Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Membaca Analitik di Google Analytic Tools
Artikel
Web Development

Cara Membaca Analitik di Google Analytic Tools

Gilang Maulani24 Jan 233 menit membaca

Bagaimana cara baca analitik Google? Bagi yang sudah lama terjun di dunia blogging pasti tak asing lagi. Namun bagi yang masih awam, pasti masih bertanya-tanya apa itu Google analytic dan apa saja manfaat dari analitik GA web? Yang dimaksud dengan Google analytics adalah sebuah layanan gratis yang dipersembahkan oleh Google. Fungsinya untuk menganalisis data statistik dari visitor situs web atau performa traffic website yang Anda miliki. 

Fungsi Google Analytics

Apabila Anda seorang pemilik website, maka Google analytics adalah hal yang sangat penting dan bisa membantu Anda untuk meningkatkan performa website. Berkat adanya tools ini, data penting tentang seberapa banyak pengunjung website, jumlah dan lokasi visitor website, strategi marketing yang sesuai untuk para pengunjung web, dan lain sebagainya, bisa Anda pelajari. 

Nantinya data inilah yang akan Anda gunakan untuk pengambilan keputusan melakukan pengembangan kinerja website menjadi lebih baik. Ketika Anda sudah memasang Google analytics di website, maka jauh lebih mudah lagi untuk mempelajari lalu lintas di website Anda. Nah, bagaimana cara membaca data analitik Google?

Cara Membaca Google Analytics untuk Pemula

Bagi para pemula, untuk membaca data dari Google analytics sebenarnya tidak susah, yang penting sudah tahu ke mana arah yang akan Anda tuju. Ketika pertama kali membuka tool ini, Anda akan diarahkan pada Audience Overview Report. Pada halaman beranda ini, Anda bisa menemukan banyak hal yang berhubungan dengan para pengunjung dari situs website yang Anda kelola. Adapun data-data dalam Audience Overview Report Google analytics adalah sebagai berikut:

Sessions 

Session merupakan jumlah dari visitor yang datang ke halaman website yang Anda miliki. Para pengunjung tersebut memiliki hitungan 1 session per orang. Jika visitor tersebut hanya mengunjungi situs. Lalu datang kembali beberapa saat kemudian dengan gawai yang sama akan dihitung kembali sebagai 1 session lainnya, jadi total mendapat 2 sessions dari satu orang tersebut.

cara baca google analytics untuk melihat data audience overview seperti sessions

Users

Seorang pengunjung yang pernah mengunjungi situs website Anda. Walaupun ia datang berkali-kali akan tetap disebut sebagai 1 user.

Pageviews

Page views merupakan jumlah total dari halaman yang telah dilihat oleh para pengunjung website atau blog.

Page atau Session

Untuk data yang satu ini adalah jumlah dari halaman yang terbuka dalam setiap kunjungan yang dilakukan.

Avg. Session Duration

Isinya adalah berbagai informasi tambahan yang para pengunjung gunakan ketika sedang mengunjungi website yang Anda kelola.

Bounce Rate

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang langsung meninggalkan halaman website setelah membuka satu halaman. Jika bounce rate situs Anda tinggi, berarti konten Anda kurang menarik dan tidak menarik pengunjung untuk melihat-lihat artikel lain yang ada di dalam website, namun berbeda halaman.

% New Sessions

Merupakan jumlah persentase dari para pengunjung baru yang mengunjungi halaman website.

Jenis Report yang Ada di Dalam Google Analytics

Bukan hanya informasi yang telah disebutkan sebelumnya, sebab pada analitik GA web juga ada berbagai informasi yang sangat penting. Sebagai informasi tambahan, QuBisa sebagai platform belajar online Indonesia menyediakan tambahan informasi terkait laporan Google analytics.

jenis report yang ada di dalam Google Analytics dan cara membaca page view website

Audience Report

Cara baca analitik Google yang satu ini mudah. Anda bisa temukan berbagai macam informasi mengenai visitor situs. Bahkan laporan yang akan Anda dapatkan sangat terperinci, dan datanya mulai dari info demografi, lokasi, minat, dan juga bahasa apa saja yang mereka gunakan. Bahkan tersedia pula data seberapa sering mereka mengunjungi situs Anda, dan gawai apa yang mereka pakai untuk membuka web

Acquisition Reports

Untuk jenis data Google analytics ini, Anda akan diberitahu berbagai faktor yang membuat para visitor akhirnya membuka situs website Anda.

Behaviour Reports

Jika melihat laporan ini, maka Anda akan temukan berbagai informasi penting tentang konten yang paling disukai oleh para pengunjung situs web. Dalam menu ini, tercantum seberapa cepat waktu loading dari halaman website.

Conversions

Apabila sudah menentukan target di dalam Google analytics, maka pada bagian conversions Anda bisa melihat jumlah konversi yang telah didapatkan.

Demikian cara membaca analitik di Google analytics tools bagi Anda para pemilik website maupun para blogger yang mengelola blog pribadi.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua