Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Menyusun Career Planning untuk Masa Depan Cerah
Career Development

Cara Menyusun Career Planning untuk Masa Depan Cerah

Jasmi24 Jan 233 menit membaca

Masa depan cerah tidak dibangun dengan sekejap begitu saja. Membutuhkan banyak upaya, kerja keras hingga jatuh bangun untuk mendapat hasil terbaik. Bersyukurlah bagi Anda yang terbiasa memutuskan sesuatu, menjalankannya, dan hasilnya sesuai harapan. 

Kalaupun belum sesuai harapan, Anda bisa merancang kembali perencanaan karier Anda. Career planning adalah proses di mana Anda memilih career goals (sasaran-sasaran karier) dan career path (jalur karier).

cara menyusun career planning

Nah, pada ulasan kali ini, QuBisa sebagai platform belajar online Indonesia yang memiliki program keterampilan sukses milenial (KSM), dan keterampilan digital milenial (KDM) akan mengajak Anda untuk mengetahui tata cara menyusun career planning untuk masa depan cerah

Tips Membuat Career Planning

Jika diperhatikan, tak semua orang peduli, dan memiliki career planning atau biasa juga disebut rencana karier. Bahkan setelah lulus sekolah saja masih bingung dengan rencana karier seperti apa yang harus dijalani. Padahal, sesuatu yang direncanakan hasilnya akan lebih baik daripada tanpa rencana sama sekali. Begitu pula dalam membangun karier. 

Dibutuhkan banyak perencanaan agar karier Anda berjalan sesuai harapan. Dimulai dari langkah-langkah berikut ini!

Pengenalan Diri

Pernahkah Anda melamar pekerjaan, dan bingung ketika ditanya bidang apa yang sangat dipahami? Mau menjawab akan tetapi timbul keraguan. Menjawab apa adanya takut menimbulkan efek negatif pada posisi yang diincar. Serba membingungkan. 

Oleh sebab itu, Anda harus mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Misalnya seperti apa kualitas yang ada pada diri Anda. Dengan begini Anda lebih tahu bidang apa yang sangat dipahami, dan bakat apa yang dimiliki. Kemudian hobi apa yang sangat disukai, hingga kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Pengenalan diri yang baik akan membuat Anda tahu pekerjaan apa yang paling tepat untuk membangun karier.

Menemukan Karier yang Tepat, dan Sesuai Keinginan

Cari dan lihat pekerjaan apa yang sesuai dengan bakat dan skill Anda. Jika Anda yakin pada pengenalan diri, maka akan sangat mudah mengetahui pekerjaan yang cocok. Selain itu, pekerjaan paling disukai, dan diminati akan berimbas pada semangat kerja di kemudian hari. Kerja tidak sesuai harapan dan pendidikan, membuat Anda kurang semangat menjalaninya. 

Berbeda dengan pekerjaan sesuai hobi atau passion, jatuh berkali-kali akan dijadikan cambuk untuk lebih semangat bergerak kembali. Karier yang sesuai keinginan memang tidak mudah ditemukan. Namun, sekali Anda menemukannya, bisa menjadi jalan ke arah masa depan lebih baik.

career planning untuk masa depan yang cerah

Lakukan Tes Kecocokan Karier

Tes kecocokan pekerjaan tentu saja bisa dicoba dengan melakukan kerja part time, dan magang di perusahaan, atau tempat yang sesuai minat kesertaan Anda. Perlu diingat, melakukan magang juga tidak boleh sembarangan. Pilih tempat yang benar-benar diinginkan. Jika masih banyak ditolak, Anda bisa mencoba pilihan kedua. 

Apabila sudah mendapatkannya, lakukan magang dengan serius. Siapa tahu perusahaan, atau tempat magang malah merekrut Anda menjadi karyawan tetap, setelah melihat kinerja yang bagus. Karena saat ini banyak perusahaan merekrut pegawai dari karyawan magang. Melakukan magang akan membuat Anda tahu minat, dan karier seperti apa yang tepat.

Menentukan Visi

Langkah berikutnya untuk contoh rencana karier yang akan membuat Anda meraih impian, yaitu menentukan visi Anda. Visi membantu Anda lebih fokus dalam bekerja. Kemudian mengenali kelebihan, dan kekurangan pada diri Anda. 

Jangan lupakan masa lalu, baik itu kegagalan maupun kesuksesan yang telah diraih. Mengingatnya akan membuat Anda tahu kelemahan Anda, dan bagaimana mengatasinya apabila terjadi lagi di kemudian hari.

Career planning akan berjalan sesuai harapan apabila dijalankan secara maksimal. Untuk itu butuh pengorbanan, kerja keras, dan pantang menyerah. Rencana yang berjalan dengan bagus akan menentukan ke arah mana masa depan Anda. Apakah jalan di tempat, atau melejit. Setiap rencana yang memiliki tujuan jelas akan meminimalkan segala risiko.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua