Unduh Aplikasi QuBisa
10 Kriteria Pemimpin yang Wajib Diketahui
Artikel
Leadership

10 Kriteria Pemimpin yang Wajib Diketahui

Gilang Maulani11 Jun 234 menit membaca

Untuk menjadi seorang pemimpin, kamu perlu memiliki kriteria pemimpin yang ideal, kredibel, dan profesional. Beberapa kriteria pemimpin, antara lain memiliki integritas, menginspirasi, mampu berkomunikasi dengan baik, problem solving, dan masih banyak lagi. Yuk, pelajari kriteria pemimpin masa depan di sini. 

10 Kriteria Pemimpin yang Harus Kamu Miliki

Setiap pemimpin punya sikap kepemimpinan yang berbeda-beda tergantung karakter dan kepribadiannya. Meski begitu, ada kriteria tertentu yang akan membedakan pemimpin yang ideal dan kredibel dengan pemimpin yang biasa saja. 

Berikut 10 kriteria pemimpin yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang atasan yang mampu membawa tim mencapai target-target yang telah ditetapkan.

1. Memiliki Integritas

“Kualitas tertinggi dari kepemimpinan yang ideal adalah integritas. Tanpanya, tidak ada kesuksesan yang nyata.” Pernyataan ini pernah diucapkan oleh Presiden Amerika Serikat ke-34, Dwight D. Eisenhower. 

Kejujuran dan integritas adalah kunci utama untuk menjadi seorang pemimpin ideal. Pemimpin yang jujur tentu akan mendapatkan karyawan yang jujur pula.

2. Menginspirasi

Kriteria pemimpin ideal selanjutnya adalah mampu menginspirasi banyak orang dengan memberikan contoh dan teladan yang baik. Pemimpin seperti ini akan tahu tugas dan peran pemimpin dalam perusahaan

John Quincy Adams mengatakan, jika tindakan kamu menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih banyak, maka kamu adalah seorang pemimpin.

3. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Seorang pemimpin kredibel memiliki kriteria pemimpin yang mampu mengkomunikasikan visi dan misi dengan baik. 

Bahkan, pemimpin ini juga memiliki strategi komunikasi efektif yang kemudian menciptakan pola komunikasi yang solid antar karyawan yang dipimpinnya. 

Komunikasi menjadi aspek paling krusial dalam membangun budaya kerja yang produktif.

10 Kriteria pemimpin yang wajib diketahui agar bisa mendapatkan pemimpin yang ideal untuk tim Anda di perusahaan

4. Mampu Mengambil Keputusan dengan Bijak

Kriteria pemimpin ideal selanjutnya adalah mampu mengambil keputusan yang tepat di waktu yang tepat. Keputusan yang kamu ambil harus memberi dampak besar bagi seluruh anggota tim untuk mencapai kesuksesan bersama. 

Dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin tidak segan untuk berdiskusi dengan bawahannya untuk mendapatkan banyak pilihan solusi untuk dipertimbangkan. 

Hal ini karena, pemimpin perlu cerdas menganalisis permasalahan dan jitu dalam pengambilan keputusan.

5. Kreatif dan Inovatif

Steve Jobs, seorang tokoh bisnis yang berpengaruh, mengatakan bahwa salah satu hal yang membedakan seorang pemimpin dengan pengikut adalah inovasi. 

Untuk terus bersaing di dunia yang serba cepat ini, kamu harus kreatif dan inovatif. Dua hal ini akan membuat kamu dan tim menonjol dari yang lain. 

Ide-ide out of the box dibutuhkan untuk terus menciptakan inovasi. Agar menjadi lebih kreatif dan inovatif, kamu bisa terus belajar dan melatih diri berkaitan dengan cara berpikir kreatif.

6. Akuntabilitas

Arnold H. Glasow menyebutkan kriteria pemimpin ideal seharusnya siap menerima lebih banyak kritikan atas kesalahan daripada pujian atas keberhasilan. 

Sikap kepemimpinan tanpa sekat adalah yang dapat mengajak seluruh individu di dalam tim bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Hal ini, tentu akan dapat dibina jika kamu sebagai pemimpin memiliki akuntabilitas.

7. Percaya Diri dan Optimis

Keahlian pemimpin masa depan berikutnya yang harus kamu miliki adalah percaya diri. Percaya diri bisa meliputi kesiapan kamu dalam mengambil keputusan, kesediaan mengambil risiko, dan kepercayaan yang kamu berikan kepada tim dalam menangani tugas.

Kamu perlu mengembangkan rasa percaya diri, sehingga memiliki sikap optimis atas tanggung jawab yang perlu kamu penuhi. 

Selanjutnya, karyawan yang kamu pimpin pun bisa ikut optimis dengan tantangan yang dihadapi bersama. Tumbuhkan keyakinan bahwa kamu dan tim akan mencapai kesuksesan yang diinginkan.

8. Kecerdasan Emosional

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak hanya cerdas secara kognitif, namun juga cerdas secara emosional. Pemimpin ideal mampu mengendalikan emosi dalam situasi segenting apa pun dan tetap tenang dalam menghadapi konflik yang terjadi. 

Kecerdasan emosional juga berperan penting dalam meningkatkan kesadaran sosial dan menjalin komunikasi yang efektif

Pemimpin yang cerdas secara emosi tidak akan mengambil keputusan dengan terburu-buru atau mementingkan ego pribadi, melainkan tetap mengedepankan rasionalitas.

Kriteria Pemimpin Ideal Bisa Dilihat dari Sikap Kepemimpinanya yang transparansi dan berinovasi

9. Transparansi

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kepercayaan tim adalah dengan transparansi. Sikap terbuka terhadap akses informasi yang penting kepada seluruh karyawan menjadi kunci untuk dapat memimpin dan memberi rasa aman kepada semua orang yang dipimpin. 

Dengan memberikan akses informasi yang terbuka, kamu dapat meningkatkan keterlibatan tim untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

10. Memperlakukan Orang Lain dengan Baik

Kriteria pemimpin yang terakhir, pemimpin wajib punya kemampuan memperlakukan orang lain, terutama bawahan, dengan memberikan rasa hormat. Bawahan kamu adalah manusia seperti kamu, yang pantas diperlakukan dengan bermartabat. 

Jadikan anggota tim sebagai teman untuk berbagi tanpa harus melewati batas privasi masing-masing. Kamu dapat berlaku tegas, namun pastikan kamu tidak melukai harga diri karyawan.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, kamu harus memiliki sikap kepemimpinan yang baik pula. Selain itu, perlu juga memiliki keahlian seorang pemimpin. Nah, kamu bisa mencari tahu lebih banyak mengenai berbagai keahlian kepemimpinan di sini: 10 Keahlian yang Wajib Dimiliki Pemimpin Masa Depan - Part 1.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua