Unduh Aplikasi QuBisa
10 Keahlian yang Wajib Dimiliki Pemimpin Masa Depan - Part 1
Leadership

10 Keahlian yang Wajib Dimiliki Pemimpin Masa Depan - Part 1

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu11 Jun 233 menit membaca

Zaman telah berubah di mana teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah mulai merambah ke berbagai bidang. Di era ini, berbagai perusahaan membutuhkan pemimpin yang ahli dan kompetitif. 

Untuk itu, kamu yang ingin jadi pemimpin masa depan perlu memiliki keahlian seorang pemimpin, seperti complex problem solving, critical thinking, creativity, dan people management. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kepemimpinan

Secara mudahnya, kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain sehingga mereka bersedia melakukan kegiatan bersama dalam meraih tujuan yang diinginkan. 

Menjadi seorang pemimpin bukanlah sekadar memberikan perintah, tetapi kamu juga harus bisa berkembang bersama dengan orang lain dan jadi sosok yang bijaksana serta lebih positif.

Keahlian pemimpin masa depan selain dipenuhi dengan hal-hal positif, seperti kejujuran, kompetensi, berpandangan maju, cerdas, adil, lugas, berani dan imajinatif, harus punya beberapa skill revolusioner lainnya. 

Hal inilah yang dilakukan oleh WEF (World Economic Forum). Acara tahunan yang digelar setiap bulan Januari di Davos, Swiss, ini memang bertujuan membahas perihal ekonomi global, termasuk keahlian apa saja yang wajib dimiliki pemimpin masa depan.

4 Keahlian yang Wajib Dimiliki Pemimpin Masa Depan

Pada bulan Oktober 2020 kemarin, WEF merilis artikel yang berkaitan dengan 10 keahlian pemimpin yang sangat dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2025 mendatang. Pada artikel ini ada 4 dari 10 keahlian yang akan dibahas, yaitu:

1. Complex Problem Solving

Complex problem solving adalah keahlian pemimpin untuk menyelesaikan berbagai masalah yang kompleks. Keahlian ini sudah jelas akan sangat dibutuhkan di masa depan.

Bahkan dalam laporan WEF disebutkan bahwa 36% dari seluruh pekerjaan di seluruh industri bakal butuh kemampuan ini. 

Dengan memiliki keahlian complex problem solving, pemimpin diharapkan bisa berpikir solid dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Dari sinilah nanti ia dapat memberikan solusi alternatif terbaik sembari mempertimbangkan berbagai dampaknya.

Punya visi misi yang jelas

2. Critical Thinking

Kemampuan berpikir kritis juga sangat dibutuhkan pemimpin masa depan. Dengan memiliki keterampilan ini, pemimpin bisa berpikir secara logis dan mendalam sebelum memberi keputusan yang paling efektif. 

Sudah pasti dalam prosesnya butuh kesabaran dan daya pengamatan yang baik supaya si pemimpin senantiasa berpikir kritis sambil menghasilkan berbagai ide inovatif.

3. Creativity

Kendati di masa depan akan ada banyak teknologi yang bisa membuat pekerjaan selesai lebih cepat, manusia harus tetap bisa berpikir kreatif. 

Tak heran kalau mereka yang ada di posisi pemimpin, terutama berdekade-dekade mendatang, diwajibkan untuk selalu bisa memberikan ide-ide segar nan kreatif dan inovatif agar bisnis tetap mampu bertahan.

4. People Management

Kalau boleh memilih apa keahlian pemimpin yang sulit digantikan oleh mesin canggih sekalipun, jawabannya adalah people management alias manajemen sumber daya manusia.

Pemimpin dengan keterampilan ini akan bisa memberikan motivasi ke orang lain, membantu mengembangkan bakat dan keterampilan karyawan, hingga insting yang tepat saat memilih orang terbaik untuk suatu posisi atau pekerjaan.

Mampu manajemen orang untuk maju ke depan

4 keahlian di atas perlu kamu miliki, asah, dan latih terus sehingga menjadi ahli dan layak untuk menjadi pemimpin masa depan. Beberapa hal lain terkait kemampuan memimpin juga bisa kamu  pelajari di aplikasi belajar online QuBisa dalam bentuk microlearning, kursus online gratis, maupun kursus online berbayar, seperti:

Dari 10 keahlian yang wajib dimiliki pemimpin masa depan, baru 4 yang kamu baca di atas. Untuk tahu 6 keahlian lainnya, lanjutkan membaca artikel berikutnya, yuk: 10 Keahlian yang Wajib Dimiliki Pemimpin Masa Depan - Part 2.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua