Unduh Aplikasi QuBisa
Aplikasi Training Karyawan: Pengertian dan Manfaatnya
Human Resource

Aplikasi Training Karyawan: Pengertian dan Manfaatnya

Punto Wicaksono13 May 244 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Training karyawan adalah langkah penting dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi karyawan. Berkat kemajuan teknologi, saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi training karyawan.

Adanya aplikasi training karyawan memungkinkan perusahaan menyelenggarakan dan melaksanakan pelatihan dan pengembangan karyawan secara terstruktur. Cari tahu lebih banyak tentang pengertian dan manfaat aplikasi training karyawan di artikel ini, yuk.

Pengertian Aplikasi Training Karyawan

Aplikasi training karyawan adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan program pelatihan karyawan. 

Aplikasi ini dapat karyawan akses secara online melalui perangkat laptop, komputer desktop, smartphone, atau perangkat gadget lainnya. Atau jika penyelenggaraan training secara offline, maka materi pelatihan tinggal diunduh dari aplikasi.

Pada aplikasi training karyawan yang bagus, umumnya telah tersedia bermacam-macam fitur yang mendukung efektivitas proses pelatihan, seperti modul pembelajaran, pelacakan kemajuan, penilaian kinerja, ujian, evaluasi, serta fitur pendukung lainnya.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Training Karyawan Online

1. Menghemat Biaya Pelatihan Karyawan

Ketika menyelenggarakan pelatihan karyawan konvensional, perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk satu kali penyelenggaraan. 

Sementara jika menggunakan aplikasi training karyawan, aksesibilitas lebih tinggi dengan biaya yang jauh lebih hemat. 

Perusahaan tak perlu mengeluarkan biaya yang umumnya dibutuhkan saat mengadakan pelatihan konvensional, seperti biaya transportasi, akomodasi, materi cetak, penyediaan peralatan fisik, dan sebagainya.

Biaya tersebut malah akan berguna kalau perusahaan alokasikan untuk perluasan bisnis, penyediaan infrastruktur dan peralatan pendukung kerja, atau hal penting lain demi pengembangan bisnis.

memungkinkan karyawan mengatur jadwal belajar sendir

2. Memudahkan Karyawan Belajar Kapan pun

Aplikasi training karyawan memungkinkan karyawan mengatur jadwal belajar sendiri. Materi pelatihan karyawan yang lengkap dan terstruktur rapi tetap membantu karyawan belajar dengan lebih mudah.

Karena semuanya bisa diakses dalam satu aplikasi yang sama, karyawan jadi memiliki akses ke materi belajar kapan saja dan di mana saja. 

Fleksibilitas dalam belajar ini juga sudah tentu dapat membantu karyawan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka tanpa mengganggu jadwal kerja.

3. Pengembangan SDM yang Berkelanjutan

Manfaat lain dari penggunaan aplikasi untuk menyelenggarakan training karyawan, perusahaan jadi lebih mudah merancang program pelatihan yang berkelanjutan. 

Karyawan dapat secara berkala mengikuti pelatihan dan training ketika ada keterampilan khusus yang butuh mereka kuasai dan pelajari segera.

Di saat yang sama, perusahaan dapat terus menyediakan materi pelatihan yang relevan dengan perkembangan industri. 

Dengan cara ini, karyawan dapat terus meningkatkan keterampilan karena memiliki akses ke pengetahuan dan penggunaan teknologi terbaru.

4. Memastikan Standarisasi Pelatihan Karyawan

Dalam konteks pelatihan konvensional, pemenuhan standarisasi jelas menjadi tantangan tersendiri. Hal ini karena adanya berbagai faktor, seperti perbedaan instruktur atau perbedaan dalam penyampaian materi. 

Akibatnya, akan menimbulkan berbagai variasi hasil dalam pemahaman dan kualitas pelatihan.

Sementara penggunaan aplikasi training karyawan dapat memastikan karyawan menerima pelatihan yang konsisten dan sesuai dengan standar perusahaan. 

Maksud standarisasi di sini mengacu pada upaya untuk memastikan setiap karyawan menerima materi pelatihan karyawan yang sama dan kualitas serupa. 

Tersedianya materi pelatihan yang seragam, tanpa ada perbedaan signifikan dalam penyampaian, membuat semua karyawan memiliki pemahaman yang konsisten tentang proses dan praktik perusahaan. 

Dengan kata lain, semua orang mendapatkan informasi yang sama dengan kualitas yang setara, yang membantu menciptakan dasar pengetahuan yang seragam di seluruh organisasi.

Konsistensi dan efisiensi dalam pemenuhan standarisasi pelatihan karyawan yang seperti inilah yang akan membantu perusahaan meraih keberhasilan dalam jangka panjang.

Pemantauan Peningkatan Skill Karyawan

5. Lebih Praktis Sesuai Kebutuhan

Penggunaan aplikasi training karyawan online dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sekaligus kebutuhan karyawan.

Artinya, perusahaan tinggal menyusun program pelatihan yang sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan dan target yang ingin dicapai. 

Di saat yang sama, materi dalam program pelatihan tersebut juga sesuai dengan kebutuhan karyawan sehingga dapat membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang baik.

6. HR Bisa Melakukan Pemantauan Peningkatan Skill Karyawan

Penggunaan aplikasi training karyawan memudahkan tim Human Resource (HR) untuk melacak dan memantau peningkatan kompetensi SDM di perusahaan. Adapun proses pemantauan yang HR lakukan, antara lain:

  • Memantau dan mencatat kemajuan setiap karyawan terkait selesai tidaknya mereka mempelajari materi dan penguasaan materi yang dipelajari melalui tes, penilaian, dan indikator lain yang relevan.
  • Menganalisis pencapaian target pelatihan dan apakah ada area atau hal-hal yang perlu perbaikan agar lebih baik dalam penyelenggaraan pelatihan di masa depan.
  • Hasil dari pemantauan kinerja dan analisis data, HR juga bisa mengidentifikasi karyawan mana yang memerlukan dukungan atau bimbingan tambahan, termasuk materi apa saja yang karyawan perlukan untuk pelatihan selanjutnya.

7. Memastikan Perusahaan Memiliki SDM Berkualitas

Ada banyak manfaat membuat training berkesinambungan yang bisa perusahaan dapatkan. Tak hanya menguntungkan perusahaan saja, tetapi peningkatan kompetensi SDM di dalam perusahaan akan membantu perusahaan mencapai target, memudahkan saat hendak ekspansi pasar, bahkan membantu karyawan memiliki jenjang karier yang lebih baik. 

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, berinvestasi dalam penyelenggaraan pelatihan karyawan adalah langkah yang bijak dan perlu perusahaan lakukan. Apalagi saat ini sudah tersedia aplikasi training karyawan. Namun sebelum memutuskan menggunakan aplikasi tertentu, pastikan dulu kamu sudah tahu beberapa Fitur Wajib Ada Pada Aplikasi Training Karyawan Online.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua