Unduh Aplikasi QuBisa
Guna Artificial Intelligence Dalam Layanan Pelanggan
Artikel
Management

Guna Artificial Intelligence Dalam Layanan Pelanggan

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Pernahkah Anda mendengar tentang Artificial Intelligence? Apa penjelasan dan guna Artificial Intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari? Yang dimaksud sebagai Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, merupakan sebuah kemampuan mesin atau komputer, untuk mencontoh bagaimana pola pikir manusia. Ini jenis kecerdasan yang mengagumkan dari robot, mesin, maupun komputer. 

Lalu apa manfaat dan penerapan artificial intelligence dalam bisnis, terutama dalam layanan pelanggan? Tentu saja banyak sekali. Dilihat dari hal paling sederhana yang biasa Anda temukan, seperti kinerja mesin pencari (Google). Anda cukup mengetikkan satu kata atau bahkan satu huruf di search bar, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa kemungkinan kata atau huruf apa yang akan Anda ketikkan setelahnya. 

Begitu juga ketika Anda menggunakan map online, secara otomatis map akan merekomendasikan jalan atau jalur mana yang lebih baik, sehingga Anda bisa mendapatkan perjalanan yang nyaman dan lancar.

Guna Artificial Intelligence dalam Layanan Pelanggan

Tahukah Anda bahwa manfaat kecerdasan buatan di dalam bisnis sangat banyak. Bahkan berbagai perusahaan sudah menaruh harapan besar pada perkembangan artificial intelligence yang lebih canggih di masa depan. Sementara dalam penggunaannya di bidang bisnis maupun layanan pelanggan, AI diharapkan bisa membantu mendatangkan lebih banyak penjualan, membantu dalam menentukan strategi marketing apa yang lebih jitu, atau memiliki peran untuk mengoptimalkan kinerja internal perusahaan.

Di bawah ini beberapa kegunaan artificial intelligence dalam layanan pelanggan, di antaranya:

AI sangat berguna dalam pelayanan pelanggan

Personalisasi Pengalaman Belanja Tiap Pelanggan 

Pada saat calon pelanggan menemukan iklan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya, potensi mereka langsung melakukan pembelian jadi semakin besar. Itu makanya, pemasangan iklan perlu disesuaikan dan harus relevan dengan target pelanggan yang dituju demi meningkatkan engagement para pelanggan terhadap brand. Pada proses pemasangan iklan ada peran AI yang mampu memberikan penawaran yang paling akurat sesuai dengan perilaku pelanggan.

Interaksi Otomatis dengan Pelanggan 

Bisnis bisa terhubung dengan semua pelanggan berkat penggunaan AI. Semua saluran komunikasi yang Anda gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan, seperti email, media sosial, chat, bahkan panggilan telepon. 

Lantas, seperti apa contoh kegunaan artificial intelligence untuk berinteraksi dengan pelanggan? Salah satunya, memberikan respons langsung sesuai dengan apa yang pelanggan mau. Untuk mewujudkannya, perusahaan akan mengumpulkan pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh para pelanggan, mengkategorikannya, dan menyiapkan jawabannya. 

Anda bisa melihatnya langsung pada cara kerja chatbot. Anda cukup melakukan pengaturan saja. Nanti saat ada pelanggan yang menanyakan hal serupa, AI yang akan membantu memberikan jawaban kepada mereka mewakili Anda. 

AI yang diprogram untuk mengerti kebutuhan manusia

Bantuan Real Time untuk Pelanggan 

Karena sekarang zamannya serba internet, maka orang-orang pun akan berinteraksi dengan bisnis sepanjang hari. Tetapi tentu saja tidak ada karyawan yang mau bekerja tanpa berhenti sama sekali. Kalaupun ada, maka sistem shift sudah pasti akan diterapkan. Di sinilah artificial intelligent dibutuhkan. Dengan menerapkan AI, Anda bisa melayani pelanggan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa ada libur.  

Contohnya, aplikasi travel dan hotel. Mereka memakai AI untuk mempermudah komunikasi real time dengan para pelanggan. Ketika pengguna aplikasi sedang mencari rute untuk sampai ke hotel, AI akan memperhitungkan rute paling cepat dan paling nyaman, serta disesuaikan dengan kondisi jalan.

Mengoptimalkan Pengolahan Data 

Jika menggunakan kecerdasan buatan, maka perusahaan bisa saja mendapatkan penemuan penting yang bermanfaat untuk bisnis. Misalnya, informasi yang berhubungan dengan kebiasaan pelanggan, trend pasar, kecenderungan belanja pelanggan, dan masih banyak yang lain. 

Berbekal informasi penting ini, perusahaan pun akan mendapatkan banyak pertimbangan untuk menemukan strategi marketing yang paling jitu. Dengan strategi marketing yang tepat, maka bisnis pun akan semakin maju. 

Sekarang Anda sudah tahu guna artificial intelligence dalam layanan pelanggan. Tinggal sekarang Anda yang memutuskan, hendak memaksimalkan penggunaannya dengan cara apa. Prinsipnya, semakin Anda mengenal siapa pelanggan bisnis Anda, maka semakin mudah Anda melakukan pendekatan, bahkan membuat mereka menjadi pelanggan loyal yang terus melakukan pembelian secara berulang atas produk, layanan bisnis, maupun jasa yang Anda tawarkan. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua