Unduh Aplikasi QuBisa
Langkah Mudah dan Cepat Belajar Edit Video dengan VSDC
Artikel
IT & Software

Langkah Mudah dan Cepat Belajar Edit Video dengan VSDC

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Kebanyakan software edit video yang ada di internet rata-rata berbayar jika ingin menggunakan semua fitur yang tersedia secara bebas, dan harganya pun tidak murah. Sudah bukan satuan rupiah lagi, tetapi dollar. Walau begitu, jangan khawatir. Bagi Anda yang ingin belajar mengedit video dengan aplikasi edit gratis, namun tetap legal, Anda bisa menggunakan aplikasi edit video seperti VSDC Free Video Editor. 

Agar dapat dengan mudah dan cepat belajar edit video dengan VSDC, ada baiknya Anda mengenal dulu, seperti apa aplikasi edit video ini.

VSDC Free Video Editor Itu Apa?

VSDC adalah aplikasi editor video yang dirancang dengan sederhana untuk belajar edit video bagi pemula. Kemampuan aplikasi ini terkenal cukup baik dalam proses pengeditan secara mudah, serta mampu memberi hasil yang bagus. 

Walaupun merupakan aplikasi gratis, Anda tetap bisa menggunakan fiturnya secara lengkap. Hal menarik yang terdapat dalam aplikasi ini, tidak adanya watermark pada video yang sudah diedit asalkan Anda tahu caranya. Anda bisa mempelajari Panduan Editing Video dengan VSDC Video Editor Gratis Tanpa Watermark.

Berbicara mengenai watermark, Anda juga bisa menghilangkan watermark video menggunakan remove watermark video online. Di internet, sudah banyak yang menyediakan remove watermark secara gratis.

Apa yang Membedakan VSDC dengan Aplikasi Editor Lain? 

Setiap aplikasi tentu memiliki keunggulan masing - masing, berikut merupakan pembeda antara VSDC dengan aplikasi editor lainnya.

Non - Linear Editor

Jika pada video editor lain setiap adegannya akan diurutkan dalam satu linear, maka berbeda dengan VSDC. Aplikasi ini memungkinkan objek dapat ditempatkan di posisi apapun dan timeline manapun. Selain itu, terdapat berbagai parameter, bentuk, dan posisi objek yang dapat diubah sewaktu - waktu. 

Blending Mode dan Filter yang Mirip Instagram

Bagi Anda para pemula, atau yang ingin menghemat waktu saat melakukan color blending, Anda bisa memanfaatkan filter yang tersedia pada VSDC. Filter yang disediakan juga tak kalah menarik, bahkan hampir mirip dengan warna filter pada aplikasi Instagram. Ini penting, tapi sering dilupakan pemilik akun Instagram.

Banyak Pilihan Ekspor ke Berbagai Media Sosial

Pada VSDC, Anda dapat langsung mengunggah video yang sudah selesai diedit, seperti ke Youtube, Facebook, Instagram, dll. Dengan adanya pilihan ini, video Anda akan otomatis memiliki format dan kriteria sesuai dengan media sosial yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Belajar Edit Video Lebih Mudah dengan VSDC

Setelah mengetahui apa saja keunggulan aplikasi ini, selanjutnya Anda tinggal mulai belajar edit video. Berikut tutorial edit video dengan aplikasi VSDC.

  1. Pertama, download terlebih dulu software aplikasi VSDC Free Video Editor. Anda bisa mendapatkannya di situs resminya.
  2. Jika sudah selesai instalasi, buka aplikasi tersebut dan pilih new project.
  3. Pada bagian project setting, Anda bisa melakukan pengaturan resolusi, frame rate, frequency, dll. Kemudian, masukan video yang akan Anda edit dengan memilih import video and images, lalu klik finish.
  4. Di bagian panel project, pilih drag and drop media files here dan pilih video yang akan Anda edit. Tunggu sampai prosesnya selesai, lalu klik apply setting.
  5. Nantinya, video akan otomatis masuk ke timeline dan Anda sudah bisa mulai melakukan editing.
  6. Jika terdapat tambahan gambar atau media lain, Anda cukup klik kanan pada sprite 1 yang terdapat pada timeline, lalu pilih edit effect.
  7. Setelahnya, masuk menu editor. Di sana terdapat 3 pilihan, yaitu add object, video effect, dan audio effect. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan saja. 
  8. Jika video sudah selesai diedit, masuk menu export project dan pilih export video. Masukan nama file, dan pilih letak penyimpanannya. Kemudian, pilih save.
  9. Klik menu conversion. Klik start conversion dan tunggu sampai proses export selesai.
  10. Video Anda sudah selesai diedit.

Begitulah kira – kira pengenalan mengenai aplikasi editor video VSDC dan cara belajar edit video menggunakan aplikasi ini. Anda juga bisa menemukan tutorial edit video VSDC di Qubisa, platform belajar online Indonesia. Selain itu, ada banyak materi kursus online gratis maupun berbayar yang bisa Anda pilih di Qubisa, termasuk berbayar webinar gratis, pelatihan, dan seminar online lainnya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua