anda. Hanya konten yang otentik, menarik, dan kreatif, yang bisa mencuri perhatian audiens dan membuat mereka jadi mengenal bisnis Anda melalui konten-konten tersebut.

Sementara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, terutama pelanggan dari kalangan generasi milenial, TikTok merupakan platform untuk promosi yang tepat. Hal ini karena pengguna TikTok memang kebanyakan dari kalangan generasi Z.

Hal terakhir yang akan Anda dapatkan kalau menerapkan strategi TikTok marketing untuk mengembangkan bisnis adalah konten promosi yang Anda buat secara soft selling dan unik akan jauh lebih mudah viral di TikTok.

Nah, tertarik menggunakan TikTok sebagai media pemasaran online? Tunggu apa lagi! Langsung eksekusi saja ide brilian Anda dalam hal mempromosikan usaha dan semoga pelanggan Anda terus bertambah jumlahnya.

Artikel Terkait

Ke Atas