Unduh Aplikasi QuBisa
4 Tipe Money Scripts Dalam Perencanaan Keuangan
Artikel
Finance

4 Tipe Money Scripts Dalam Perencanaan Keuangan

Johana Novianti Hestriana24 Jan 236 menit membaca

Kebiasaan sejak kecil, budaya dalam keluarga, didikan orang tua, ternyata sangat memengaruhi cara kita memandang uang dan bagaimana kita melakukan perencanaan keuangan. Ini disebut sebagai money scripts atau keyakinan bawah sadar yang tertanam sejak kecil tentang konsep uang. 

Pada perkembangannya, money scripts ini akan berdampak besar pada kesehatan finansial Anda. Money scripts akan tampak dari cara Anda membuat perencanaan keuangan, membelanjakan uang, menabung, sampai apapun yang Anda pikirkan tentang uang. Artinya, money scripts akan berdampak pada kebiasaan keuangan Anda, baik ataupun buruk. 

Yuk, pelajari apa itu money scripts serta bagaimana dampaknya pada cara perencanaan keuangan Anda. 

Pengertian Money scripts

Mengutip Clarity Wealth Development, money scripts adalah cara berpikir Anda tentang uang yang mengungkapkan banyak hal tentang Anda sebagai pribadi, sekaligus tentang seberapa baik Anda dalam menabung dan merencanakan masa depan. 

Sementara itu, Finmasters menjelaskan bahwa money scripts adalah keyakinan bawah sadar tentang uang yang berkembang sejak masa kanak-kanak. Keyakinan ini dibentuk berdasarkan pengalaman dan kebiasaan yang orang tua wariskan kepada Anda. 

Istilah money scripts lahir dari psikolog keuangan Ted Klontz dan Brad Klontz pada 2011 melalui studi Jurnal Terapi Keuangan. Dalam studinya, dua psikolog keuangan ini hendak mendapati jawaban atas pertanyaan, seperti pantaskah saya mendapat uang? Apakah uang bisa menyelesaikan semua masalah? Apa arti uang dalam hidup? Dan sebagainya. 

Mengapa konsep tentang uang terbentuk sejak kita masih kecil? Contohnya begini. Anda mungkin pernah menyaksikan sendiri bagaimana orang tua bertengkar tentang uang. Misalnya, ternyata jumlah uang mereka tidak cukup untuk belanja bulanan, termasuk membayar berbagai tagihan. Atau, orang tua bertengkar tentang buruknya perencanaan keuangan keluarga. Mengutip Truist.com hal ini bisa membuat stres seorang anak yang tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi. 

Dialog tidak sehat tentang uang yang menyebabkan pertengkaran dan rasa sakit akan memengaruhi anak-anak ketika mereka bertumbuh dewasa. Skrip ini bakal terekam dalam memori anak-anak. 

Sementara, di sisi lain, money scripts yang positif, misalnya ketika orang tua membuat perencanaan keuangan dengan matang, melakukan kebiasaan keuangan yang baik, bicara jujur dan terbuka tentang uang, itu semua akan berdampak positif dalam mindset anak-anak soal uang. Mereka akan berpandangan, uang bukan sumber pertengkaran.

Tipe Money scripts

Adapun tipe money scripts terdiri dari empat, yakni:

Money avoidance

Orang dengan tipe money scripts ini cenderung menganggap uang sebagai hal yang negatif. Mereka meyakini bahwa orang kaya itu serakah, uang sebagai sumber segala kejahatan, dan cenderung menghindari dari perencanaan keuangan. Mereka menganggap perencanaan keuangan sebagai tanggung jawab yang berat dan menguras energi. 

Selain itu, orang dengan tipe ini cenderung mudah mengeluarkan uang. Mereka merasa uangnya terlalu banyak, sehingga terus berbelanja dan membeli hal yang tidak mereka perlukan. 

Money worship

Orang dengan tipe ini merupakan kebalikan dari money avoidance dan cenderung memuja uang. Mereka menganggap uang sebagai satu-satunya jalan untuk mendapatkan stabilitas. Mereka akan merasa, dengan membeli barang tertentu, maka akan mendapat kesenangan. Lalu, kekayaan adalah kebebasan, dan dengan uang bisa mengatasi apa saja. 

Money status

Tipe money scripts ini mirip dengan tipe money worship. Bedanya, tipe money status yakin bahwa uang berkaitan erat dengan harga diri mereka. Memiliki lebih banyak uang atau barang membuat mereka merasa lebih berharga. Mereka meyakini, orang kaya akan lebih berbahagia ketimbang yang berpenghasilan rendah. 

Money vigilance

Tipe ini menjadi yang paling sehat di antara empat tipe money scripts yang ada. Kewaspadaan terhadap uang membuat orang dengan tipe ini sering mengevaluasi kebiasaan finansial untuk memastikan bahwa mereka mencapai tujuan dan membuat keputusan dengan bijak. Sayangnya, tipe orang money vigilance rela mengorbankan kegembiraan, bahkan kesehatannya sendiri demi berhemat. 

Cara Perencanaan Keuangan 

Lalu bagaimana cara perencanaan keuangan untuk  mengatasi kekurangan dari tipe-tipe money scripts di atas? 

Money avoidance

Pisahkan konsep baik dan jahat dari uang. Mulailah berpikir bahwa uang bisa memberi nilai tambah pada hidup Anda. 

Money worship

Orang dengan kecenderungan money scripts ini mesti mengingatkan dirinya bahwa uang penting, namun bukanlah akhir dari kehidupan yang sempurna. Sebaiknya, buat daftar apa saja hal penting dalam hidup Anda. Misalnya, keluarga, teman, hobi, dan hal lain yang tidak semata membutuhkan uang untuk menikmatinya. 

Money status

Coba ingat kembali, kebiasaan atau hal apa yang membuat Anda berpikir bahwa uang menjadi penentu status Anda. Bisa jadi ketika tumbuh dewasa, Anda melihat teman atau kerabat yang selalu punya barang bagus dan Anda merasa rendah diri. Ubah prioritas Anda dalam membelanjakan uang. 

Money vigilance

Waspada dalam perencanaan keuangan tentu berdampak positif. Anda jadi bisa menganggarkan uang sesuai dengan kebutuhan, lalu membaginya untuk tabungan dan kebutuhan lainnya. Namun, ingat untuk jangan menjadi orang yang pelit, sehingga Anda mengorbankan biasa kesehatan atau untuk kebahagiaan Anda. 

Jika Anda salah satu tipe money scripts tersebut ada dalam diri Anda, tak ada salahnya untuk mulai mengubah mindset tentang uang dan memperbaiki perencanaan keuangan Anda. Selain itu, simak ulasan-ulasan inspiratif lain soal perencanaan keuangan di microlearning QuBisa berikut:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua