Unduh Aplikasi QuBisa
Cara YouTuber dapat Banyak View di YouTube
Social Media Marketing

Cara YouTuber dapat Banyak View di YouTube

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 236 menit membaca

Fenomena banyak views subscriber sedikit kerap diperbincangkan para youtuber pemula. Anda sendiri tentu pernah menjumpai suatu video yang memiliki views YouTube ratusan ribu, namun channel tersebut hanya memiliki ribuan YouTube subscriber.

Saat ini YouTube merupakan platform media sosial berbasis video dengan pengguna dan traffic penonton terbesar di dunia. Tidak heran jika banyak pengusaha yang tertarik untuk memasang iklan pada video-video di YouTube. Hal ini juga memberikan keuntungan bagi para konten kreator mendapatkan penghasilan dari YouTube. Namun, bagaimana jadinya jika video banyak views, namun memiliki subscriber sedikit? Apakah kreator tetap mendapatkan penghasilan dari videonya?

Fenomena YouTuber Dapat Banyak Views Tapi Subscriber Sedikit

Seperti Anda ketahui, perhitungan pendapatan Adsense di YouTube bukan berdasarkan jumlah subscriber. Jika video di channel Anda telah dapat monetisasi, Anda tetap dapat menghasilkan uang dari tayangan video Anda di YouTube. 

Bagi kreator yang baru merintis dan belum terkenal, tidak mudah untuk mengajak orang subscribe channel miliknya. Subscriber biasanya bertambah seiring dengan konsisten atau tidaknya Anda mengunggah video dengan niche yang sama dan disukai penonton. 

Seandainya saat ini video Anda banyak views dan hanya memiliki sedikit subscriber, tidak perlu terlalu khawatir. Ini merupakan suatu peluang bagi Anda untuk meningkatkan performa channel YouTube Anda. Berikut ini penyebab terjadinya banyak views tapi memiliki subscriber sedikit, dan cara memanfaatkan fenomena tersebut.

Topik Video Sedang Viral

Ketika ada suatu topik yang sedang viral, maka video yang berkaitan dengan topik tersebut akan terus direkomendasikan YouTube. Hal ini berpotensi meningkatkan views YouTube secara cepat, jauh melebihi jumlah subscriber yang Anda miliki.

Adanya fenomena ini justru menguntungkan bagi kreator. Anda dapat memanfaatkan momen tersebut dengan mengunggah video lainnya dengan topik serupa selama topik tersebut masih hangat diperbincangkan. Channel Anda akhirnya dapat menjaring lebih banyak tayangan video dalam waktu yang singkat.

Peningkatan views YouTube yang signifikan memang tidak serta-merta meningkatkan subscriber. Hanya saja, ini menjadi cara terbaik untuk meningkatkan performa channel YouTube Anda, yang kelak akan membuat subscriber bertambah juga.

Gunakan SEO pada youtube

Optimasi SEO

Optimasi SEO yang Anda terapkan pada video dapat membuka peluang yang lebih besar agar video tersebut muncul di halaman pencarian. Selain itu, video Anda juga akan muncul di beranda pengguna YouTube dan direkomendasikan secara otomatis sesuai cara kerja algoritma YouTube.

Orang yang menonton video Anda mungkin mengetahui video tersebut dari kata kunci yang dicarinya, bukan karena subscribe channel Anda. Sehingga terjadi fenomena banyak views subscriber sedikit. Semakin baik teknik SEO yang Anda gunakan, maka akan semakin tinggi peluang untuk mendapatkan views Youtube. Untuk itu, alangkah baiknya kalau Anda mempelajari Panduan Mahir SEO Google untuk Pemula.

Selain memahami cara melakukan optimasi SEO pada YouTube, Anda juga perlu mempelajari bagaimana menghasilkan video yang berkualitas. Kursus online di aplikasi belajar online QuBisa.com menyediakan banyak sekali materi pembelajaran daring mengenai proses pembuatan video, seperti:

Link Video Dibagikan Pesohor

Fenomena banyak views, subscriber sedikit, juga dapat terjadi jika ada pesohor atau selebritas yang share link video Anda. Misalnya jika video tersebut membahas selebritas yang bersangkutan, atau materi video sangat menarik dan membuat selebritas ingin membagikannya.

Selain dibagikan pesohor, link video yang dibagikan berkali-kali oleh banyak orang juga dapat meningkatkan views Youtube. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat video yang bermanfaat dan memancing orang lain untuk membagikan tautannya.

Share link sebanyak-banyaknya

Tips lain mengenai cara meningkatkan performa YouTube, mendapatkan banyak view dan subscriber, Anda bisa mempelajarinya dari video microlearning yang tersedia di platform belajar online QuBisa, yaitu:

Bagi Anda yang telah memahami cara mendapatkan uang dari Youtube, tentu fenomena banyak views subscriber sedikit tidak terlalu mengusik Anda. Selama channel Anda telah memiliki minimal seribu subscriber dan telah bergabung dalam Youtube Partners Program (YPP), maka Anda akan tetap memperoleh pendapatan dari tayangan video Anda. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua