Tips Background Foto Bisa Bergerak

Design Tools | 22 Nov 3 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani
Selengkapnya Sembunyikan
Tips Background Foto Bisa Bergerak

Banyaknya pengguna Instagram dengan berbagai tujuan, tentu membuat persaingan konten di media sosial berbagi foto dan video ini jadi semakin tinggi. Untuk bisa menarik perhatian audiens, Anda harus lebih kreatif dalam membuat konten di Instagram maupun di media sosialnya. Salah satunya, Anda bisa membuat foto dengan background yang bisa bergerak.

Aplikasi Membuat Background Foto Bisa Bergerak

Aplikasi Edit Foto Enlight Pixaloop

Enlight Pixaloop akan menghasilkan editing background foto berbentuk animasi gelombang yang berulang-ulang (loop) sehingga latar belakang foto seolah bergerak. Untuk itu, pilihlah foto yang memang mendukung untuk dimodifikasi dengan efek gelombang tersebut, misalnya riak di air, gelombang laut, air terjun, atau angin yang berhembus menggerakkan dedaunan atau rambut.

Beberapa fitur pendukung yang ada pada Enlight Pixaloop antara lain, path yang berfungsi mengatur arah gelombang, anchor, fitur freeze/unfreeze, pengaturan suara, kecepatan gerak, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini bisa Anda gunakan gratis atau menggunakan versi berbayar untuk penggunaan fitur yang lebih lengkap.

Plotagraph untuk Pengguna iOS dan Android

Jika dulu, Anda yang menggunakan iPhone dan ingin membuat latar belakang foto jadi bergerak atau animated, maka Anda bisa menggunakan Plotagraph dengan membayar kurang lebih 75 ribu. Sekarang aplikasi ini bisa pula digunakan dalam versi website Plotaverseapps. Artinya, Anda pengguna android juga sudah bisa menggunakan tools editing foto ini langsung di situs webnya.

Anda tinggal masuk ke website Plotagraph, lalu Anda bisa memilih apakah akan menggunakan Plotagraph, PlotaFX, atau Plotamorph. Tentunya aplikasi ini baru bisa digunakan kalau Anda sudah melakukan pembayaran, yaitu sekitar $19.99 perbulan.

cara edit foto dengan background bergerak dari aplikasi di android dan ios

Aplikasi Cinemagraph

Aplikasi Cinemagraph merupakan salah satu aplikasi editing foto yang banyak digunakan konten kreator untuk mengolah foto menjadi berbentuk animasi. Salah satunya, membuat latar belakang foto bergerak.

Tips Editing Background Foto Bisa Bergerak

Dari 3 aplikasi editing foto yang bisa membuat gambar latar foto bergerak yang sudah dibahas di atas, maka berikut ini tips editing background foto bisa bergerak yang gampang dan patut kamu coba.

Buat Akun di Website Plotagraph

Anda bisa menggunakan browser apa saja, tetapi disarankan menggunakan Google Chrome yang lebih simple penggunaannya. Masuk ke website Plotagraph. Kemudian lakukan pembuatan akun dengan terlebih dahulu registrasi. Jangan lupa, verifikasi email yang Anda gunakan untuk mengaktifkan akun.

Editing Tools Base on Web

Setelah melakukan verifikasi pada email untuk mengaktifkan akun di Plotagraph, masuk kembali ke website Plotagraph. Pilih Plotagraph, lakukan login, dan pilih tanda (+) plus supaya bisa mulai editing foto dan latar belakang foto. Setelahnya unggah foto yang mau diedit dengan klik tulisan choose file.

Tips Background Foto Bisa Bergerak dengan smartphone sistem operasi android dan ios

Langkah Editing Latar Belakang Foto

Proses mengunggah file foto tergantung kecepatan dan kestabilan koneksi internet. Jika prosesnya sudah selesai, langsung tekan tombol panah. Dan pilih berbagai tools yang tersedia. Anda bisa mulai dengan menekan tombol panah, kemudian pilih direct atau lasso selection tool.

Selain itu, tersedia tombol animate, yang jika Anda perhatikan akan ada 3 opsi lagi yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Animation point berfungsi untuk membuat titik gerak.
  • Stabilizer point fungsinya untuk membuat area tak bergerak.
  • Delete point akan membantu Anda menghapus titik yang sudah dibuat.

Pengaturan dan Finishing Desain

Dalam melakukan editing untuk membuat background foto bisa bergerak, Anda bisa atur kecepatan gerak latar belakang menggunakan tombol animate. Dengan fitur ini, sesuaikan kecepatan gerak efek gelombang sesuai keinginan. Kalau sudah selesai, Anda tinggal klik Share yang terdapat di pojok kanan bawah. Kemudian, klik custom export.

Jangan lupa lakukan pengaturan jenis frame rate, penentuan kualitas video, serta codec. Cari tombol Export, dan lanjutkan dengan klik My Exports. Nanti akan muncul file yang sudah siap diunduh. Anda bisa melakukan pengunduhan kalau seluruh proses editing sudah selesai dan sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Ingin membuat konten media sosial yang interaktif, unik, dan menarik? Ikuti saja Tips Background Foto Bisa Bergerak ini sebagai variasi konten yang akan Anda tayangkan di media sosial.

Artikel Terkait

Ke Atas