Unduh Aplikasi QuBisa
Aplikasi untuk Membuat Portofolio Lamaran Kerja dan Contohnya
Artikel
Recruitment & Selection

Aplikasi untuk Membuat Portofolio Lamaran Kerja dan Contohnya

Punto Wicaksono18 Apr 234 menit membaca

Membuat portofolio lamaran kerja bisa menggunakan aplikasi Adobe portfolio, Wix, Carbonmade, Squarespace, Behance, Dribbble, Canva, dan masih banyak lagi. Cek di sini berbagai aplikasi untuk membuat portofolio kerja. 

Aplikasi untuk Membuat Portofolio Lamaran Kerja

Membuat portofolio menjadi salah satu hal yang penting bagi para pencari kerja untuk menunjukkan kemampuan dan pengalaman mereka di tengah persaingan pencari kerja yang semakin ketat. 

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan dalam mendesain dan membuat portofolio yang menarik. Untungnya, ada aplikasi pembuat portofolio, beberapa di antaranya, yaitu:

1. Adobe Portfolio

Adobe portfolio adalah salah satu platform yang memungkinkan kamu membuat portofolio dengan tampilan yang menarik, clean, dan minimalis. Tersedia berbagai macam template yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Bahkan fitur-fiturnya ramah serta mudah digunakan oleh orang yang belum terbiasa membuat desain. Selain itu, Adobe Portfolio sudah terintegrasi dengan creative cloud sehingga memudahkan kamu mengakses berbagai karya yang sudah kamu buat menggunakan Adobe.

2. Wix

Kamu pasti pernah dengan platform bernama Wix ini, kan? Ya, ini platform untuk membuat website maupun blog yang cukup populer dan sudah banyak penggunanya dari berbagai belahan dunia. 

Nah, tahu tidak, kamu juga bisa membuat portofolio menggunakan Wix lho. Fitur-fiturnya user friendly banget, sebab sudah tersedia cukup banyak pilihan template. Kamu tinggal drag and drop, kemudian lakukan editing. Bahkan kamu juga bisa menambahkan video dan gambar sehingga tampilan portofolio kamu terlihat profesional.

Webiste Wix.com

3. Carbonmade

Carbonmade adalah aplikasi pembuat portofolio online yang dirancang untuk para kreatif, seperti desainer grafis, fotografer, dan illustrator. Aplikasi ini menawarkan template yang unik dan menarik, serta fitur-fitur khusus yang memudahkan para kreatif untuk menampilkan karya mereka dengan baik. 

Menggunakan aplikasi ini memungkinkan kamu memilih tema yang tersedia mengatur layout, menambahkan konten, dan menyesuaikan warna sesuai dengan preferensi masing-masing. Selain itu, Carbonmade juga memiliki kemampuan untuk mengintegrasi portofolio kerja dengan media sosial.

4. Squarespace

Squarespace dikenal sebagai salah satu platform website yang menyediakan berbagai fitur dan template untuk membuat website dengan desain profesional. 

Tak hanya untuk membuat situs web maupun blog saja, menggunakan platform ini juga memungkinkan kamu membuat portofolio dengan cara yang cepat dan praktis. 

Apalagi sudah tersedia berbagai fitur pembuatan portofolio kerja yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. 

5. Format

Format adalah aplikasi pembuat portofolio online yang menawarkan template elegan dan terlihat profesional. Antarmukanya sangat intuitif sehingga memudahkan kamu mengatur konten, menambahkan foto atau video, serta membuat halaman lain seperti “Tentang Saya” dan “Kontak” dalam waktu singkat.

6. Behance

Behance merupakan platform yang sangat populer digunakan oleh orang-orang yang bekerja di bidang kreatif. Sebab, platform ini memang dirancang khusus untuk para kreatif, seperti desainer grafis, illustrator, dan fotografer. 

Selain digunakan untuk berbagi karya, Behance juga memiliki fitur yang lengkap dan memudahkan kamu dalam membuat portofolio kerja.

Aplikasi Behance

7. Dribbble

Dribbble serupa dengan Behance, namun lebih berfokus pada desain-interaktif, animasi dan ilustrasi. Dribbble menyediakan berbagai fitur khusus yang bisa membantu kamu menampilkan karya secara online, sekaligus mendapatkan feedback dari anggota komunitas yang ada di Dribbble. 

Kalau kamu pekerja kreatif atau ingin berkarir di dunia kreatif, coba tampilkan karyamu di Dribbble. Dengan cara ini, kamu sekaligus juga memiliki portofolio online yang bisa diakses siapa pun.

Apakah Fresh Graduate Perlu Membuat Portofolio?

Saat ini, banyak perusahaan yang mempertimbangkan pelamar yang memiliki portofolio yang menarik dalam proses seleksi karyawan. 

Hal ini tentunya tidak hanya berlaku untuk mereka yang sudah berpengalaman. Bahkan sebagai fresh graduate atau mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan atau magang, membuat portofolio kerja dapat menjadi nilai tambah. 

Jika kamu seorang fresh graduate, kamu perlu membuat portofolio untuk memperlihatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Adanya portofolio juga membuat kamu lebih unggul dibandingkan kandidat pelamar kerja lainnya. 

Sudah siap membuat portofoliomu sendiri? Pelajari caranya dengan klik link berikut: Cara Membuat Portofolio Kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua