Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Membuat Website dan Manfaatnya
Artikel
Web Development

Cara Membuat Website dan Manfaatnya

Monica Anggen24 Jan 237 menit membaca

Anda pasti sudah sering mendengar kata website, bahkan mengaksesnya hampir setiap hari. Situs web berperan untuk berbagi informasi penting dan aktual, sehingga masyarakat lebih mudah mengetahui apa yang sedang terjadi. Selain itu, website juga dapat digunakan dalam mempromosikan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membuat website dan manfaatnya.

Alasan Mengapa Website Penting bagi Pelaku Bisnis?

Saat ini sebagian besar pelanggan, terutama dari kalangan generasi milenial dan generasi Z berharap dapat dengan mudah menemukan informasi produk melalui internet. Kemudian bisa membelinya secara online. Nah, melalui website Anda dapat memperkenalkan produk dan menjangkau pelanggan potensial dengan tepat.

Di sisi lain, pembuatan situs web untuk digital marketing pun bisa membantu meningkatkan personal branding dan mencapai angka penjualan yang diharapkan. Namun, tentu saja Anda perlu melakukan optimasi pada website agar mampu bersaing dengan kompetitor di mesin pencarian. Anda juga harus memperhatikan website kompetitor agar mendapatkan gambaran yang jelas mengenai strategi digital marketing produk Anda kedepannya.

cara membuat website

Langkah-langkah Membuat Website

Ada banyak artikel atau tutorial belajar membuat website dengan mudah yang bisa diikuti dari internet. Bahkan Anda bisa mempelajarinya melalui kursus online gratis. Ya, membuat website tidak harus melalui penggunaan jasa developer atau programmer. Anda bisa membuatnya sendiri, termasuk landing page, walaupun Anda tidak paham coding.

Berikut beberapa cara membuat website yang harus diperhatikan agar situs web Anda terlihat lebih profesional.

Memilih CMS atau Platform yang Tepat

Saat ini sudah banyak tersedia content management system (CMS) yang menawarkan kemudahan untuk Anda membangun website, seperti platform WordPress, Drupal, atau Joomla. Yang mana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan matang platform apa yang akan digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan Anda menguasai setiap fitur dari platform tersebut agar Anda lebih mudah dalam memelihara dan mengoptimasi website.

Menentukan Nama Domain dan Hosting

Nama domain harus mencerminkan produk, layanan atau personal branding yang Anda inginkan, sehingga pelanggan dapat menemukan bisnis Anda pada mesin pencari. Umumnya, konsumen mengharapkan nama domain yang sama dengan nama bisnis atau produk Anda karena lebih mudah untuk ditemukan.

Agar terlihat profesional, Anda dapat menggunakan nama domain website sebagai alamat email bisnis. Anda juga perlu menyewa hosting. Domain dan hosting biasanya dijual bersamaan dengan biaya tertentu, sesuai dengan jenis ekstensi domain dan kapasitas storage hosting yang diinginkan. Kemudian, harus diperpanjang setiap tahunnya.

Melakukan Proses Instalasi dan Konfigurasi Website

Setelah melakukan pembelian hosting dan domain, Anda perlu melakukan instalasi Content Manajemen System (CMS) dan mulai mengelola tampilan utama website. Ada banyak tutorial yang dapat Anda temukan di internet dan membantu dalam melakukan proses instalasi. Anda juga dapat bertanya kepada para ahli dengan bergabung di forum-forum web developer.

Mengisi Konten dan Melakukan Optimasi

Ini merupakan salah satu tips penting membuat website, yaitu adanya konten dan optimasi. Setelah memiliki website, Anda perlu mengisi konten berupa informasi mengenai produk Anda, company profile dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda pun harus melakukan optimasi agar website Anda menduduki peringkat atas di mesin pencarian. Pastikan Anda memberikan detail kontak yang benar agar memudahkan pelanggan untuk menghubungi.

Manfaat website untuk bisnis

Manfaat Website untuk Bisnis Anda

Selain sebagai tempat berbelanja secara online, website ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi pelaku bisnis sebagai berikut.

Membangun Personal Branding

Melalui website, Anda dapat memperkenalkan citra diri atau disebut juga dengan personal branding. Jika branding yang Anda perkenalkan kepada masyarakat baik, maka akan berdampak baik pula pada produk yang dikembangkan. Personal branding positif juga menambah kredibilitas bisnis, sehingga pelanggan akan percaya dan bersedia menggunakan produk yang Anda promosikan.

Menyediakan Informasi yang Relevan

Selain personal branding, situs web juga berfungsi untuk menyediakan informasi yang relevan mengenai bisnis Anda. Anda dapat membuat artikel mengenai keunggulan produk, testimoni pelanggan dan hal-hal lainnya, seperti penawaran khusus atau diskon kepada konsumen.

Sebagai Platform Pemasaran Digital

Di zaman serba digital saat ini, para pelaku bisnis telah beralih dari media promosi tradisional ke media promosi digital. Oleh sebab itu, website bisa dijadikan salah satu media promosi atau digital marketing yang tentunya akan menghemat biaya pemasaran. Anda tidak perlu mencetak brosur dan lain sebagainya, melainkan pelanggan akan datang sendiri kepada Anda melalui informasi yang diakses pada mesin pencari.

Menghasilkan Profit

Setelah melakukan optimasi SEO baik On Page maupun Off Page pada situs web, Anda dapat mendatangkan trafik pengunjung yang tinggi. Nah, hal ini bisa dijadikan konversi jika pengunjung tersebut memutuskan untuk membeli produk yang dipasarkan melalui website Anda. 

Dalam jangka waktu yang lebih lama, website juga berkesempatan menghasilkan uang dari Google Ads Express, tentunya setelah Anda mendaftarkan website Anda dan disetujui oleh pihak Google.

Saat ini tutorial tentang cara membuat website banyak tersedia di internet. Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu memiliki situs web untuk mempromosikan produk Anda dan menjangkau pelanggan yang lebih luas. 

Cara mudah membuat website adalah dengan memilih platform sesuai kebutuhan Anda. Kemudian mendaftarkan nama domain dan memilih hosting. Ditambah lagi melakukan instalasi dan mengisi konten serta optimasi. 

Jika Anda membutuhkan informasi terkait membangun website untuk bisnis, maka cobalah untuk mempelajarinya di QuBisa. Platform belajar online Indonesia yang memiliki banyak pilihan kursus, maupun webinar gratis dan berbayar. Di QuBisa, Anda juga dapat meningkatkan kemampuan digital melalui program keterampilan digital milenial (KDM), serta keterampilan sukses milenial (KSM).

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua