Unduh Aplikasi QuBisa
Memahami Cara Kerja dan 3 Faktor Penting SEO On Page
Artikel
Web Development

Memahami Cara Kerja dan 3 Faktor Penting SEO On Page

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Jika Anda adalah pemilik website, terutama website yang digunakan untuk operasional bisnis, Anda perlu memahami dengan baik cara optimasi kinerja website agar semakin maksimal. Hal ini berhubungan dengan pencapaian tujuan pemasaran yang lebih luas melalui teknik pemasaran digital atau digital marketing.

Berbicara tentang teknik SEO memang tidak akan ada habisnya. Ada banyak teknik SEO yang bisa diterapkan. Antara pakar SEO yang satu dengan pakar SEO yang lain bahkan punya strategi yang berbeda dalam penerapan search engine optimization

Walaupun ada banyak strategi dan cara dalam menerapkan SEO, terutama SEO on page, tetap ada 3 faktor penting yang harus ada ketika Anda melakukan optimasi pada website bisnis Anda, yaitu riset kata kunci, perbaikan teknis berdasarkan core web vitals di Google Search Console, dan memaksimalkan kinerja halaman website.

3 Faktor Penting dalam SEO On Page

Riset kata kunci alias keyword

Riset Kata Kunci

Cara kerja SEO on page yang paling utama adalah perihal kata kunci alias keyword. Karena bagaimanapun juga, pengguna internet yang memakai mesin pencari pasti menuliskan keyword ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google. 

Untuk itulah Anda harus meriset keyword terlebih dulu sebelum membuat konten, supaya dapat menghasilkan konten organik berkualitas dengan kata kunci terbaik. Saat keyword yang cocok sudah diketahui, Anda bisa mengetahui seberapa besar proyeksi traffic organic yang bisa didapatkan dari konten tersebut..

Pastikan keyword yang dipakai pada sebuah konten memang relevan dengan apa yang hendak Anda tampilkan. Misalnya, Anda berbisnis busana Muslimah. Kata kunci seperti ‘model hijab untuk Ibu muda’, ‘gamis untuk gadis remaja’, tentu sangat berkaitan. Agar makin maksimal, Anda juga bisa mengetahui keyword dari website kompetitor supaya bisa membuat konten unik dan berbeda. Dengan begitu, saat Google melakukan crawling, situs Anda tidak dianggap spam.

Beberapa pembahasan mengenai pembuatan konten yang berkualitas, Anda bisa membacanya pada artikel yang telah tayang di QuBisa, aplikasi belajar online, maupun di berbagai kursus online gratis, seperti:

optimasi halaman website

Perbaikan Teknis

Supaya web crawler lebih cepat memilih konten Anda dan merekomendasikannya di mesin pencarian, lakukan beberapa perbaikan teknis. Biasanya meliputi perbaikan broken link, perbaikan URL yang bermasalah, pengecekan sitemap sampai dengan tidak melakukan kesalahan waktu redirect. Maka, saat konten Anda muncul di halaman pertama, bisa langsung diakses pengguna internet.

Maksimalkan Halaman Website

Ada tiga tugas utama yang dilakukan mesin pencari ketika harus menentukan konten yang layak ditampilkan di halaman pertama dan sesuai dengan query yang digunakan pengguna saat melakukan pencarian. Ketiga hal itu adalah crawling yang bertujuan mengumpulkan informasi dari seluruh website, indexing yang dilakukan web crawler untuk menyimpan informasi ke sebuah entry list, dan ranking yaitu menampilkan peringkat konten yang paling relevan dengan kata kunci.

Nah, agar web crawler mudah mengenali konten yang Anda hasilkan, lakukan optimasi dan maksimalkan kinerja halaman website Anda. Mulai dari penambahan meta title, deskripsi, heading, penulisan alt image, penyebaran density kata kunci, pembuatan konten yang relevan, sampai struktur dari konten itu sendiri.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua