Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Mudah Belajar Memasak bagi Pemula
Artikel
Personal Development

Tips Mudah Belajar Memasak bagi Pemula

Jasmi24 Jan 237 menit membaca

Belakangan ini, belajar memasak menjadi kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat. Bisa jadi hal ini merupakan imbas pandemi yang mewajibkan setiap orang untuk menjaga imun, lebih aware pada kebersihan sekaligus menghemat keuangan dalam waktu bersamaan.

Meskipun kegiatan ini mempunyai beragam keuntungan. Namun sebagian orang yang baru saja mencoba memasak, tentu menjadi tantangan tersendiri. Nah, agar memasak jadi menyenangkan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya alasan yang mendorong Anda untuk melakukannya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tips mudah belajar memasak bagi pemula dari tayangan YouTube, webinar atau kursus online gratis, dan juga social media lainnya.

belajar memasak bagi pemula

Tujuan Memasak secara Umum

  • Menghemat pengeluaran dan memastikan setiap bahan baku hingga proses memasak tetap higienis.
  • Mengerjakan hobi atau passion.
  • Sebagai kegiatan mengisi waktu luang dengan mencoba beragam resep terkini.
  • Meningkatkan kreativitas.
  • Sebagai bagian dari self healing selain melakukan kegiatan menulis bebas, surat, dan puisi.
  • Sebagai sumber pendapatan tetap maupun tambahan di tengah pandemi. Dengan kata lain bisa menjadi solusi mendapatkan kerja setelah kena PHK akibat pandemi.

Sumber Penghasilan yang Bisa Didapatkan Lewat Keterampilan Memasak

Membuka Jasa Katering

Membuka jasa katering adalah cara mendapatkan penghasilan melalui keterampilan memasak yang sudah banyak dilakukan. Menyediakan jasa katering memiliki keuntungan lumayan, mengingat setiap pemesanan selalu dilakukan dalam partai besar.

Namun, tak bisa dipungkiri modal yang dibutuhkan pun sama besarnya. Sebab, Anda harus memiliki perlengkapan memasak yang memadai, serta tenaga untuk mengerjakan pesanan, dan lainnya. Nah, jika Anda memiliki kendala modal, Anda bisa mulai mencari investor.

Membuka Kedai Kopi

Dalam berbisnis, Anda harus memastikan produk atau layanan yang dipasarkan memiliki target market yang jelas. Salah satu bisnis yang memiliki pertumbuhan pesat belakangan ini adalah kedai kopi kekinian. 

Jika memilih peluang bisnis kopi, Anda bisa mengkombinasikannya dengan aneka makanan ringan atau camilan, seperti Brownies Donat Kukus, Bublanina, dan lain sebagainya.

Pembuatan Konten Memasak Di YouTube dan Media Sosial Lainnya

Beruntungnya, di era society 5.0 yang serba canggih, menghadirkan banyak peluang baru untuk berkarya. Anda bisa membuat konten terkait keterampilan sukses milenial ini, lalu mengunggahnya ke media sosial. 

Dari konten yang Anda buat, siapa tahu akan membuka pintu rezeki lain. Misalnya diliput oleh stasiun televisi, hingga menarik minat brand untuk menjalin kerja sama. Dalam hal ini tentu kemampuan lain seperti videografi hingga storytelling perlu dimainkan.

Menuliskan Menu Andalan dalam Bentuk Buku Resep

Ada banyak orang yang memiliki keterampilan memasak, lalu mengunggahnya di social media. Tak jarang melalui cara ini akan tercipta loyalitas tinggi dari para pengikut akun media sosialnya. Yang mana Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk membuat buku resep yang berisi Resep Bistik Lidah, dan lain sebagainya. Nantinya, tidak mengherankan jika buku resep yang mereka tulis akhirnya laris di pasaran.

Menjual Perlengkapan Dapur

Dapur dan kegiatan memasak adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Anda bisa memanfaatkan keterampilan memasak untuk mendukung bisnis jual beli perlengkapan dapur. Pengalaman yang Anda miliki di dunia kuliner akan menambah kepercayaan pembeli terhadap produk yang direkomendasikan.

langkah mudah untuk belajar memasak bagi pemula

Cara Belajar Memasak untuk Pemula

Setelah melihat peluang yang dihasilkan dari keterampilan memasak, berikut cara belajar memasak yang cocok dilakukan oleh pemula.

Belajar Memasak Menggunakan Internet

Sebelum internet berkembang seperti saat ini, untuk belajar memasak, orang biasanya mengandalkan tabloid yang dilengkapi dengan rubrik masakan beserta resepnya. Kini Anda tak perlu menunggu tabloid kesayangan terbit, cukup buka handphone yang telah tersambung internet. Jutaan resep tersedia, baik melalui website atau aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Play Store maupun AppStore.

Tak hanya contekan resep, aplikasi biasanya dilengkapi berbagai literasi dunia kuliner, seperti tips memasak mudah, cara memaksimalkan dapur hingga memasak sesuai budget. Dibanding tabloid yang terbit dalam waktu tertentu, mengakses resep di internet , misalnya Resep Mie Titi dinilai lebih praktis, komplit, interaktif dan pastinya selalu up to date.

Melalui Buku Resep

Buku resep masih menjadi primadona bagi sebagian orang karena biasanya dibuat berdasarkan kategori masakan. Anda dapat memilih kumpulan resep yang dibuat oleh chef favorit, baik berupa buku fisik maupun e-book. Misalnya saja Resep Susu Pisang.

Menonton Video YouTube

Konten video menjadi sesuatu yang menarik, terlebih untuk memvisualisasikan proses memasak. Apalagi jika dipadu dengan grafis ciamik, akhirnya menjadi video YouTube berisi cara belajar memasak yang diminati banyak kalangan.

Tak ada salahnya jika Anda mulai belajar memasak melalui YouTube, karena saat ini banyak sekali konten kreator yang menyajikan aneka resep praktis dan sederhana yang bisa dicoba. Anda juga mencoba #BelajarGakRibet dengan QuBisa melalui video microlearning yang tersedia untuk keahlian memasak ini.

Kompetisi Memasak

Kompetisi memasak adalah salah satu program hiburan yang mendapat animo cukup tinggi dari masyarakat. Meski tidak dapat belajar memasak secara intensif, namun melalui program ini Anda akan mendapat wawasan terkait dunia kuliner dan tips memasak mudah.

Akun Memasak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak orang dengan keterampilan memasak yang mengabadikan keterampilannya di media sosial. Tak terbatas hanya untuk chef berpengalaman saja. Namun banyak juga kalangan ibu rumah tangga yang menyempatkan membuat konten memasak dan mengunggahnya di berbagai platform. 

Menariknya, banyak yang menyajikan niche tertentu, misalnya menu MPASI, dan referensi bekal untuk suami ke kantor. kemudian juga rekomendasi sarapan sehat, variasi menu diet dan sebagainya. Mereka juga tak segan membagikan tips memasak mudah yang menarik untuk disimak.

Tips Agar Memasak Jadi Menyenangkan

  • Turunkan ekspektasi agar semangat tetap terjaga.
  • Memasak dalam keadaan kenyang, tujuannya agar fokus.
  • Gunakan logika dibanding perasaan. Memasak adalah ilmu logika, artinya setiap bahan yang digunakan untuk mendapat hasil terbaik berasal dari takaran pasti.
  • Mulai dengan menu sederhana, terlebih bagi pemula yang sedang belajar.
  • Baca kisah orang sukses di bidang ini bisa digunakan sebagai tambahan semangat

Itulah beberapa hal terkait aktivitas belajar memasak bagi pemula yang bisa diterapkan. Anda bisa mempelajarinya juga di QuBisa, platform belajar online Indonesia yang dapat mendukung Anda untuk memiliki keterampilan digital milenial baik secara soft skill maupun hard skill.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua