Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Jitu Nego Gaji Jitu Saat Wawancara Kerja
Artikel
Recruitment & Selection

Cara Jitu Nego Gaji Jitu Saat Wawancara Kerja

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Cara nego gaji ketika melakukan wawancara kerja, menentukan berapa besar gaji yang akan Anda dapatkan saat diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu trik dan tips saat negosiasi gaji dengan cara yang benar agar Anda tidak kehilangan peluang.

Tidak bisa dipungkiri, gaji adalah salah satu hal utama yang menjadi alasan seseorang menerima suatu pekerjaan atau tidak. Inilah sebabnya, negosiasi gaji harus dilakukan dengan cara yang benar dan komunikasi yang baik, sehingga bisa mencapai kesepakatan yang sama-sama menguntungkan dan sesuai dengan kualifikasi yang Anda miliki.

Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja dengan Cara Cerdas

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dan persiapkan saat tiba waktunya harus melakukan negosiasi gaji dengan pihak Human Resource yang mewakili perusahaan tempat Anda melamar kerja.

Lakukan Survey untuk Tahu Gaji yang Biasanya Diterima Profesi yang Anda Lamar

Lakukan survey mengenai kisaran gaji yang sesuai dengan posisi yang Anda inginkan. Survey tersebut akan membantu Anda mengetahui range gaji atau take home pay yang biasanya diterima karyawan untuk profesi tertentu.

Periksa juga kisaran UMR dan UMP yang berlaku di kota tempat Anda melamar. Hal lain yang juga perlu Anda pahami, gaji yang akan diterima fresh graduate dengan pelamar kerja yang sudah berpengalaman, sudah tentu berbeda.

cara nego gaji agar berhasil harus melakukan survey terlebih dulu

Jadi jangan memaksakan diri melakukan negosiasi gaji yang tinggi dan tidak relevan dengan kualifikasi Anda. Dengan begini, Anda dapat memperkirakan rasionalitas gaji yang Anda tawarkan, sementara pewawancara juga dapat mempertimbangkan penawaran Anda.

Supaya bisa melakukan negosiasi dengan cara yang tepat dan berpeluang mendapatkan apa yang Anda inginkan, berikut beberapa materi pembelajaran daring yang bisa Anda pelajari:

Bersikap Profesional dan Percaya Diri

Menunjukkan sikap profesional dan percaya diri akan membuat penilaian terhadap Anda lebih baik. Bersikap percaya diri juga menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan yang layak untuk dipertimbangkan dan berpotensi menguntungkan perusahaan.

Ketika bernegosiasi terkait gaji yang ingin Anda peroleh, ungkapkan pula dengan penuh keyakinan bahwa Anda memiliki kemampuan yang berguna bagi kemajuan perusahaan di masa yang akan datang. Jangan lupa, sebutkan proyek yang pernah Anda tangani dan berhasil baik sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut.

Menyebutkan Nilai dengan Spesifik

Cara nego gaji yang jitu selanjutnya adalah dengan menyebutkan nominal yang spesifik. Terkadang jumlah gaji yang Anda inginkan akan ditanyakan ketika mengisi formulir pendaftaran lowongan pekerjaan. Tetapi adakalanya pertanyaan menjadi pembahasan dalam proses wawancara.

Maka, sebutkan saja nominal yang Anda harapkan secara spesifik mengingat kompetensi value yang Anda miliki. Sebagai contoh, Anda menginginkan gaji pada kisaran Rp4.000.000 sampai dengan Rp5.000.000. Hal tersebut akan membuat proses negosiasi lebih optimal.

dalam melakukan negosiasi gaji pastikan menanyakan tunjangan dan fasilitas

Tanyakan Tunjangan yang Kemungkinan Anda Dapatkan

Ketika terlihat bahwa proses negosiasi mencapai ujung, tetapi tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan, jangan langsung menolak penawaran dari HRD atau rekruter. Masih ada satu hal yang perlu Anda cari tahu, yaitu tentang tunjangan dan fasilitas yang bisa perusahaan tawarkan.

Kadang, nominal gaji yang ditawarkan oleh perusahaan jauh lebih kecil dari ekspektasi Anda, namun tunjangan dan fasilitas diberikan perusahaan ternyata bisa membantu Anda meningkatkan, kompetensi dan kapasitas diri Anda. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam menerima posisi yang ditawarkan untuk Anda.

Jangan Terburu-buru

Proses tawar menawar gaji biasanya akan berada di bagian akhir wawancara kerja. Jadi, tunggu saja sampai rekruter atau pewawancara yang menanyakan berapa penghasilan yang Anda inginkan. Sangat dilarang untuk menanyakan tentang gaji di awal sesi wawancara karena bisa membuat Anda seketika itu juga kehilangan kesempatan untuk cepat dapat kerja.

Demikianlah cara jitu nego gaji saat wawancara kerja yang dapat Anda lakukan. Penting bagi Anda untuk bernegosiasi dengan melihat nilai atau value diri, kompetensi yang dimiliki, sekaligus menyesuaikannya dengan berbagai fasilitas yang mungkin bisa Anda dapatkan dan membuat perkembangan diri Anda menjadi lebih pesat. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Semoga berhasil dalam proses interview dan negosiasi gaji yang akan Anda lakukan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua