Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Kerja dan Manfaat Artificial Intelligence
Artikel
IT & Software

Cara Kerja dan Manfaat Artificial Intelligence

Monica Anggen24 Jan 234 menit membaca

Penggunaan teknologi memang terbukti dapat meringankan pekerjaan manusia. Artificial intelligence (AI) menjadi salah satu teknologi yang banyak diperbincangkan karena kehebatannya. Yang mana dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kecerdasan buatan. AI dapat bekerja mandiri tanpa bantuan manusia.

Saat ini, kecerdasan buatan sudah digunakan untuk berbagai bisnis atau industri, seperti pabrik, hiburan hingga olahraga. Cara kerja dan manfaat artificial intelligence dalam kehidupan manusia saat ini begitu besar. Bahkan kedepannya bukan tidak mungkin akan menggantikan peran manusia untuk mengerjakan sesuatu.

Pengertian Artificial Intelligence

Mungkin, bagi Anda yang belum menguasai keterampilan digital milenial akan bertanya-tanya, apa itu artificial intelligence? AI Merupakan program kecerdasan yang dikembangkan oleh manusia untuk diterapkan pada suatu sistem.

Teknologi ini dirancang agar bisa berpikir layaknya manusia dan melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Setiap orang mungkin memiliki penjelasan mengenai pengertian artificial intelligence yang berbeda-beda. Tapi pada dasarnya, AI merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan agar lebih efektif dan efisien.

Saat bekerja, kecerdasan buatan membutuhkan data-data yang relevan dengan pekerjaan yang harus diselesaikan. Data ini akan menjadi pengetahuan bagi AI, sehingga bisa belajar dan memutuskan sesuatu sendiri, tanpa bantuan manusia. Alasan inilah yang membuat artificial intelligence dianggap sebagai teknologi masa depan.

cara kerja artificial intelligence

Manfaat Artificial Intelligence

Setelah memahami pengertian artificial intelligence, Anda harus mengetahui manfaat dari teknologi ini. Lalu, apa saja manfaat dari AI?

Menghemat Sumber Daya Manusia

Saat artificial intelligence muncul, banyak orang yang khawatir pekerjaannya akan tergantikan oleh teknologi ini. Memang benar, saat ini sudah ada beberapa posisi yang biasanya ditempati manusia telah digantikan oleh AI, contohnya chat bot customer service.

Mulai banyak perusahaan yang menggunakan layanan robot virtual ini untuk berinteraksi dengan konsumennya.

Meminimalkan Kesalahan

AI mampu bekerja dengan tingkat akurasi yang tinggi, dan konsisten. Hal ini tentunya akan meminimalkan kesalahan yang biasanya dilakukan oleh manusia. AI juga dapat mempelajari data dengan jumlah banyak untuk memberikan keputusan terbaik. Oleh sebab itu, penggunaannya bisa mengambil tindakan dalam rangka meminimalisir risiko kerugian.

Membantu Pengotomatisan Pekerjaan

Akan sangat melelahkan jika harus melakukan pekerjaan berulang-ulang dengan ritme tinggi. Nah, penggunaan artificial intelligence akan membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan sendirinya. Dengan kata lain bisa menjadi Strategi Bekerja Sedikit, Hasil Lebih Banyak.

Teknologi ini tidak akan mengalami kelelahan seperti halnya manusia, sehingga bisa bekerja terus-menerus sampai seluruh tugas selesai. Ini yang menjadikan AI sangat layak untuk diterapkan di perusahaan.

Dapat Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat

Dalam proses AI ada istilah learning, reasoning dan self correction. Ketiga poin tersebut akan menjadikan artificial intelligence memiliki pengetahuan luas. Jadi, kecerdasan buatan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan rentang waktu lebih cepat.

Mengapa begitu? Karena teknologi ini bisa belajar dan mengatasi kesalahannya sendiri tanpa menunggu bantuan manusia.

manfaat kecerdasan buatan

Cara Kerja Artificial Intelligence

Sebelum Menerapkan Artificial Intelligence dalam Bisnis, Anda tentu harus mengetahui cara kerjanya dulu. Nah, dalam proses kerjanya, AI akan diberikan banyak data serta algoritma yang membuatnya bisa mempelajari sesuatu sendiri.

Misalnya saja dalam permainan catur yang bisa dimainkan melalui komputer. AI akan diberikan beberapa data untuk nantinya bisa dipelajari.

Setelah itu, kecerdasan buatan akan bertanding catur dengan dirinya sendiri. Nah, saat mengalami kekalahan AI akan mempelajari hal tersebut dan memperbaikinya. Maka tak heran, jika Anda bermain catur melawan komputer, akan sangat sulit untuk dikalahkan.

Dengan memahami pengertian artificial intelligence, kemudian cara kerja dan manfaatnya. Diharapkan Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik melalui pemanfaatan teknologi AI ini dan memiliki Strategi Bekerja Produktif dan efektif.

Apalagi, di Indonesia, teknologi ini mulai banyak diminati oleh pegiat teknologi, karena memang peluangnya sangat besar. Baik di masa sekarang, maupun masa depan. Selain itu, Anda bisa mempelajari tentang artificial intelligence ini melalui webinar gratis, kursus online gratis maupun berbayar, dan program keterampilan sukses milenial yang ada di QuBisa.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua