Unduh Aplikasi QuBisa
4 Tips Berbisnis Frozen Food Rumahan
Entrepreneurship

4 Tips Berbisnis Frozen Food Rumahan

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Bisnis frozen food merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak digeluti saat ini dan memiliki peluang besar, mengingat cukup banyak konsumen yang menyukainya. Beberapa alasan mengapa bisnis frozen food ini disukai karena produk makan beku bisa bertahan lama, cara penyajian yang praktis dan instan, serta harga terjangkau semua lapisan masyarakat. Bagi Anda yang ingin mulai menjalankan bisnis frozen food dari rumah, pelajari saja tips jitu menjalankan bisnis makanan beku di artikel QuBisa kali ini.

4 Cara Mudah Memulai Bisnis Frozen Food

Tentukan Produk Frozen Food untuk Dijual 

Ada banyak jenis produk frozen food yang beredar di pasaran, mulai dari produk makanan siap masak, makanan olahan, makanan siap santap, hingga yang berupa sayur dan buah-buahan beku. Nah, tugas Anda sebagai pebisnis frozen food adalah menentukan produk frozen food mana yang akan dijual nantinya. 

Mengapa harus menentukan jenis produk frozen food yang akan dijual? Alasannya agar Anda bisa fokus mempromosikan, menjual, dan mengembangkan bisnis frozen food yang memang memiliki banyak penggemar. Selain itu, Anda pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan calon pelanggan maupun menyasar target pasar tertentu.

cermat dan perhatian terhadap kualitas

Cermat dalam Memilih Produsen Frozen Food

Dalam berbisnis frozen food, Anda perlu benar-benar cermat dan perhatian terhadap kualitas dari produsen frozen food yang akan jadi pemasok produk jualan Anda. Cari dan pilih produsen yang produk frozen food-nya memang berkualitas bagus, terpercaya, menggunakan bahan baku yang aman, memiliki standarisasi penyimpanan dan pengiriman yang terjaga baik, dan sebagainya. 

Cermat dalam memilih produsen akan menghindarkan Anda dari situasi yang tak diinginkan di kemudian hari. Misal, menjual produk frozen food yang belum memiliki izin untuk diperjualbelikan atau mengandung bahan yang tak seharusnya dikonsumsi. Itulah sebabnya, Anda perlu bersungguh-sungguh untuk menemukan produsen frozen food yang sudah berpengalaman untuk memasok produk frozen food pada para agen atau distributor.

Sediakan Tempat Penyimpanan Frozen Food yang Berkualitas 

Jika Anda ingin berbisnis frozen food, maka keberadaan tempat penyimpanan makanan atau storage merupakan hal yang wajib Anda miliki. Dengan kata lain, ada modal dalam jumlah tertentu yang perlu Anda siapkan untuk membeli dan memiliki storage dengan ukuran tertentu dan yang kualitasnya juga bagus. 

Tempat penyimpanan produk harus bisa menghasilkan suhu dingin yang stabil, sehingga produk frozen food yang disimpan bisa tetap awet. Utamakan kualitas tempat penyimpanan dibanding dengan harganya. Prinsipnya, produk frozen food yang menjadi barang dagangan Anda akan terjaga kualitasnya kalau disimpan di tempat penyimpanan yang juga berkualitas baik. Jangan sampai, produk jualan Anda malah cepat rusak akibat salah memilih tempat penyimpanan.

Gunakan Strategi Pemasaran

Atur Strategi Pemasaran yang Menarik Pelanggan

Agar penjualan produk frozen food bisa lancar dan terus meningkat, Anda tak boleh bergantung sepenuhnya pada kualitas produk saja. Anda juga perlu memiliki strategi pemasaran terbaik. Dengan penerapan strategi marketing yang tepat, produk jualan Anda akan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan akhirnya bisa meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Lantas, apa strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan penjualan frozen food ini? Ada banyak strategi yang bisa dilakukan. Mulai dari memasarkan produk di media sosial, menerapkan strategi digital marketing, memberikan promosi untuk pembelian produk berdasarkan kriteria tertentu, hingga menggunakan jasa influencer untuk membantu Anda mempromosikan produk secara lebih luas.

Di platform e-learning QuBisa, Anda bisa mempelajari banyak kursus online gratis seputar strategi digital marketing di era society 5.0, seperti:

Berbisnis frozen food merupakan salah satu bentuk bisnis yang terbilang menjanjikan di masa sekarang ini. Apalagi saat ini banyak orang yang ingin menyantap hidangan lezat tanpa harus menunggu lama. Bagi Anda yang baru akan terjun ke bisnis rumahan dengan produk berupa frozen food, tidak ada salahnya mencoba tips yang ada pada artikel ini.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua