Unduh Aplikasi QuBisa
Mengatasi Rasa Takut Saat Harus Melakukan Public Speaking
Career Development

Mengatasi Rasa Takut Saat Harus Melakukan Public Speaking

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Public speaking atau kemampuan berbicara di depan publik merupakan suatu kemampuan yang sudah harus dikuasai seiring berkembangnya zaman. Teknik public speaking juga terdiri dari beberapa macam. Namun, bagi sebagian orang, berbicara di depan umum bukanlah suatu hal yang mudah. Artikel QuBisa kali ini akan membantu Anda mengatasi rasa takut saat harus melakukan public speaking.

Mengatasi Rasa Takut Saat Harus Melakukan Public Speaking

Berlatih dan Melakukan Persiapan dengan Baik

Cara pertama untuk mengurangi ketakutan dalam public speaking adalah dengan berlatih dan melakukan persiapan sebaik mungkin sebelum Anda melakukan presentasi dan berbicara di depan banyak orang. 

Untuk membiasakan diri nyaman saat harus berbicara di depan orang lain, mintalah keluarga, teman dekat, atau orang yang Anda percaya untuk menemani Anda latihan. Ciptakan suasana seolah-olah mereka menjadi audiens, sementara Anda perlu membawakan presentasi dan menyampaikan informasi kepada mereka.

Dalam melakukan latihan public speaking, minta juga orang-orang yang menemani Anda latihan tersebut untuk memberikan saran dan kritik yang membangun, mulai dari cara Anda membawakan presentasi, penguasaan materi, vokal ketika berbicara di depan umum, penampilan, gestur, dan sebagainya

Dengan berlatih public speaking dan mempelajari 3 aspek menjadi public speaking yang semnpurna berdasarkan Aristoteles, Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang sudah baik serta hal-hal yang masih harus diperbaiki agar hasilnya semakin maksimal. Semakin sering latihan akan membuat Anda semakin percaya diri ketika berbicara di depan umum.

Beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kemampuan public speaking, di antaranya:

merancang sedetail mungkin dalam bentuk mind mapping

Mind Mapping dan Perencanaan Detail

Mind mapping dan perencanaan detail sangat penting supaya Anda dapat tampil dengan baik dan semuanya berjalan lancar sesuai ekspektasi. Jadi alangkah baiknya beberapa hari sebelum Anda menjadi public speaker, Anda sudah menyiapkan dahulu bahan dan materi yang mau dibicarakan. 

Kemudian juga merancang sedetail mungkin dalam bentuk mind mapping, apa saja yang perlu Anda lakukan, mulai dari pakaian yang dikenakan, cara membuka presentasi agar menarik perhatian, dan sebagainya.

Untuk membuat materi presentasi yang menarik, coba Anda pelajari dari beberapa kursus online gratis di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

Jangan lupa bangun dan tingkatkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri tumbuh karena kesiapan. Dalam hal ini, karena Anda telah melakukan persiapan dengan baik terkait materi presentasi, bahan yang akan dibicarakan dan dijadikan pembahasan, dan sudah latihan. Semakin siap diri Anda, semakin tinggi tingkat kepercayaan diri, dan hasilnya tentu Anda bisa tampil optimal saat berbicara di depan umum.

mengurangi rasa takut apalagi gugup saat berbicara di depan umum

Cari Cara Menenangkan Diri Paling Nyaman Ketika Merasa Gugup

Ketika Anda memiliki kemampuan berbicara di depan umum, hal ini bisa saja menjadi penentu karir Anda kedepannya. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik setiap ada kesempatan. Jika ada rasa takut, lakukan hal-hal yang bisa mengurangi rasa takut apalagi gugup saat berbicara di depan umum

Anda perlu menemukan cara menenangkan diri paling nyaman ketika merasa gugup, misalnya dengan minum air hangat beberapa saat sebelum tampil, memastikan sudah mengenakan pakaian yang nyaman, menyemangati diri dengan kata-kata positif atau memberi afirmasi yang menenangkan sesaat sebelum berbicara di depan orang banyak.

Jangan Memikirkan Reaksi Audiens

Salah satu penyebab ketakutan dalam berbicara di depan umum adalah karena Anda terlalu memikirkan bagaimana reaksi audiens nanti ketika Anda tampil. Padahal, kepercayaan diri Anda justru akan membantu memancarkan aura positif ke audiens sehingga mereka tak akan merasa ada yang salah dari cara Anda berbicara atau menyampaikan materi.

Jalani saja apa yang harus Anda jalani. Toh sebelumnya Anda sudah berlatih dan mempersiapkan diri. Selain itu, buat diri Anda enjoy ketika berbicara agar Anda bisa membawakan materi presentasi dengan bahagia.

Demikian cara mengatasi rasa takut saat harus melakukan public speaking. Meskipun Anda masih memiliki jam terbang sedikit sebagai public speaker dan masih belajar teknik public speaking yang baik, teruslah berlatih, karena semakin sering Anda melakukannya maka Anda akan terbiasa.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua