Unduh Aplikasi QuBisa
7 Cara FYP di TikTok yang Cepat dan Mudah
Social Media Marketing

7 Cara FYP di TikTok yang Cepat dan Mudah

Punto Wicaksono17 Jul 234 menit membaca

Pada artikel sebelumnya, kamu sudah tahu ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau konten videomu masuk di FYP TikTok. Nah, pertanyaannya, Bagaimana cara cepat FYP di TikTok? Cara FYP di TikTok yang cepat, antara lain menggunakan caption menarik, sematkan musik populer, gunakan hashtag viral, awal video bikin penasaran, upload video di jam prime time, dll. Berikut penjelasannya.

7 Cara FYP di TikTok yang Cepat dan Mudah

Jika ingin konten masuk FYP, ikuti tips cara FYP di TikTok yang tim QuBisa bagikan kali ini:

1. Konten dan Caption Menarik

Kalau ingin tahu cara FYP di TikTok, maka hal utama yang perlu kamu pastikan adalah isi konten dan caption harus menarik dan relate dengan audiens.

Konten yang menarik itu bisa berupa konten inspirasi, menghibur, lucu, atau yang bermanfaat bagi orang lain. 

Jenis konten seperti ini biasanya akan mendorong audiens untuk turut membagikan konten kamu ke jaringan pertemanan mereka. 

Beberapa tema yang bisa kamu jadikan ide konten TikTok yang menarik, misalnya:

  • Inspiratif: konten yang bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan sesuatu, cara mengembangkan diri, mengatasi masalah, solusi, dan sebagainya.
  • Motivasi: konten yang bisa mendorong audiens untuk bersemangat mewujudkan cita-cita, memperbaiki diri, meningkatkan kualitas hidup, dll.
  • Mendidik: jenis kontan yang mengajari seseorang untuk melakukan suatu hal, memperbaiki, membuat, berkarya, menggunakan suatu alat, dan masih banyak.
  • Lucu dan menghibur: konten yang bisa membuat audiens merasa senang atau tertawa, dan sejenisnya.

Jangan lupa, sertakan caption yang mengundang orang untuk klik ya. Jenis caption di TikTok ada 2, yaitu caption yang muncul pada deskripsi dalam konten dan caption yang berupa teks.

Maksimalkan keduanya untuk mendorong audiens untuk menonton konten video di TikTok sampai selesai.

2. Sematkan Musik Populer

Penggunaan musik yang lagi tren, populer, dan banyak digunakan pengguna TikTok lain menjadi salah satu cara efektif yang bisa bikin konten video kamu masuk FYP di TikTok.

Di TikTok tersedia banyak musik yang bisa kamu gunakan secara bebas. Selain menggunakan musik yang sudah tersedia, kamu juga bisa membuat musik sendiri, atau mengkombinasikan beberapa musik viral menjadi lebih asyik.

gunakan hashtag viral

3. Gunakan Hashtag yang Lagi Viral

Tagar umum maupun hashtag challenge bisa membantu konten viral dan masuk FYP di TikTok. Cara ini juga bisa membantu meningkatkan visibilitas konten dan membuat pengguna jadi lebih mudah menemukan konten video kamu.

Namun, tetap bijaksana dalam memilih hashtag yang mau digunakan ya. Beberapa tips menggunakan hashtag, yaitu:

  • Gunakan hashtag yang relevan dengan isi kontenmu.
  • 3-5 hashtag sudah cukup, namun harus ada kombinasi antara hashtag viral yang relevan hashtag brand.
  • Hindari menggunakan hashtag semacam #FYP #foryou, dan sejenisnya, karena ini tidak menjamin kontenmu masuk ke FYP TikTok.

4. Awal Video Harus Bikin Penasaran

Untuk bisa masuk FYP TikTok, algoritma TikTok akan melihat durasi menonton seseorang pada videomu. Untuk itu, awal video harus bisa bikin penasaran dan membuat audiens ingin menonton videomu sampai selesai.

Meskipun saat ini durasi video yang ditayangkan di TikTok bisa mencapai 60 detik, tetap pastikan video kamu pendek saja. Daripada membuat satu video berdurasi panjang, lebih baik bikin video pendek-pendek yang bersambung.

bisa bikin penasaran dan membuat audiens ingin menonton videomu

5. Berkolaborasi dengan Kreator Lain

Di Tiktok ada fitur duet yang memungkinkan kamu berkolaborasi dan bikin konten bareng untuk tayang di Tiktok.

Bentuk kolaborasinya, misalnya bikin video duet, melakukan challenge, dan sebagainya. Video duet di Tiktok ini bisa jadi salah satu cara FYP di TikTok lho. 

Sebab video yang dihasilkan otomatis bisa menjangkau followers kamu sekaligus followers teman duetmu.

6. Ikut Trend Hashtag Challenge

Cara FYP di TikTok berikutnya, sering-seringlah ikut hashtag challenge yang sedang berlangsung di TikTok. Challenge di sini bukan cuma joget-joget atau mukbang saja lho. 

Kamu bisa memilih challenge sesuai dengan brand image yang mau kamu bangun. Bahkan cukup banyak challenge mengenai tips atau cara melakukan sesuatu.

7. Posting Video Saat Prime Time FYP TikTok

Posting konten video secara konsisten memiliki pengaruh besar video kamu bisa masuk FYP atau tidak. Itulah sebabnya, bangun kebiasaan untuk memposting konten di TikTok secara terjadwal.

Selain itu, pastikan saat posting video sesuai waktu atau prime time FYP TikTok. Kamu bisa mempelajari kapan jam FYP di TikTok dengan membaca artikel berjudul: Jadwal FYP TikTok, Jamnya, dan Cara Video Viral

FAQ

Q: Apakah menggunakan musik populer selalu meningkatkan peluang masuk ke FYP?

A: Tidak selalu. Namun penggunaan musik populer bisa meningkatkan peluang masuk ke FYP jika video kamu relevan dengan musik yang digunakan.

Q: Berapa banyak hashtag yang sebaiknya digunakan di TikTok?

A: Gunakanlah 3-5 hashtag

Q: Apakah saya perlu memiliki jumlah pengikut yang besar untuk muncul di FYP?

A: Tidak. Jumlah pengikut yang besar bukan satu-satunya faktor untuk video muncul di FYP. Hashtag yang relevan, konten kreatif, dan interaksi dengan pengguna lain dapat membantu video kamu muncul di FYP.

Q: Apakah menggunakan musik populer dapat membantu video saya muncul di FYP?

A: Ya, menggunakan musik populer dapat membantu video muncul di FYP. TikTok sering menampilkan video-video yang menggunakan musik populer atau yang sedang trending di aplikasi.

Q: Apakah saya harus menggunakan fitur efek di dalam video saya untuk muncul di FYP?

A: Tidak. Konten kreatif dan hashtag yang relevan memiliki peran yang lebih besar dalam membuat video muncul di FYP.

Q: Apakah video yang berkualitas dan menarik diperlukan untuk muncul di FYP?

A: Ya, video yang berkualitas dan menarik dapat meningkatkan peluang konten videomu muncul di FYP.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua