Unduh Aplikasi QuBisa
5 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop
Social Media Marketing

5 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

Johana Novianti Hestriana25 Dec 235 menit membaca

Bagi kamu yang menggunakan TikTok sebagai media jualan online dan ingin meningkatkan penjualan, maka kamu bisa menggunakan TikTok shop. Kemudian, terapkan 5 strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan, seperti optimalkan katalog produk, memberi panduan cara belanja, promosi produk dengan fitur TikTok live, dan sebagainya. Simak cara meningkatkan penjualan di TikTok shop, yuk.

5 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

TikTok shop adalah platform e-commerce yang memberi ruang kepada para pedagang atau penjual untuk menawarkan produk dan layanannya ke para pengguna TikTok. 

Selain itu, TikTok shop juga menyediakan fitur yang membuat para penjual bisa berkreasi dalam menawarkan bisnisnya. Entah lewat konten video pendek, fitur live shopping, dan bisa juga bekerja sama dengan kreator atau influencer.

Berikut ini cara meningkatkan penjualan di TikTok shop menurut Lutfi Amalia Adel serta merangkum sejumlah sumber lainnya. 

1. Optimalkan Katalog Produk

Cara meningkatkan penjualan di TikTok shop, kamu bisa mulai dengan mengoptimalkan katalog produk di etalase TikTok shop. Fokus pada kualitas dan gaya gambar produk yang estetik dan konsisten agar menarik minat konsumen. 

Trik rahasia lainnya, pastikan judul produk kurang dari 34 karakter sesuai batas yang diberikan TikTok, serta masukkan informasi dasar tentang produk dalam judul. 

2. Kenali Perilaku Audiens di TikTok

Hasil studi TikTok Marketing Science Global E-commerce Study 2022 mendapati bahwa sebanyak 76% pengguna TikTok cenderung melihat postingan dengan tagar atau merek yang sedang tren saat mempertimbangkan membeli sesuatu. 

Karena peluang terjadinya penjualan di TikTok sangat besar dan kamu sudah tahu perilaku audiens di TikTok, maka pastikan pengguna TikTok mengenal akun TikTop shop kamu. 

Untuk itu, pastikan kamu rutin melakukan promosi di TikTok, bahkan di berbagai media digital lainnya. Misalnya dengan mencantumkan tautan link ke akun TikTok shop milik kamu.

Jangan lupa, beritahu audiens produk apa yang bisa mereka dapatkan, termasuk keuntungan dan promosi yang sedang berlangsung. Lalu tambahkan informasi cara membeli produknya. 

Audiens di TikTok

3. Promosi Produk dengan Fitur TikTok Live

Masih dari hasil studi TikTok Marketing Science Global E-commerce Study 2022, ada sebanyak 51% pengguna TikTok lebih senang mencari tahu tentang produk dari iklan, dan sebanyak 87% pengguna lebih senang menyaksikan video live sembari mempertimbangkan pembelian.

Artinya, kamu bisa lho mempromosikan produk jualan dengan membuat konten video tentang apa keunikan dan kelebihan produk, alasan mengapa konsumen harus membelinya, trik cara menggunakan, dan semacamnya. 

“Gunakan juga fitur TikTok Live supaya kamu bisa berinteraksi lebih lama dan secara langsung dengan audiens,” ujar Lutfi Amalia, praktisi digital marketing saat mengisi pembelajaran microlearning QuBisa berjudul Cara Memulai TikTok Shop

4. Kerja Sama Dengan Influencer

Pengguna TikTok di Indonesia sampai April 2022 mencapai 99,1 juta orang atau kedua terbesar setelah Amerika Serikat. 

Jadi, wajar saja kalau TikTok shop menjadi wadah yang tepat bagi pebisnis sebagai cara untuk meningkatkan penjualan. 

Saking banyak penggunanya, dan banyak menghasilkan video viral, TikTok ibaratnya kerap menghadirkan budaya dan kebiasaan baru. 

Nah, kalau merasa kurang berpengalaman mengikuti tren di TikTok, kamu bisa bekerja sama dengan ahlinya, yakni pada influencer

Bantuan influencer memungkinkan kamu menghasilkan konten yang tidak cepat tenggelam dalam algoritma TikTok. 

5. Manfaatkan TikTok Ads

TikTok secara resmi meluncurkan fitur TikTok shop sejak April 2021. Survei Populix berjudul The Social Commerce Landscape in Indonesia menyebutkan sebanyak 86% masyarakat Indonesia mengaku pernah berbelanja melalui platform media sosial. 

Dan, TikTok shop menjadi media sosial yang paling sering digunakan dengan angka sebesar 45%. Supaya produk dan akun kamu bisa menjangkau audiens secara lebih luas, manfaatkan juga TikTok ads. 

Ada empat jenis TikTok ads yang bisa kamu pilih yakni:

  • InFeed Ads: iklan yang muncul saat pengguna scroll feed.
  • Branded Filter: iklan berupa efek khusus tentang informasi produk. 
  • Promotes Hashtag Challenge: iklan dengan mengajak pengguna menggunakan tantangan tagar atau hashtag
  • Brand Takeover: iklan eksklusif dalam bentuk image, gif, atau video yang muncul sehari sekali ketika pengguna membuka aplikasi. 

Manfaat dan Cara Daftar TikTok Shop

TikTok adalah platform audio visual yang memungkinkan penggunanya membuat, mengedit, dan berbagi video. Kalau dulu pengguna TikTok dianggap ‘alay’, kini justru berubah. 

Pengguna TikTok tak hanya sekadar berjoget di depan kamera, namun juga mampu menghasilkan konten-konten kreatif. 

Jumlah pengguna yang besar membuat TikTok menjadi media sosial yang efektif sebagai tempat jualan. Itu kenapa muncul fitur TikTok for Business

Kalau kamu mengubah akun dari yang biasa menjadi akun bisnis, kamu akan mendapat beberapa keuntungan. Di antaranya, bisa melihat engagement atau interaksi dengan pengguna, melacak performa akun secara realtime, bahkan bisa mengetahui tren video yang masuk dalam FYP TikTok

Jika sudah memiliki akun TikTok for Business, kamu tinggal meluncurkan TikTok shop. Caranya:

  • Kunjungi situs resmi TikTok. 
  • Lalu pilih menu Sign Up sebagai seller
  • Lengkapi informasi toko.
  • Lakukan verifikasi akun TikTok Seller
  • Tambahkan foto produk di akun TikTok shop
  • Terakhir, hubungkan dengan rekening bank melalui menu link bank account

Lutfi Amalia Adel, praktisi digital marketing yang juga banyak berbagai berbagai materi di microlearning QuBisa mengatakan, “TikTok Shop efektif untuk kamu yang berjualan barang. Kalaupun menjual jasa, kamu harus memperbanyak konten video yang menarik sebagai cara promosi.”

Cara meningkatkan penjualan di TikTok shop intinya mengandalkan kreativitas dan kemampuan membuat konten TikTok yang menarik, melakukan upaya pemasaran, serta menjaga interaksi dengan audiens. Selain itu, terapkan juga TikTok Marketing. Hmm, strateginya bagaimana? Baca di sini penjelasannya: TikTok Marketing: Cara Promosi di TikTok dengan TikTok Ads.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua