Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Membuat Judul yang Menarik untuk Konten YouTube
Content Marketing

Cara Membuat Judul yang Menarik untuk Konten YouTube

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Sejak terjadinya era disrupsi teknologi, banyak profesi baru bermunculan dan menjadi cita-cita sebagian generasi muda. Salah satu profesi yang digandrungi adalah menjadi YouTuber milenial kaya raya dari hasil AdSense. Ya, penghasilan AdSense dari channel YouTube yang populer memang menggiurkan. Hanya saja dibalik semua kesuksesan yang didapat, ada konsisten yang harus dipupuk.

Tak hanya mengetahui dampak buruk mengganti nama channel YouTube dan berhasil melakukan monetisasi channel dengan mendaftar di YouTube Partner Program. Anda juga harus memahami cara kerja Algoritma YouTube. Selain itu, pastikan Anda sudah tahu cara menyajikan konten menarik dan bermanfaat, membuat judul yang menarik. Kemudian, menambahkan deskripsi, YouTube thumbnail, hingga memasukkan tag di video YouTube yang akan diunggah.

Tips Memilih Judul yang Tepat dan Menarik Agar Konten YouTube Anda Disukai

Jika tak ingin mengalami fenomena YouTube dapat banyak views tapi subcribers sedikit, hingga mengalami penurunan penghasilan dari penayangan iklan, Anda tak boleh mengandalkan judul yang clickbait saja. Mengapa? Selain tidak akan bertahan lama, lambat laun audiens akan paham jika judul Anda tidak sesuai dengan isi video. Akhirnya, mereka enggan untuk memutar video yang berasal dari channel Anda.

Bagaimana cara membuat judul yang menarik? Simak ulasannya pada artikel QuBisa berikut ini:

kata kunci yang relevan pada youtube

Menggunakan Kata Kunci yang Relevan

Saat menentukan judul untuk konten YouTube Anda. Anda perlu melakukan riset keyword selayaknya membuat artikel menggunakan teknik seacrh engine optimization (SEO). Kata kunci merupakan salah satu hal penting dalam algoritma mesin pencari. Ada beberapa tools, seperti Google keyword planner, UberSuggest, Semrush, Ahrefs, hingga Google trends, yang bisa Anda gunakan untuk riset.

Carilah kata kunci yang relevan dan letakkan di awal judul. Namun, jangan terlalu banyak memasukkan keywords di dalam judul. Google atau mesin pencari bisa menganggapnya sebagai kegiatan spamming.

Judul Mendeskripsikan Isi Konten Anda

Tak hanya kata kunci, judul yang menarik tentunya harus mendeskripsikan isi atau maksud dari konten Anda. Jangan sampai penonton merasa kecewa karena antara judul dengan isi konten video Anda justru berlainan. Anda bisa membuat judul yang menjawab permasalahan audiens. Ya, cobalah memposisikan diri Anda sebagai penonton.

Contoh judul yang menjawab pertanyaan audiens dan sesuai konten adalah bagaimana cara memulai investasi properti bagi pemula? Kemudian bagaimana membersihkan beauty blender dan spons bedak?

Perhatikan Panjang Judul

Walaupun YouTube tidak membatasi panjang karakter pada kolom judul, namun Anda harus tetap konsisten menerapkan kaidah SEO Google. Upayakan untuk selalu konsisten menggunakan judul yang panjangnya tidak lebih dari 60 karakter. Selain lebih mudah ditemukan, judul dengan panjang 60 karakter akan membuat Anda efektif dalam memilih kata yang potensial dan tidak terpotong di mesin pencari.

gunakan youtube thumbnail

Menggunakan YouTube Thumbnail

Judul Anda akan semakin menarik perhatian dan mudah ditemukan oleh penonton ketika Anda memasukkannya pada YouTube Thumbnail. Jadi, buatlah custom thumbnail supaya bisa menambahkan judul pada kolom gambar cuplikan video Anda. Jangan lupa untuk memilih font yang sesuai dan enak dipandang. Ada banyak tips membuat thumbail YouTube yang menarik yang bisa Anda pelajari di internet.

Menggunakan Angka dan Tanda Kurung

Pada waktu tertentu, Anda bisa mencoba menambahkan angka di depan judul dan tanda kurung juga. Penempatan angka, terutama angka ganjil dan tanda kurung, nyatanya bisa membantu meningkatkan klik rasio tayang dari konten YouTube Anda. Misalnya saja 7 Cara Menggunakan Hijab Segiempat untuk Tampil Formal atau 5 Jenis Teks Bahasa Indonesia.

Itulah cara membuat judul yang menarik untuk konten YouTube Anda, sehingga membantu channel Anda terus berkembang dan penghasilan AdSense semakin meningkat. Selamat mencoba!

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua