Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Mengatasi Masalah Bagi yang Sudah Terlanjur Cinta Mati
Artikel
Motivation

Cara Mengatasi Masalah Bagi yang Sudah Terlanjur Cinta Mati

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Dalam percintaan, membangun relationship management membutuhkan perhatian khusus dan memang perlu meluangkan waktu juga, mengingat ada perasaan dan hati dari masing-masing individu yang terlibat. Perbedaan dalam sudut pandang, pemikiran, dan sebagainya, tentu akan selalu ada, dan biasanya perbedaan inilah yang kemudian menimbulkan konflik. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah dengan pasangan jika sudah terlanjur cinta mati?

Problematika dalam Hubungan Cinta Mati

Ada banyak problematika yang bisa timbul dalam hubungan cinta mati. Menurut Aurora Isabelle, M.Psi, psikolog, dalam tayangan video berjudul Problematika dalam Hubungan Cinta Mati, mengatakan bahwa intens love bisa membutakan, membuat Anda atau pasangan Anda malah merusak inner yang ada di dalam diri masing-masing 

Salah satu tanda Anda terlibat hubungan cinta mati adalah munculnya perasaan cinta yang diberikan pasangan kepada Anda tidak sebesar cinta yang Anda berikan. Ketika perasaan ini muncul, maka keinginan untuk membandingkan ikut pula hadir, seperti kenapa cuma Anda yang melakukan segala sesuatunya, kenapa cuma Anda yang bekerja untuk keluarga sementara pasangan tidak, dan sebagainya.

 

Cara Mengatasi Problem dalam Hubungan dengan Pasangan

Walaupun wajar jika terjadi masalah dalam suatu hubungan percintaan, tetap saja Anda perlu mencari cara mengatasi problem tersebut. Karena jika masalah kecil yang dibiarkan berlarut-larut dan tak segera diselesaikan, akan memberi banyak dampak negatif dalam kehidupan Anda dan pasangan. 

Apakah Anda termasuk sebagai orang yang sedang mengalami cinta mati? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi isu yang timbul dalam hubungan cinta dan hati.

Jangan Habiskan Cinta Anda Hanya untuk Dirinya

Mulailah belajar mencintai pasangan seadanya atau sewajarnya saja. Agar saat suatu hari Anda harus melepaskan kekasih, Anda bisa merelakan kepergiannya dengan ikhlas. Selain itu, Anda pun akan lebih mudah untuk menerima segala perbedaan yang ada.

Sebab, mencintai dengan kadar yang cukup juga bisa dikaitkan dengan belajar memahami keadaan, bahwa tidak selamanya apa yang Anda rencanakan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Hal ini juga termasuk bahwa apa yang Anda miliki saat ini, belum tentu dimiliki selamanya. Pelajari dampak cinta mati dan mulailah bertumbuh menjadi pribadi yang menciptakan hubungan lebih bahagia bersama pasangan.

Berbicara dan Saling Terbuka Menjadi Kunci Pasangan Bahagia

Untuk menghindari masalah seperti cemburu yang berlebihan, rasa tidak percaya, selalu curiga pada pasangan, mulai membanding-bandingkan pasangan Anda dengan orang lain, menceritakan masalah di media sosial, dan lain sebagainya, belajarlah untuk berkomunikasi lebih baik atau secara dua arah dengan pasangan Anda. 

Sudah menjadi rahasia umum jika komunikasi merupakan kunci utama langgengnya sebuah hubungan. Maka komunikasikan semuanya secara terbuka dengan pasangan, mulai dari bagaimana seharusnya Anda dan pasangan saling mencintai, hal-hal yang perlu diperhatikan dan penting dalam menjaga hubungan Anda berdua, kondisi keluarga, dan sebagainya.  

Luangkan waktu khusus untuk berkomunikasi dengan pasangan, seperti saat menghabiskan waktu berdua di akhir minggu, atau pillow talk sebelum tidur.

Belajar untuk Saling Memaafkan

Permasalahan atau pertengkaran yang timbul antara Anda dengan pasangan bisa saja terjadi karena tidak ada yang mau mengalah dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat, sehingga membuat salah satu pihak merasa terluka atau tak dihargai.

Cobalah mengendalikan ego Anda dan berpikir dengan tenang. Ambil waktu sejenak dan renungkan apa yang menjadi penyebab masalah itu timbul. Jika Anda sudah menemukan jawabannya, dan ternyata Anda yang menjadi pemicu konflik, maka jangan segan untuk meminta maaf terlebih dahulu kepada pasangan. 

Dalam hubungan, menurunkan ego, mengakui kesalahan, dan tidak berbuat seolah ingin menang sendiri, merupakan hal penting yang bisa mengatasi permasalahan yang ada. Sebab, hubungan bukanlah ajang berlomba siapa yang menang dan siapa yang kalah.

Belajar untuk Melepaskan

Siapa yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang? Siapa pula yang bisa menolak kematian? Jika peristiwa ini menimpa Anda, maka bersiaplah untuk melepaskan. 

Hal ini juga berlaku bagi kisah cinta yang menyakitkan seperti diputuskan oleh pasangan saat sedang sayang-sayangnya. Bisa juga tiba-tiba pasangan Anda berselingkuh dengan orang lain dan memutuskan untuk meninggalkan Anda. Bagi yang menjalani long distance relationship (LDR) juga perlu memahami ini. 

Ketika saat itu tiba, belajarlah untuk mempersiapkan diri Anda jauh-jauh hari, sebagai antisipasi kemungkinan yang bisa membuat Anda terluka. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua