Unduh Aplikasi QuBisa
5 Tips Memilih Project dengan Bijaksana
Artikel
Career Development

5 Tips Memilih Project dengan Bijaksana

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Ada berbagai pekerjaan di dunia ini, baik pekerjaan yang diinginkan banyak orang maupun tidak, termasuk pekerjaan yang Anda tekuni sekarang. Dalam bekerja, pasti ada hal-hal yang terkadang menyulitkan Anda. Misalnya, Anda mengalami kesulitan dalam memilih project dengan bijaksana, dan mana yang harus Anda prioritaskan dalam pekerjaan. 

Sering pula terjadi, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan berbagai proyek. Ini artinya, prestasi dan kemampuan Anda dipercayai orang lain sehingga mereka memberikan pekerjaan tersebut kepada Anda. Sayangnya, banyak project, terlalu sedikit waktu yang Anda rasakan, sehingga ada pekerjaan-pekerjaan yang tak bisa Anda selesaikan dengan baik.

5 Tips Memilih Proyek dengan Bijaksana untuk Hasil Kerja Maksimal

Jika Anda termasuk ke dalam orang-orang yang seringkali mengalami kesulitan dalam memilih suatu proyek prioritas, silakan simak tips-tips berikut ini :

Tentukan dari Mana Anda Ingin Memulai

Ada berbagai alasan kurangnya waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu, mengingat setiap orang di muka bumi ini memiliki jumlah waktu yang sama, yaitu 24 jam

Maka, langkah pertama yang bisa Anda lakukan, tentukan dulu pekerjaan mana yang jadi prioritas utama. Di sini, Anda bisa memilih pekerjaan yang tenggat waktunya paling dekat, membutuhkan konsentrasi lebih banyak, dan sebagainya. Prinsipnya, setiap pekerjaan akan terasa lebih mudah jika Anda memiliki timeline yang jelas dan terstruktur.

5 Tips Memilih Project dengan Bijaksana

Lihat dari Deadline­ yang Diberikan

Setiap project, tidak peduli besar ataupun kecil, dapat dipastikan memiliki deadline untuk dapat dipatuhi oleh orang yang mengerjakannya. Untuk itu, Anda bisa mulai dari project yang paling dekat ­deadline-nya dengan tanggal hari ini. Cobalah membuat jadwal dalam agenda Anda sesuai dengan project mana yang ­memiliki deadline paling dekat dengan tanggal hari ini.

Cara tersebut merupakan salah satu tips untuk bisa mengelola waktu dengan baik. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengetahui dengan pasti manfaat mengelola waktu

Untuk dapat memanfaatkan waktu yang tersedia secara maksimal, Anda memang perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baru yang produktif. Anda juga bisa menerapkan tips meningkatkan produktivitas kerja yang efektif.

Kesinambungan Antar Project

Jika Anda mendapatkan dua project dalam waktu yang bersamaan, tapi keduanya memiliki tema yang berbeda satu sama lain, mana yang lebih dulu akan Anda kerjakan?

Mari kita ilustrasikan, jika project A bertemakan digital marketing, lalu project B bertemakan finance, tentu Anda akan merasa kesulitan dalam mencari referensi serta menyamakan relasi antar project tersebut, bukan?

Inilah saat di mana Anda dapat memanfaatkan berbagai macam tools yang sudah tersedia di internet untuk membantu produktivitas Anda dalam bekerja. Tools ini akan membantu Anda mengerjakan project satu per satu. 

Tingkat Kesulitan Pengerjaannya

Anda juga dapat memilih project mana yang akan Anda prioritaskan dari tingkat kesulitan yang akan dihadapi. Untuk mengerjakan suatu project dalam dunia digital, Anda dituntut bukan hanya harus bekerja keras, namun juga bekerja cerdas atau mahir dalam memanfaatkan teknologi yang ada. 

Oleh karena itu, Anda pasti dapat membedakan tingkat kesulitan antara project yang satu dengan yang lainnya. Seandainya Anda masih dibuat bingung, bagaimana cara menentukan tingkat kesulitan suatu project, Anda dapat mengukurnya dari ­deadline yang diberikan.

Anda juga bisa melihat workflow pekerjaan tersebut, serta kelengkapan bahan atau materi yang diperlukan untuk mendukung berjalannya pengerjaan project tersebut.

memilih project prioritas dan mengerjakan project sesuai deadline

Bidang dan Kemampuan Anda

Dalam memilih pekerjaan mana yang akan Anda selesaikan terlebih dahulu, tentunya Anda harus menentukan kesesuaian dengan bidang dari project dengan kemampuan yang Anda miliki. Sebelum lanjut membaca, coba tonton dulu video mengenai Bagaimana Caranya Eliminasi Berbagai Macam Pekerjaan Penting?

Melakukan eliminasi pekerjaan perlu dilakukan selama Anda sudah tahu caranya. Kemudian, Anda bisa mulai memilah dan memilih kategori pekerjaan mana yang sebaiknya dikerjakan lebih dulu. 

Jika bidang dalam project tersebut sudah Anda kuasai, maka lakukan terlebih dahulu karena Anda cenderung tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakannya. Otomatis, pekerjaan pun bisa lebih cepat selesai dan Anda bisa langsung berpindah ke project selanjutnya

Sebaliknya, jika bidang dalam project tersebut merupakan sesuatu yang tidak familiar bagi Anda, maka Anda memerlukan waktu terlebih dahulu untuk mempelajarinya. Maka, ada lebih banyak waktu yang harus Anda sediakan agar pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan baik.

Dengan cara seperti ini, Anda dapat memilih waktu dan cara pengerjaan yang lebih efisien. Selain dapat meningkatkan produktivitas kerja, Anda juga tidak akan terbebani dengan project yang belum Anda kuasai.

Ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan manajemen waktu yang baik sehingga ada lebih banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan, yaitu dengan membuat Matrix Time Balance Bagi Kaum Milenial dan rencana kerja. Lengkapnya, Anda bisa mempelajari semuanya melalui webinar gratis, kursus online gratis dan kursus online berbayar, atau seminar online yang diselenggarakan di QuBisa platform belajar online Indonesia

Satu hal yang harus Anda ingat, sikap Anda dalam mengerjakan berbagai project akan mendukung produktivitas Anda dalam bekerja. Semakin banyak Anda mengulur waktu dalam menyelesaikan suatu project, semakin sedikit pula waktu yang tersisa untuk membuat hasil pekerjaan yang sempurna.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua