Unduh Aplikasi QuBisa
Meningkatkan Visibilitas Website dengan Memahami 3 Cara Kerja Mesin Pencari
Artikel
Digital Marketing

Meningkatkan Visibilitas Website dengan Memahami 3 Cara Kerja Mesin Pencari

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Hampir semua pemilik website, ingin website-nya muncul di mesin pencari. Lebih bagus lagi kalau setiap ada pengguna internet yang mengetikkan kata kunci (kueri) tertentu dan website kamu yang muncul pertama. Supaya hal ini terjadi, tentu kamu perlu memahami cara kerja search engine. Nah pertanyaannya, apa saja 3 cara kerja mesin pencari yang mempengaruhi visibilitas website di search engine?

3 Cara Kerja Mesin Pencari yang Mempengaruhi Visibilitas Website di Search Engine

Crawling

Crawling merupakan salah satu proses penting yang akan menentukan visibilitas website di mesin pencari. Jika website tidak bisa dirambati robot Google, maka proses pengumpulan data web menjadi terganggu dan halaman pada website kemungkinan sulit terindeks di mesin pencari.

Pengertian crawling adalah proses bot Google atau crawler melakukan perambatan untuk mengumpulkan data yang tersedia di setiap halaman website, mulai judul, URL, image, internal link, backlink, keyword, anchor teks, dan sebagainya. Setiap proses crawling akan mengumpulkan data yang berbeda. Nanti data yang berhasil dikumpulkan ini akan menentukan, apakah website kamu mudah ditemukan di mesin pencari atau tidak.

Indexing

Seluruh data yang sudah dikumpulkan dari proses crawling akan masuk dalam database atau index Google, yang dikelompokkan berdasarkan keyword tertentu. Proses ini disebut dengan proses indexing.

Dengan kata lain, indexing adalah proses memasukkan data hasil crawling ke dalam database, untuk kelak ditampilkan di halaman pencarian saat ada pengguna internet mengetikkan kata kunci yang sesuai.

pemilihan kata kunci yang tepat memegang peranan penting dalam proses crawling dan indexing

Karena pemilihan kata kunci yang tepat memegang peranan penting dalam proses crawling dan indexing, ada baiknya kamu juga mempelajari beberapa hal berikut ini:

Retrieving dan Pemeringkatan

Ketika kamu mengetikkan kata kunci saat mencari suatu informasi di internet, maka akan muncul daftar hasil pencarian. Seluruh data yang tampil di halaman penelusuran merupakan hasil dari proses crawling dan indexing yang sebelumnya telah dilakukan.

Penentuan ranking atau peringkat berdasarkan 200 faktor yang telah diaplikasikan dalam algoritma Google terkini, sehingga penyesuaian konten dengan pencarian pengguna menjadi lebih relevan. Bagi website yang memenuhi aspek penilaian dari mesin pencari, tentu peringkat web bisa berada pada posisi atas hasil pencarian, dan otomatis bisa membantu peningkatan traffic menuju website.

Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Website 

Faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat website? Ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan, seperti pengaturan schema dan struktur website, setting robot txt yang benar, mengutamakan produksi konten yang berkualitas, kecepatan website, optimasi kata kunci, topik yang relevan, serta yang paling penting mengutamakan user experience.

faktor yang menentukan ranking website

Upayakan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala pada semua aspek penting di dalam website sehingga visibilitas website di mesin pencari terjaga dengan baik. Semakin mudah website kamu ditemukan di hasil pencarian, semakin besar peluang mendapatkan peningkatan traffic, bahkan memperbesar kemungkinan terjadinya konversi.

Kalau kamu ingin meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, coba pahami 3 cara kerja mesin pencari ini, kemudian terapkan panduan yang perlu kamu lakukan, terutama yang berkaitan dengan core web vitals.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai 3 proses utama dalam cara kerja mesin pencari yang bisa meningkatkan visibilitas website di halaman penelusuran. Ada serangkaian proses yang harus dilalui, mulai dari memastikan penerapan SEO On Page dan SEO Off Page yang tepat, memastikan struktur dan schema website sudah sesuai, bahkan perlu pula melakukan pengaturan sitemap.

Bagi kamu yang ingin belajar SEO, bisa juga lho mengikuti kursus online gratis di aplikasi belajar online QuBisa. Ada beberapa materi mengenai SEO, yaitu:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua