Unduh Aplikasi QuBisa
Tingkatkan Kemampuan IT dengan Belajar Bahasa Pemrograman
Artikel
Programming Languages

Tingkatkan Kemampuan IT dengan Belajar Bahasa Pemrograman

Jasmi24 Jan 237 menit membaca

Sekarang ini perkembangan teknologi begitu pesat. Lengah sedikit saja Anda bisa tertinggal jauh dari yang lain. Namun, tak perlu berkecil hati, selama ada niat untuk belajar dan memulai dari nol. Anda bisa memulai untuk mempelajari keterampilan digital milenial mulai detik ini. Terutama untuk Anda yang ingin mencoba berkarir di bidang information technology (IT).

Tuntutan dunia milenial mengharuskan siapa pun untuk belajar hal-hal baru. Misalnya saja belajar bahasa pemrograman. Sebagai orang awam, pemula, mempelajarinya butuh proses dan sikap tak pantang menyerah. Lain halnya dengan Anda yang berkutat di dunia IT, meningkatkan kemampuan bahasa pemrograman sangat penting untuk terus berkembang.

Pemrograman atau coding merupakan sekumpulan proses pembuatan program dengan bahasa pemrograman komputer. Anda bisa meningkatkan kemampuan ini melalui kursus online gratis maupun berbayar, membaca buku, hingga otodidak dari artikel di internet.

Belajar Pemrograman Dasar

Semua ilmu harus dipelajari dari dasar dan membutuhkan proses untuk hasil maksimal. Dalam belajar pemrograman dasar, apabila Anda berniat mempelajarinya ada tips khusus yang mudah dilakukan. Mau tahu seperti apa? Silakan simak di bawah ini.

Tips khusus belajar pemograman dasar

Fokus pada Salah Satu Bahasa Pemrograman

Sebagai langkah awal, pilih saja salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati. Tak perlu semua dipelajari. Mengapa? Hal ini agar Anda tidak bingung dan hilang fokus. Setelah memilih, maka pelajari dengan serius. Setelah yakin benar-benar bisa, barulah meningkat ke jenjang yang lebih tinggi lagi secara bertahap. Adapun pilihan programming language, antara lain adalah:

  • HTML. Hyper text markup language atau HTML merupakan bahasa komputer untuk membuat suatu website. Bentuknya berupa short codes, tersimpan dalam file HTML kemudian oleh browser akan dibaca menjadi tampilan visual. 
  • CSS. Cascading style sheets sangat penting dalam pemrograman, sebagai tools mengatur tampilan. CSS berguna mengatur elemen yang tertulis di bahasa markup dalam menyederhanakan pembuatan website.
  • Phyton. Bahasa pemrograman yang mudah dipelajari serta dipahami, namun ini adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Perancangnya adalah Guido van Rossum. Python dianggap lebih cepat dan efektif. Programming language Exploratory Data Analysis with Python ini banyak digunakan di perusahaan besar, dan populer di kalangan generasi milenial.
  • JavaScript atau pemrograman Java. Salah satu bahasa pemrograman dalam pengembangan website supaya lebih interaktif dan dinamis. Bukan hanya sekadar untuk tampilan situs web saja, Java akan membantu dalam pembuatan tools, game dan aplikasi. Fitur-fiturnya terdiri dari client-side, high-level programming serta loosely typed.

Bertanya Pada Teman yang Sudah Bisa

Belajar otodidak memang dapat dilakukan, internet bisa menjadi jawaban untuk setiap pertanyaan Anda. Namun, tidak ada salahnya bertanya langsung pada orang yang sudah lebih dulu memahaminya. Dengan begitu, andai menemui permasalahan di tengah jalan saat mempelajari coding ini, Anda dapat langsung bertanya dan mendapatkan jawaban dari orang yang sudah lebih berpengalaman.

Perbanyak Link Pertemanan atau Networking

Sedikit demi sedikit mempelajari pemrograman akan membuat Anda membutuhkan wadah atau komunitas. Kalaupun belum percaya diri masuk ke dalamnya, Anda tetap bisa mempelajarinya dari ilmu yang mereka bagikan di media sosial. Jangan segan untuk mengikuti webinar online gratis yang diadakan oleh komunitas tertentu, atau bahkan platform e-learning.

Disiplin

Bukan hanya sekolah saja yang membutuhkan kedisiplinan, belajar pemrograman dasar pun membutuhkan disiplin tinggi dan pantang menyerah. Mengapa begitu? Karena akan ditemui berbagai rintangan kedepannya. Lebih baik membuat jadwal rutin dalam sehari, sekitar 1 atau 2 jam. Semakin sering Anda mempelajari akan semakin mudah dan menemukan hal-hal baru di sana. 

Belajar pemograman dasar membutuhkan disiplin yang tinggi

Mencari Banyak Sumber

Sumber banyak sekali ditemui di internet. Cari dan temukan yang materi belajarnya runut, sehingga akan mempermudah Anda mempelajari bahasa pemrograman dasar ini. Apabila merasa kurang puas belajar sendiri, Anda dapat mengambil kursus pemrograman. Kursus ini pun bagus untuk meningkatkan kemampuan IT.

Dengan disiplin tinggi dan jadwal lengkap serta pengajar berpengalaman, kursus pemrograman bisa membantu Anda untuk semakin profesional. Hanya saja perlu diingat, dalam memilihnya perhatikan hal-hal di bawah ini.

  • Memilih kurikulum up to date. Dunia coding atau pemrograman cepat sekali berkembang. Nah, Anda sebaiknya memilih kurikulum yang dinamis dan mengikuti perkembangan dunia pemrograman.
  • Pilih tempat yang terpercaya. Tanyakan kepada orang yang pernah kursus di tempat tersebut, atau mencari di internet supaya tidak salah pilih tempat dengan kredibilitas yang baik. Jika bisa, usahakan kursusnya bisa melalui kursus online agar Anda bisa lebih fleksibel dalam belajar. Misalnya kursus Java Fundamental Programming di QuBisa. Platform belajar online yang menyediakan berbagai paket kursus pengembangan diri.
  • Mentor berpengalaman. Biasanya, dengan mentor berpengalaman, Anda akan banyak praktik. Ini baik untuk perkembangan kemampuan Anda, sehingga Anda lebih mudah menangkap materi yang disampaikan dan bisa bertanya langsung apa yang kurang dimengerti.

Langsung Praktik

Hanya belajar teori memang tak menjamin mengetahui bahasa pemrograman ini secara detail. Anda harus langsung praktik, sehingga bisa mengetahui kesulitan apa yang akan muncul di sana.

Dari praktik ini, Anda tak hanya mempelajari coding saja, namun juga belajar algoritma. Mengapa bisa begitu? Karena algoritma adalah serangkaian langkah yang berguna menyelesaikan tugas logis sekaligus sistematis. 

Dibutuhkan kerja keras dan pantang menyerah untuk meningkatkan kemampuan IT dengan belajar bahasa pemrograman yang benar. Andaikan di tengah jalan ada masalah, usahakan untuk mencari solusi.

Kadang, tanpa adanya solusi membuat Anda kurang bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut. Jadi, memang butuh niat dan terus lakukan disiplin ketat dalam proses belajarnya.

Ada beberapa bahasa pemrograman, dan Android fundamental yang bisa Anda pelajari di platform belajar jarak jauh QuBisa. Selain itu, jika Anda memiliki keterampilan digital milenial lain yang ilmunya ingin dibagikan, cobalah mengikuti lomba video microlearning festival berhadiah jutaan rupiah di QuBisa. Dengan begini, Anda bisa bagi ilmu dapat hadiah.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua