Unduh Aplikasi QuBisa
Apa itu Side Hustle dan Cara Memulainya
Career Development

Apa itu Side Hustle dan Cara Memulainya

Wanda Indana18 Jan 237 menit membaca

Kamu tahu side hustle? Belakangan istilah side hustle mulai populer sejak pandemi covid-19 yang memengaruhi perekonomian dunia termasuk Indonesia.

Side hustle mirip dengan kerja sampingan atau side job yang bisa mengisi waktu luang untuk melakukan pekerjaan di rumah dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Nah, buat kamu yang mempunyai penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama, bisa mencoba untuk memulai side hustle.

Lalu, apa itu side hustle sebenarnaya dan bagaimana cara memulainya? Langsung saja, yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Side Hustle?

Dikutip dari Indeed, side hustle adalah pekerjaan dimiliki oleh seseorang di samping pekerjaan utamanya. Tujuan utama melakukan side hustle adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, pada beberapa orang ada yang melakukan side hustle hanya sekadar untuk menjalankan hobi atau passion.

Beberapa contoh pekerjaan side hustle:

  • Fotografer
  • Online tutor
  • Penulis
  • Videografer
  • Desainer

Manfaat side hustle

Berikut beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika melakukan side hustle.

1. Stabilitas finansial

Saat kamu melakukan side hustle tentunya kamu akan mendapatkan tambahan pemasukan. Namun, hal ini tidak bisa dicapai begitu saja. Kamu mesti mengatur jadwal harian yang jelas dan usaha yang serius.

2. Kesempatan mengejar passion

Fakta di lapangan cukup menggamabarkan bahwa ada banyak orang yang bekerja tidak sesuai passion. Nah. side hustle bisa menjadi alternatif bagi kamu yang masih menginginkan untuk tetap memiliki karir sesuai passion.  Misalnya, berbisnis, membuat proyek dengankolega, dan melakukan hobi yang menghasilkan, seperti content creator atau menjadi instruktur.

3. Meningkatkan kemampuan dan belajar skill baru

Melakukan side hustle memberimu kesempatan untuk mengembangkan skill yang dibutuhkan dalam jenis pekerjaan yang dijalani. Misalnya kamu memiliki pekerjaan utama sebagai akuntan. Di sisi lain kamu memiliki minat yang sangat tinggi dalam wirausaha. Nah, kedua skill tersebut masih berkaitan satu sama lain dan sangat berguna untuk pengembangan karir ke depan.

4. Memperluas relasi

Manfaat berikutnya adalah dapat memperluas relasi. Iya, melakukan side hustle memungkinkan kamu bekerja di dalam dunia yang berbeda. Bekerja dari satu pihak ke pihak lainnya tentu membuat kamu mengenal berbagai macam orang. Kalau kinerjamu bagus, tidak menutup akan ada tawaran yang berhubungan dengan side hustle jadi lebih banyak dari pekerjaan utamamu.  

Cara Memulai Side Hustle

Berikut cara memulai side hustle yang perlu diperhatikan.

1. Bagi Waktu

Cara pertama yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa kamu mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan side hustle. Fatal akibatnya kalau kamu tidak bisa membagi waktu. Jangan sampai pekerjaan utama terganggu gara-gara tak bisa mengatur waktu.

Misalnya begini, kamu memiliki 8 jam untuk fokus pada pekerjaan utama, yakni pukul 9 pagi hingga 5 sore. Lalu, sisa waktu yang memungkinkan kamu melakukan side hustle adalah sebanyak 3 jam. Nah, di 3 jam tersebutlah kamu manfaatkan untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan side hustle.

Ini tidak mutlak berlaku untuk setiap orang. Sebab, masing-masing orang memiliki pekerjaan dan pembagian waktu yang berbeda-beda. Terpenting kamu dapat membagi waktu dan bisa menentukan prioritas.

2. Mulai dari hal kecil

Memulai side hustle dari hal-hal kecil memungkinkan kamu memperkirakan kemampuanmu di awal. Jangan sampai kamu melakukan side hustle tapa perencanaan yang matang. Kamu mesti bisa menyusun rencana secara matang sebelum benar-benar memutuskan menjalankan side hustle secara maksimal. Jadi, mulai dari hal kecil dulu.

3. Sesuaikan dengan Skill

Misalnya kamu memiliki skill menulis, tapi kamu ingin memulai side hustle di bidang videografer. Hal tersebut tidaklah salah, apalagi kalau kamu memang mau mendalami skill di bidang content creator. Tapi, kalau menginginkan hasil yang lebih cepat, ada baiknya untuk memulai side hustle di bidang yang sesuai atau berkaitan dengan skill-mu. Misalnya, mempelajari cara menulis yang tidak enak dibaca, tapi juga ramah bagi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization).

Sebab, pada akhirnya, side hustle bisa menjadi peluang bagi kamu untuk mencari penghasilan tambahan sekaligus mengejar passion. Tapi sekali lagi, jangan lupa untuk seimbangkan dengan pekerjaan utama.

Itulah ulasan tentang apa itu side hustle dan cara memulainya. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memulai side hustle?

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa menonton microlearning berjudul Potensi Income Tambahan secara gratis dari platform belajar online QuBisa.

 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua