Unduh Aplikasi QuBisa
Pengertian Brand Extension dan Elemen Pentingnya
Artikel
Strategy

Pengertian Brand Extension dan Elemen Pentingnya

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Menciptakan produk baru di pasaran tentu membutuhkan strategi bisnis terbaik supaya bisa berhasil. Selain melakukan riset pasar, Anda harus mampu membuat produk yang memang dibutuhkan masyarakat, kemudian mulai menanamkan nama brand Anda di benak pelanggan. Tak hanya melalui strategi brand awareness, Anda juga bisa melakukan brand extension yang bisa mendukung perusahaan atau brand dalam meningkatkan kesadaran merek beserta ekuitasnya.

Apa Itu Brand Extension?

Brand extension dikenal juga sebagai perluasan merek. Brand extension adalah kondisi saat perusahaan menggunakan salah satu nama merek yang sudah populer pada kategori produk baru. Dengan kata lain, agar produk barunya mudah diterima masyarakat, perusahaan perlu memanfaatkan reputasi, popularitas, dan loyalitas merek dari brand ternamanya saat ini.

Supaya proses memasarkan produk baru bisa berhasil, Anda perlu menetapkan adanya hubungan yang relevan antara produk asli dan item terbaru. Relevansi ini penting karenaSebab, tidak adanya keterkaitan antar produk dapat mengakibatkan efek sebaliknya, yaitu brand dilution. Brand dilution merupakan nilai yang hilang dari suatu brand akibat produk barunya tidak sukses. Hal seperti ini berpeluang besar merugikan merek induk.

Lain halnya jika perluasan merek sukses dilakukan, maka akan membantu perusahaan mencapai demografi baru. Kemudian memperluas pangsa pasar, meningkatkan penjualan, lebih unggul dari kompetitor, serta meningkatkan margin keuntungan.

Elemen Penting untuk Menentukan Brand Extension

buatlah perluasan brand yang masih memiliki keterkaitan yang kuat

Relevansi

Sebaiknya brand extension yang akan Anda lakukan sudah memiliki relevansi yang kuat dengan brand inti bisnis Anda. Jika brand inti memiliki kategori barang elektronik, maka buatlah perluasan brand yang masih memiliki keterkaitan yang kuat, seperti aksesoris tambahan. Contoh, power bank, earphone, speaker, dan lainnya.

Brand extension yang mempunyai hubungan kuat pada brand utama tentunya mampu meningkatkan nilai perusahaan di kalangan masyarakat dan kompetitor. Selain itu, tidak menutup kemungkinan akan menarik perhatian dari mitra bisnis.

Kredibilitas

Kredibilitas adalah kepercayaan pelanggan pada kemampuan brand induk dalam memperluas kategori produk lainnya. Suatu produk dengan brand yang sudah dipercayai konsumen karena kualitasnya, belum tentu bisa mendapatkan kesuksesan dalam melakukan brand extension.

Salah satu brand ternama yang berhasil melakukan brand extension adalah Samsung Electronics. Kredibilitasnya sudah menjadi brand image dalam kategori elektronik. Mulai dari smartphone, laptop, komputer, televisi, lemari pendingin, AC, dan lainnya. Akan tetapi, kredibitas Samsung ini belum tentu berhasil jika dilakukan pada industri lain, seperti fashion.

persepsi terkait kemampuan dan pengalaman suatu brand

Transfer

Transfer merupakan bagian dari persepsi terkait kemampuan dan pengalaman suatu brand, di mana pelanggan sudah merasakan manfaatnya. Akhirnya brand melakukan transfer pada kategori lain untuk melakukan brand extension.

Contohnya yang pernah BCA lakukan. Keterampilan dan pengalaman mengelola perbankan membuat BCA lebih percaya diri sehingga melakukan pengembangan pada produk asuransi jiwa, asuransi umum, sekuritas, hingga bank digital. 

Menciptakan produk baru memang banyak tantangannya. Anda harus melakukan proses penelitian dan pengembangan yang memakan banyak waktu sebelum memutuskan untuk menciptakan produk atau jasa baru yang siap meluncur ke pasar. Ditambah lagi, kompetisi dengan kompetitor akan mendorong Anda untuk terus berinovasi. Tujuannya, sudah pasti menjadi brand yang lebih unggul dalam meraih hati pelanggan.

Selain melakukan strategi brand extension untuk perluasan bisnis, Anda juga perlu memahami brand di era metaverse. Kemudian memilih strategi digital marketing yang paling sesuai dengan target market bisnis. Nah, supaya Anda semakin punya banyak pilihan dalam membuat strategi pemasaran digital. Cobalah mengakses berbagai kursus online gratis yang tersedia di platform belajar online QuBisa, antara lain:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua