Unduh Aplikasi QuBisa
Attitude Itu Penting
Artikel
Business Communications

Attitude Itu Penting

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Sikap seperti apa yang harus Anda miliki saat bekerja? Apakah sama dengan sikap yang harus dimiliki ketika bermasyarakat? Attitude atau sikap antara satu orang dengan lainnya akan berbeda. Ada orang dengan good attitude ataupun sebaliknya. 

Good attitude merupakan kepribadian atau sikap baik yang Anda miliki. Sikap inilah yang membuat Anda banyak disukai orang, mempunyai banyak teman dan merasa nyaman berada di lingkungan mana pun. Itu sebabnya, banyak yang mengatakan attitude itu penting dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan profesional

Pentingnya Etika dan Attitude

Dalam bekerja, memiliki good attitude adalah sesuatu yang sangat penting. Sikap yang baik akan berpengaruh saat Anda berhubungan dengan banyak orang. Baik dengan sesama karyawan atau atasan. Sikap baik dengan etika sopan juga mempengaruhi mental seseorang, apakah bermental positif atau malah negatif.

Sikap mental positif atau positive mental attitude adalah perbuatan baik yang timbul, berasal dari diri sendiri. Perbuatan yang dilakukan  secara sadar dan sangat dinikmati. Didikan orang tua sejak kecil, lingkungan, serta kebiasaan sangat mengacu pada sikap penting yang harus dimiliki, perilaku positif.

Bagaimana jika ada rekan kerja Anda yang memiliki attitude kurang menyenangkan? Saat kerja tim, kepribadian bad attitude bisa memberi rasa kurang nyaman pada rekan lainnya. Jadi, memiliki etika dan attitude yang baik dalam lingkungan kerja adalah suatu keharusan. Dalam kondisi apa pun, sikap profesional ini harus dijunjung tinggi.

Attitude dalam Dunia Kerja

Dunia kerja membutuhkan orang dengan etika dan attitude baik. Tanpa keduanya, perusahaan akan sulit mencari orang kepercayaan, sehingga kinerja perusahaan tidak optimal. Apabila Anda telah memiliki attitude yang baik, maka akan menimbulkan banyak manfaat sebagai berikut.

Karir

Karir bukan hanya urusan pintar, dan bernilai tinggi saja. Dalam berkarir, attitude lebih memiliki banyak peran, karena sikap baik akan berhubungan dengan orang-orang yang menyukai dan terkesan pada kepribadian Anda. 

Attitude yang baik dalam dunia kerja akan membangun karir yang baik juga

Apalagi jika good attitude Anda diikuti dengan knowledge skill attitude. Tiga kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti satu kesatuan untuk pengembangan karir, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Memiliki ketiganya akan mempermudah karir Anda menuju level lebih tinggi. Good attitude, sikap profesional, dan skill mumpuni bisa jadi Jalan Pintar untuk Menggapai Karir impian.

Mudah beradaptasi

Bekerja harus mampu beradaptasi dengan lingkungan, termasuk lingkungan baru. Good attitude akan membawa Anda lebih mudah dalam beradaptasi dengan rekan kerja, atasan, dan tanggung jawab Anda. Mengapa? Karena saat memiliki attitude yang baik, Anda pun akan bersikap sopan dan dapat menghargai orang lain.

Attitude is Everything

Attitude is everything, sikap adalah segalanya dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Jika Anda memiliki sikap baik terhadap sesama, mereka juga akan bersikap baik kepada Anda. Namun, jika sikap Anda kurang baik, orang akan cepat meninggalkan Anda.

Dalam hubungan dengan sesama rekan kerja, memiliki sikap baik adalah keharusan. Supaya terjalin hubungan baik saat bekerja, ingatlah hal di bawah ini.

  • Tidak egois, tidak mementingkan diri sendiri adalah bekal membangun tim bagus dan pekerjaan terselesaikan dengan lancar serta sesuai target.
  • Menghargai orang lain. Bagaimana akan dihargai orang lain jika Anda sendiri tak menghargai orang lain? Menghargai sesama akan membuat hidup Anda bahagia. Sudahkah Anda mengetahui arti bahagia?
  • Dipercaya orang. Memiliki good attitude membuat orang lebih percaya terhadap apa yang Anda lakukan. Orang akan melihat kepribadian Anda berdasarkan sikap dan ketulusan. Hal ini nantinya bisa membawa Anda pada kebaikan tak terduga. 

Lebih Percaya Diri

Percayakah Anda jika attitude yang baik dalam bekerja akan membuat Anda lebih percaya diri? Kebiasaan baik yang sering dilakukan menjadi watak. Watak ini lama kelamaan berubah menjadi karakter. Lalu, karakter baik inilah yang akan terpancar dari dalam diri Anda. Yang mana secara otomatis memperbesar kepercayaan diri. 

Selain itu, rasa percaya diri yang ditimbulkan pun jauh dari kata sombong. Ya, percaya diri memang bagus, namun kepercayaan diri yang berlebihan justru akan menimbulkan sikap sombong atau arogan. Sementara sikap attitude yang baik akan memunculkan kepercayaan diri yang pas dan tepat.

Banyak Teman

Banyak teman akan membuat Anda memiliki link atau koneksi yang banyak pula. Bisa dikatakan jika good attitude memberi ruang yang luas kepada Anda untuk produktif dalam bekerja. Koneksi baik menimbulkan semangat tersendiri dalam bekerja.

Banyak teman juga adalah satu keuntungan memiliki attitude yang baik

Sebuah kesuksesan harus didukung dengan attitude yang baik. Hanya pintar saja tak akan cukup untuk meraih level tertinggi dalam hal kenaikan karir atau promosi jabatan untuk Anda. Ingat, jangan hanya memperhatikan tentang good looking saja, tapi sertai diri Anda dengan good attitude, because attitude is everything.

Agar bisa memiliki sikap yang baik, maka Anda pun harus mampu mengatasi stres, dan mengendalikan emosi negatif dengan berpikir positif. Yang mana hal-hal terkait pengembangan diri tersebut bisa Anda pelajari melalui paket kursus pengembangan diri di QuBisa. Platform belajar online yang menyediakan berbagai kursus online gratis personal development, kursus leadership online, hingga program menarik lainnya. Misalnya saja program KDM, program KSM, dan webinar gratis QuBisa Goes to Campus.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua