Unduh Aplikasi QuBisa
Contoh Artificial Intelligence yang Mendukung Proses Bisnis
Artikel
Machine Learning

Contoh Artificial Intelligence yang Mendukung Proses Bisnis

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 235 menit membaca

Tak ada yang bisa menghentikan arus perkembangan teknologi yang kini semakin canggih. Manusia seolah semakin bergantung dengan teknologi serba digital, termasuk untuk urusan bisnis. Saat ini ada banyak contoh Artificial Intelligence (AI) yang secara terang-terangan digunakan dalam bisnis dan terbukti meningkatkan omzet para pengusaha.

Di Indonesia, pertumbuhan teknologi AI, atau dikenal juga sebagai kecerdasan buatan, terlihat pada sektor bisnis online, seperti e-commerce, online shop, perbankan, dan operator jaringan seluler. Ya, jenis usaha apa pun dapat memanfaatkan teknologi AI. 

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya juga pada bisnis Anda, berikut ini serangkaian contoh Artificial Intelligence yang mendukung proses bisnis dan bisa jadi pertimbangan.

artificial intelligence memiliki banyak manfaat di masa sekarang

Manfaat Penggunaan AI dalam Bisnis

Sebelum membahas apa saja contoh Artificial Intelligence dalam bisnis sehari-hari, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat teknologi yang satu ini. Sebagai sistem komputer yang bisa bekerja dan bertindak layaknya manusia dalam melakukan pemecahan masalah, AI memang jadi solusi untuk bisnis masa depan. Berikut beberapa fungsi AI yang luar biasa:

Otomasi Proses Bisnis

Dalam setiap bisnis, tentu ada yang namanya pencatatan inventaris. Baik untuk bahan baku, hasil produksi, atau kebutuhan kantor. Apakah Anda termasuk yang masih melakukan pencatatan manual? Hal tersebut jelas buang-buang waktu dan tidak efektif. Berbeda jika Anda menggunakan software bisnis berkonsep AI. Misalnya saja seperti inventory tracking.

Dengan bantuan AI dalam pencatatan barang milik kantor tersebut, Anda bisa memeriksanya secara otomatis. Tentunya ini lebih efektif dan efisien. Sebab, seluruh data terintegrasi, mulai dari stok di gudang, penjualan, dan barang masuk.

Mengurangi Human Error

Seteliti apa pun manusia dalam melakukan pencatatan, tetap bisa melakukan kesalahan. Nah, untuk mengurangi human error, beberapa contoh Artificial Intelligence yang bisa Anda gunakan adalah face recognition, fingerprint detector, hingga barcode identification. AI akan membantu mengurangi kesalahan, entah dalam pencatatan penjualan atau pembelian bahan baku.

Kinerja Bisnis Meningkat

Bisnis yang berkualitas terlihat dari produktivitas yang dimiliki. Setiap pemilik usaha tentu memiliki target tersendiri mengenai pencapaian bisnis. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dalam bisnis, seperti penggunaan mesin produksi yang canggih, tentu produk yang dihasilkan akan meningkat. Ketika produksi meningkat, omzet bisa semakin besar.

articial intelligence membantu meningkatkan omset bisnis

Berikut Contoh Artificial Intelligence untuk Kebutuhan Bisnis

Inventory Monitoring

Ingin proses bisnis berlangsung lebih efektif tanpa perlu repot memantau ketersediaan barang secara manual? Inventory monitoring adalah contoh penggunaan AI terbaik yang bisa dipilih. Dengan bantuan kecerdasan buatan, pemantauan stok barang bisa berlangsung lebih teliti dan akurat, dan data yang disajikan real time, sehingga proses produksi berjalan lancar dan tak ada kekosongan.

Data Mining

Contoh Artificial Intelligence yang berikutnya adalah penggunaan data mining. Melalui pengumpulan data yang diolah melalui machine learning canggih, Anda bisa tahu apa saja produk yang laris, disukai konsumen, hingga yang sebaliknya. Dengan cara ini, berbagai target penjualan dan strategi marketing bisa sangat terbantu.

Aplikasi CRM

Aplikasi customer relationship management (CRM) memungkinkan pemilik bisnis bisa melakukan pengelolaan mendalam terhadap pelanggan, karena bertindak sebagai sistem manajemen penjualan. Melalui aplikasi CRM, penjualan bisa dipantau lebih detail, termasuk urusan operasional, logistik hingga tim administrasi, dan MSDM.

Customer Recommendations

Calon konsumen kadang mengalami kebingungan dalam menentukan produk yang hendak dibeli. Agar pengalaman berbelanja lebih efektif, keberadaan customer recommendations sangat membantu. Teknologi AI ini membantu menentukan produk yang tepat untuk konsumen berdasarkan variabel lokasi, usia, jenis kelamin, sampai mengetahui minat calon konsumen.

Ketika seluruh data sudah terkumpul, maka akan ditemukan produk, atau layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Semua proses bisnis menjadi lebih singkat, efisien, dan efektif berkat Artificial Intelligence.

Layanan Pengiriman

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, masyarakat lebih memilih belanja online, dan melakukan pengiriman barang. Sudah banyak teknologi logistik masa depan yang memungkinkan proses pengiriman barang lebih cepat dan aman berkat keberadaan AI.

Salah satunya adalah Amazon Drones yang sudah diuji coba pada tahun 2016 dan mampu melakukan pengiriman paket hingga lima pound secara aman, dalam waktu kurang dari 30 menit melalui jalur udara.

Tentunya masih banyak contoh Artificial Intelligence yang bisa digunakan dalam bisnis. Hanya saja Anda bisa mulai menggunakan dari yang paling sederhana, seperti data mining, inventory monitoring, hingga aplikasi CRM terlebih dulu. Dengan begitu bisnis yang dikelola bisa berjalan lancar  dan efektif hingga membuat omzet semakin meningkat.

Pelajari materi-materi atau ilmu terkait dengan teknologi kecerdasan buatan dan juga pengembangan bisnis melalui platform belajar online Indonesia, QuBisa. Di QuBisa, ada banyak kursus online gratis, webinar gratis, hingga video microlearning yang membantu Anda dalam menguasai keterampilan digital milenial seperti artificial intelligence, dan keterampilan sukses milenial dengan materi personal branding.

Tak hanya itu, sebagai pemilik usaha, Anda pun bisa mengikuti paket kursus pengembangan diri, dan kursus leadership. Baik secara gratis maupun yang berbayar namun dengan harga yang terjangkau. Selain itu, jika Anda memiliki kemampuan membuat konten video edukatif, QuBisa sedang mengadakan lomba video microlearning festival dengan hadiah jutaan yang bisa Anda ikuti. Kapan lagi bisa bagi ilmu dapat hadiah.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua