Unduh Aplikasi QuBisa
TikTok Marketing: Cara Promosi di TikTok dengan TikTok Ads
Artikel
Social Media Marketing

TikTok Marketing: Cara Promosi di TikTok dengan TikTok Ads

Gilang Maulani31 Jul 234 menit membaca

Apakah mempromosikan produk dan jualan di TikTok bayar? Cara promosi di TikTok bisa gratis, bisa pula berbayar jika menggunakan TikTok ads. Cari tahu cara beriklan di TikTok dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Bagaimana TikTok Digunakan untuk Pemasaran?

Pemasaran TikTok atau TikTok marketing adalah kegiatan memanfaatkan platform media sosial TikTok untuk mempromosikan produk, brand, atau layanan bisnis. 

Strategi yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan kegiatan pemasarannya pun bisa beragam, misalnya bisa dengan membuat konten organik yang menarik dan berpotensi viral, memasang iklan TikTok ads, dan sebagainya.

Apakah Promosi di TikTok Harus Bayar?

Untuk melakukan promosi di TikTok, bisa saja gratis, yaitu dengan membuat konten video promosi. Tetapi kalau kamu menggunakan TikTok ads, maka fitur ini termasuk fitur berbayar.

Artinya, kamu harus membayar sejumlah uang yang sudah ditentukan TikTok untuk satu kali penayangan iklan promosi di TikTok

Dengan biaya iklan yang terjangkau, TikTok ads memiliki kemampuan menjangkau audiens secara lebih spesifik berdasarkan usia, minat, lokasi, jenis kelamin, dan kategori pengelompokan lainnya.

Cari tahu lebih banyak mengenai TikTok ads dan 7 cara promosi di TikTok dengan TikTok ads di bawah ini ya.

Apa Itu TikTok Ads?

TikTok ads adalah platform iklan self-service yang dikembangkan oleh TikTok. Platform ini memungkinkan kamu memasang iklan dan mengelolanya sendiri dengan cara yang lebih mudah dan efektif. 

Tersedia berbagai jenis iklan di TikTok ads, seperti in-feed video ads, brand takeover ads, top view ads, branded hashtag challenges, dan branded effects

Setiap jenis iklan TikTok memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, tergantung pada tujuan pemasaran yang ingin dicapai.

7 Cara Promosi di TikTok Dengan TikTok Ads

Untuk memaksimalkan kegiatan TikTok marketing yang memungkinkan kamu mencapai tujuan melakukan promosi di TikTok, terapkan cara promosi di TikTok berikut ini:

1. Tujuan Beriklan di TikTok Ads Harus Jelas

Sebelum memasang iklan di TikTok ads, kamu harus menentukan tujuan beriklan terlebih dahulu. 

Apakah untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan lebih banyak followers, atau ingin meningkatkan penjualan. 

Tujuan yang jelas memudahkan kamu merancang iklan yang sesuai dengan kebutuhan. 

2. Tentukan Target Audiens

Nah, kalau sudah tahu tujuan kamu memasang iklan, selanjutnya tentukan juga target audiens yang mau diraih. 

Iklan yang mau kamu pasang ditujukan untuk siapa? Berapa usianya? Laki-laki atau perempuan? Apa minat dan keutuhan mereka?

cara promosi untuk jangkau pelanggan generasi milenial dengan tiktok marketing

3. Kenali Cara Kerja TikTok

TikTok menampilkan video dengan durasi pendek yang dilengkapi filter dan backsound yang bisa dipilih sesuai selera. 

Jika engagement atau interaksi yang dihasilkan dari sebuah konten besar, seperti jumlah like, komen, dan share. Maka semakin besar pula kemungkinan konten menjadi viral, apalagi kalau berhasil masuk halaman FYP.

Ketika konten masuk FYP Tiktok, sudah tentu akan ada lebih banyak penonton dan hal ini bisa mendukung keberhasilan strategi promosi yang kamu terapkan.

4. Miliki Data Analytic TikTok

Selanjutnya, kamu perlu memiliki data analytics terkait iklan yang dibuat, seperti jumlah like, komen dan share

Jangan lupa, perhatikan juga jam FYP TikTok agar kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk meluncurkan ads

Untuk bisa melakukan analisis insight, kamu bisa melakukannya dengan mengubah akun biasa menjadi akun bisnis atau akun profesional. Kemudian, masuk ke menu pengaturan dan privasi, klik kreator, lalu pilih analisis. 

Nah, pada bagian analisis tersebut, kamu bisa melihat performa tiap konten yang kamu buat.

5. Biaya Iklan TikTok Ads

Biaya untuk memasang iklan di TikTok ads juga harus kamu perhatikan lho, jangan sampai salah mengatur iklan dan mengakibatkan biaya iklan jadi besar.

Ada beberapa macam metode budget yang bisa kamu pilih berdasarkan jenis iklan. 

Lebih baik, pelajari dulu berbagai jenis iklan yang tersedia di TikTok ads, berapa biayanya, baru kemudian kamu mulai memasang iklan. 

keuntungan menggunakan tiktok marketing

6. Keuntungan Menggunakan TikTok Marketing

Tersedianya berbagai fitur kreatif yang dapat kamu manfaatkan untuk memaksimalkan kinerja konten, terutama jika konten video bertujuan untuk promosi dan pemasaran. 

Tentunya hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga dalam menciptakan konten yang kekinian, serta bisa meningkatkan brand of voice dan brand awareness

7. Buat Konten yang Menarik, Otentik, dan Kreatif

Konten memiliki peranan penting dalam proses promosi produk, jasa, layanan, atau bisnis. Hanya konten yang otentik, menarik, dan kreatif, yang bisa mencuri perhatian audiens dan membuat mereka jadi mengenal bisnis kamu melalui konten-konten tersebut.

Bahkan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan dari kalangan generasi milenial, TikTok bisa menjadi media yang tepat, asalkan cara kamu menarik perhatian mereka juga tepat. 

Tertarik menggunakan TikTok sebagai media promosi dan pemasaran online? Tunggu apa lagi! Langsung eksekusi saja cara promosi di TikTok dengan TikTok ads di atas. Jangan lupa, pelajari juga berbagai jenis iklan biar iklan kamu di TikTok ads lebih tepat sasaran. Yuk, langsung klik link artikel ini: Jenis Iklan di TikTok Ads untuk Promosi Efektif. Lalu jangan lupa cari tahu juga Cara Mudah Setting TikTok Ads dan Optimalkan Profil TikTok Bisnis.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua