Unduh Aplikasi QuBisa
Mengenal Arti Konten dan Jenis-jenisnya
Artikel
Social Media Marketing

Mengenal Arti Konten dan Jenis-jenisnya

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Content is king! Istilah konten tentu sudah tidak asing bagi Anda yang berprofesi sebagai konten kreator atau pekerja di bidang digital marketing. Di internet, konten bisa ditemukan melalui berbagai saluran, seperti konten yang ada di website dan berbagai platform media sosial. Konten menjadi konsumsi warganet setiap hari dalam berbagai bentuk. Ada yang senang dengan konten yang menghibur, konten edukasi, konten yang menginspirasi, bahkan konten promosi.

Apa Itu Konten?

Pengertian konten menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah suatu informasi yang tersedia pada media atau produk elektronik. Konten pada media ini bisa diartikan sebagai suatu alat yang menjadi media berkomunikasi antar pengguna media elektronik. Dengan perkembangan teknologi dan internet saat ini, ada pula yang disebut dengan konten digital.

Apa yang dimaksud dengan konten digital? Konten digital adalah konten dalam berbagai format yang diubah ke bentuk digital. Jadi, konten yang Anda buat bisa dengan mudah dibagikan melalui berbagai jenis perangkat atau gadget. Misalnya Anda membuat konten di laptop, kemudian hasilnya Anda bagikan di media sosial, di messager seperti WhatsApp dan Line, atau bisa pula antar smartphone.

Pada dasarnya, ketika Anda menonton tayangan televisi, termasuk program berita, tandanya Anda sedang menyaksikan suatu konten. Ya, materi, percakapan, hingga tayangan bergerak di televisi merupakan konten.

Jenis-jenis Konten dan Contohnya

Secara garis besar, jenis konten terdiri atas konten tulisan atau teks, gambar, dan audio visual (video). Berikut perbedaan dan contohnya.

konten berupa tulisan

Jenis Konten Tulisan

Jenis konten berupa tulisan atau teks biasanya bisa Anda temukan di halaman website perusahaan atau blog pribadi. Kemudian pada caption postingan di berbagai platform media sosial. Umumnya, jenis konten yang satu ini disesuaikan dengan keinginan dan tujuan pembuatan konten dari pemilik website atau akun media sosial.

Lalu, apakah hanya artikel pada situs web dan deskripsi di media sosial saja yang disebut konten tulisan? Tentu saja tidak. Contoh konten berupa tulisan, di antaranya ada cerita pendek (cerpen), novel, buku motivasi, puisi, teks promosi, isi email, e-book, teks berita, teks narasi, dan lainnya.

Saat ini, konten tulisan semakin beragam dengan adanya strategi digital marketing untuk bisnis. Anda pasti pernah mendengar yang namanya copywriting, kan? Apa itu copywriting? Copywriting adalah metode promosi melalui materi tulisan yang bisa merayu audiens untuk melakukan pembelian. Tertarik mendalami seputar copywriting? Anda bisa mempelajari kursus online gratis yang sudah tersedia di aplikasi e-learning QuBisa, berikut ini:

Jenis Konten Gambar

Jenis konten lainnya adalah konten gambar. Gambar merupakan seni rupa dua dimensi yang memiliki fungsi untuk menerangkan sesuatu. Tak hanya content creator, gambar juga biasanya dibagikan oleh setiap orang. Contoh konten gambar adalah foto, meme, flyer, spanduk, hingga infografis.

Netizen dengan konten kreator tentu memiliki perbedaan dalam mengunggah foto atau gambar di media sosial. Warganet membagikan gambar dengan tujuan sharing terkait keseharian mereka. Berbeda dengan content creator yang lebih banyak membagikan foto untuk kegiatan promosi atau mendapatkan cuan dari internet. Konten berupa gambar biasanya dibuat dengan visualisasi menarik.

konten audio PodCast

Jenis Konten Audio

Konten audio adalah konten berupa suara yang bisa Anda dengarkan. Contoh dari konten audio, yaitu acara radio, voice note, musik dalam format mp3, hingga konten PodCast.

Jenis Konten Audio Visual

Jenis konten audio visual adalah salah satu jenis konten yang cukup kompleks. Mengapa? Sebab melibatkan audio dan video secara bersamaan dalam sebuah karya. Jenis konten ini umumnya ditayangkan pada platform streaming atau media sosial. Bisa juga tayang di televisi.

Melalui konten audio visual, audiens bisa menangkap informasi dengan lebih terstruktur. Contoh konten ini adalah iklan, video YouTube, video TikTok, film, game, dan masih banyak lainnya.

Nah, itulah pengertian konten dan jenis-jenis konten yang ada. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari ide konten

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua