Unduh Aplikasi QuBisa
TikTok Shop: Apa Itu dan Cara Daftar TikTok Shop
Artikel
Social Media Marketing

TikTok Shop: Apa Itu dan Cara Daftar TikTok Shop

Punto Wicaksono28 Jul 233 menit membaca

Apakah TikTok shop harus ada minimal followers? Untuk membuat TikTok shop tidak ada minimal follower kok. Kamu bisa langsung membuat TikTok shop dengan melakukan pendaftaran akun TikTok seller. Caranya langsung pelajari dalam penjelasan di artikel ini ya.

Apa Itu TikTok Shop?

TikTok shop adalah fitur social commerce yang mempermudah pengguna dan kreator untuk mempromosikan produk, bahkan menjual produk secara langsung di TikTok. 

Kamu bisa menggunakan TikTok shop apabila kamu pengguna TikTok bisnis. Cukup banyak manfaat yang akan kamu dapatkan kalau menggunakan TikTok shop

Salah satunya, konsumen bisa langsung melakukan pembelian dalam aplikasi yang sama ketika mereka tertarik dengan promosi yang kamu lakukan. Kemudahan ini tentunya dapat membantu meningkatkan omzet penjualan. 

Selain itu, kamu bisa menjual beragam produk selama tidak menyalahi aturan di TikTok. Mau itu produk fashion, makanan ringan, bisnis frozen food, benda-benda elektronik, hingga perabotan rumah tangga.

Cara Membuat Toko di TikTok Shop

1. Buat Akun TikTok Seller

Kunjungi situs web https://seller-id.tiktok.com/ melalui gadget kamu. Kemudian pilih menu sign up sebagai seller TikTok. 

Untuk mendaftar sebagai seller, kamu bisa menggunakan akun pribadi yang sudah ada maupun membuat akun TikTok seller baru. 

Ada menu sign up with phone & email. Apabila sudah terdaftar, kamu bisa segera melakukan login.

mendaftar sebagai seller

2. Lengkapi Informasi Toko

Setelah berhasil login pada akun seller, lengkapi informasi toko. Isi lokasi atau alamat toko beserta nomor kontak yang bisa dihubungi. Lalu tekan tambah produk pertamamu atau start to add products.

3. Lakukan Verifikasi Akun TikTok Seller

Sebelum produk yang kamu tambahkan bisa muncul di katalog toko TikTok, kamu harus melakukan verifikasi dokumen terlebih dulu. Caranya:

  • Klik unggah dokumen. Lalu pilih kategori yang sesuai. Ya, ada kategori badan korporasi dan penjual individu. Untuk itu, siapkan dokumen yang dibutuhkan. 
  • Untuk badan korporasi harus ada nomor induk usaha yang asli juga fotokopi. 
  • Untuk penjual individu, kamu perlu menyiapkan copy / scan KTP depan belakang atau paspor. Kamu bisa mengunggah KTP dalam format pdf, jpeg, jpg, dan PNG. Pastikan KTP terlihat jelas dan ukurannya tidak melebihi 10 MB. 
  • Periksa semua data yang sudah kamu input dengan detail, karena kamu tidak bisa mengubah data yang sudah disubmit lho. Jika semua sudah benar, baru klik “Submit”.

4. Menambahkan Produk ke TikTok Shop

Ingin menambahkan produk lagi? Kamu bisa melakukannya setelah verifikasi berhasil. Caranya:

  • Masuk ke homepage.
  • Pilih add first product, lalu add product
  • Masukan deskripsi produk, nama produk, kategori, dan pilih brand

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan brand baru ke TikTok shop setelah mengunggah dokumen kepemilikan atau hak penjualan. 

Kalau tidak punya, kamu dapat memilih no brand. Setelahnya, tambahkan foto produk dan deskripsi singkat untuk memudahkan pelanggan dalam berbelanja. Foto produk yang diunggah bisa sampai 9 foto dengan rasio upload 1:1.

Jika menggeser halaman pendaftaran produk ke bawah, kamu juga dapat menambahkan informasi detail variasi produk. Misal kamu menjual t-shirt dengan warna dan ukuran beragam, kamu bisa menambahkannya.

informasi rekening bank di smartphone

5. Menghubungkan ke Rekening Bank

Supaya mempermudah dalam menerima penghasilan berjualan di TikTok Shop, kamu perlu mendaftarkan rekening bank di menu bank account, lalu klik account. Lanjutkan step by step sampai rekening berhasil tertaut.

Tertarik menjual produk melalui TikTok Shop? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Selain itu terapkan juga cara promosi di TikTok dengan mempelajarinya di sini: Mau Promosi Produk di TikTok? Cek di Sini Caranya, Yuk. Atau jika saat ini penjualan sudah lumayan dan kamu ingin lebih meningkatkannya lagi, maka terapkan saja 5 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua